√ Pengertian Surat Pembaca , Ciri, Cara Menulis Dan Contohnya

Posted on

√ Pengertian Surat Pembaca , Ciri, Cara Menulis Dan Contohnya

 Surat Pembaca – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materoi mengenai surat pembaca. Sering   kita jumpai  surat kabar seperti koran pasti tentunya kalian  akan menemukan surat pembaca. Akan tetapi tidak semuanya mengetahui penjelasan mengenai  surat pembaca. Oleh karena itu disini  kita akan mengulas  secara lengkap mengenai  surat pembaca yangmana akan meliputi mengenai pengertian surat pembaca, cirri , cara menulis dan juga contohnya . Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian Surat Pembaca

Surat pembaca adalah  surat yang di tulis oleh pembaca yang di muat pada  surat kabar atau koran, majalah yang berisi sebuah tanggapan, keluhan , ajakan , imbauan  saran, ucapan terima kasih, dan  yang lain sebagainya. Surat pembaca merupakan  surat terbuka yang isinya dapat  di baca oleh siapa saja dan  dapat  ditujukan kepada lembaga, pemerintah, kantor, perusahaan, perorangan, kelompok, atau juga organisasi. Seperti surat pada umumnya, struktur  dari surat pembaca terdiri atas  tiga bagian yaitu : Pendahuluan, isi, dan penutup .

 

Ciri – Ciri Surat Pembaca

Surat pembaca mempunyai  ciri yang dapat  membedakan dengan macam surat yang lainnya. Ciri dari surat pembaca yaitu sebagai berikut  :

  • Surat pembaca merupakan surat yang berisi pesan baik yang berupa  keluhan, pujian, himbauan, undangan, saran dan sebagainya yang ditujukan kepada instansi atau orang tertentu. Selain itu, surat pembaca dapat  juga berupa  sebuah surat balasan yang di kirimkan untuk menjawab keluhan surat pembaca yang sebelumnya.
  • Bersifat umum yang artinya surat yang boleh atau dapat  di baca oleh orang banyak, mengingat isi dari  pesan yang di sampaikan bisa  mempengaruhi hajat hidup untuk  orang banyak.
  • Singkat, padat, dan jelas. Surat pembaca terdiri dari 1 sampai 4 paragraf. Isi yang di sampaikan dalam surat pembaca langsung  kepada  inti pembicaraan.
  • Menggunakan bahasa yang baku, sopan dan juga
  • Alasan mengapa membuat Surat Pembaca dan untuk apa Surat Pembaca
  • Sebagai alat yang digunakan untuk melakukan perubahan serta menyelesaikan masalah.
  • Memperoleh
  • Membuat perasaan puas serta lega.
  • Melatih menulis yang baik.
  • Mengembangkan kreativitas dalam menulis.
Baca Juga  Tari : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis Dan Contohnya

 

Pokok – pokok atau Kerangka Surat Pembaca

Pokok – pokok surat pembaca yang dimaksud disini adalah  sama saja artinya dengan unsur – unsur ataupun  kerangka dalam surat pembaca :

  • Apa ( Apa yang terjadi ).
  • Di mana ( Dimana itu terjadi ).
  • Kapan ( Waktu kejadian ) .
  • Bagaimana ( Kronologis, bagaimana itu terjadi ).
  • Bagaimana ( Saran dan kritik pada sebuah instansi ) .
  • Pelengkap Informasi (  Identitas serta alamat penulis surat pembaca ).

 

Cara Membuat atua Menulis  Format Surat Pembaca

Hal – hal yang secara nyata bisa membedakan surat pembaca dengan  teks yang lain, yaitu  sebagai berikut :

Struktur

Susunan surat pembaca memang berbeda dari surat menyurat yang  biasanya. Dalam surat pembaca alamat tujuan surat pembaca tidak di tulis pada bagian tersendiri sebagaimana pada surat biasa. Akan  tetapi demikian secara tersirat dapat  diketahui surat pembaca itu di tujukan kepada siapa.

Gaya Bahasa

Gaya  bahasa surat pembaca sangat beragam, tergantung pada gaya masing – masing sang pengirim surat. Terdapat  surat pembaca dengan gaya dalam mempertanyakan, menyindir, mengimbau, bahkan juga ada yang menulis surat pembaca  yang berbentuk  sebuah puisi atau anekdot.

Kesantunan

Gaya  penyampaian dalam surat pembaca, yang tidak dapat  di lupakan adalah  kesantunan. Entah  itu berupa kritikan, pertanyaan, usulan atau apapun itu isinya sebaiknya di sampaikan dengan penuh kesantunan agar  tidak menyebabkan ketersinggungan dari pihak yang dituju.

Contoh Surat Pembaca

( ASPAL BOLONG: 1 ORANG MENINGGAL DUNIA )

“ Saya Winda  ( 26 ) ingin menyampaikan bahwa aspal  berada di daerah kebun karet jalan Payungagung  kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah rusak parah. Dalam waktu satu pekan ini telah  memakan 5 korban, 1 di antaranya meninggal di tempat yang  di sebabkan oleh  kecelakaan tunggal. Disamping  itu, lampu penerangan jalan juga  tidak berfungsi, sehingga  menyebabkan pengendara susah untuk melihat jalan pada  malam hari. Mohon segera agar  ditindak lanjuti, agar tidak menimbulkan korban lagi ” Sekian dan terimakasih. ________08953472xxxx////

Baca Juga  √ Pengertian Anekdot Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Struktur - Ciri - Tujuan - Unsur - Contoh

Demikianlah di atasan ulasan mengenai √ Pengertian Surat Pembaca , Ciri, Cara Menulis Dan Contohnya yang di jelaskan secara lengkap , semoga bermanfaat.