√ HORIZON TANAH : Pengertian Horizon Tanah Dan Jenis-jenisnya

Posted on

√ HORIZON TANAH : Pengertian Horizon Tanah Dan Jenis – Jenisnya

Horizon Tanah – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi baru tentang Horizon tanah dan juga jenis-jenisnya. Untuk informasi yang lebih jelasnya , langsung saja simak ulasan berikut ini secara seksama.

Pengertian Horizon Tanah

Horison tanah adalah merupakan  lapisan tanah atau bahan tanah yang kurang lebih sejajar dengan permukaan tanah dan berbeda dengan lapisan disebelah atas ataupun bawahnya yang secara genetik ada kaitannya. Horison tanah berbeda dengan lapisan tanah dalam hal proses pembentukannya. Horison tanah terbentuk karena adanya pross perkembangan tanah sementara itu  lapisan tanah telah  terbentuk karena terajadi proses pengendapan bahan tanah  oleh tenaga geomorfik.

Urutan horison tanah dari permukaan ke bawah permukaan dengan  mengikuti logika pembentukan tanah oleh berbagai proses translokasi, transformasi, pengurangan serta  penambahan atas senyawa kimia dan  juga partikel tanah di dalam profil. Urutan perlapisan tanah juga mengikuti logika pengendapan material batuan yang khas  menurut jenis dari  tenaga geomorfik yang mengendapkannya. Contoh yang paling banyak ditemui adalah lapisan tanah yang  hasil pengendapannya oleh proses air  maka akan memiliki  urutan material paling kasar yang  berada pada  lapisan yang paling dasar dan juga  material yang  paling halus berada pada  lapisan yang  paling atas.

Horizon Genetik Utama

Horizon genetik utama atau yang  disebut sebagai  horizon utama di beri simbol dengan huruf kapital ( O,A,E,B,C dan R ) . Keterangan dari masing – masing horizon tanah utama yaitu  sebagai berikut :

Baca Juga  √ Pengertian Geografi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Konsep - Ruang Lingkup - Objek - Fungsi - Tujuan - Manfaat
  • O adalah simbol untuk horizon atau lapisan yang di dominasi dengan bahan organik.
  • A adalah  merupakan simbol untuk horizon tanah mineral yang terbentuk pada tanah atas atau lapisan atas di bagian bawah lapisan O, yang menunjukkan hilangnya seluruh ataupun sebagian besar struktur batuan asli yang  memperlihatkan satu ataupun lebih sifat.
  • E  merupakan  simbol untuk horizon yang telah mengalami proses pelindian ( leaching ) maksimal, yang dapat di cirikan oleh warna yang lebih terang daripada horizon B yang terletak pada bawahnya.
  • B adalah yang simbol yang digunakan untuk horizon yang terbentuk di bawah horizon A, E, atau O yang sudah  mengalami perkembangan horizon sehingga mencirikan hilang nya seluruh ataupun sebagian besar  dari struktur batuan asli dan juga  menunjukkan satu atau lebih sifat.
  • C merupakan simbol-simbol yang digunakan untuk horizon atau lapisan bahan induk
  • R adalah simbol untuk lapisan batuan  induk seperti  granit, basalt, batugamping , batu pasir, dan yang lainnya.

Foto Horizon Tanah

Tanah yang tersusun dari beberapa lapisan, dari foto tersebut nampak lapisan organik, yang masih ditumbuhi rerumputan.

Horizon tanah yang terlihat secara keseluruhan, dalam foto ini nampak Horizon O, Horizon A, Horizon B, dan Horizon C.

Tanah yang ditumbuhi rerumputan, dalam foto tersebut masih nampak batuan induknya atau horizon C.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang √ HORIZON TANAH : Pengertian Horizon Tanah Dan Jenis-jenisnya semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan untuk kalian  semua, terimakasih.