Qanaah : Pengertian, Dasar Hukum, Manfaat, Hikmah Dan Contoh

Posted on

Pengertian Qanaah Serta Dasar Hukum, Manfaat, Hikmah Dan Contoh

Pengertian Qanaah – Manusia memang tempat dari lupa dan salah, seringkali kita tidak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Terkadang kita tidak qanah dan senantiasa merasa kurang terkait apa yang sudah didapatkan, oleh karena itu, pemahaman mengenai Qanaah menjadi penting untuk kita miliki, terutama dalam kehidupan. Nah agar lebih dapat memahami dan mengerti apa itu Qanaah simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Qanaah

Secara bahasa Qanaah memiliki arti merasa cukup atau rela, Qanaah ini berasal dari bahasa Arab yakni dari kata qani’ah-qana’atan. Sedangkan secara istilah, qanaah memiliki arti merasa cukup dan rela menerima atas apa yang diberikan atau karunia dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Dari istilah di atas, bisa digambarkan bahwa sebenarnya inti dari pengertian qanaah adalah rasa pasrah. Seseorang yang memiliki sikap qanaah di dalam hatinya akan senantiasa rela menerima apa saja nikmat dari Allah Subhanahu wa ta’ala dan tidak pernah merasa kurang, ia akan berusaha merasa cukup atas karunia yang diberikan dan hidup senantiasa dalam ketaatan.

Sikap inilah yang seharusnya dimiliki oleh setiap muslim, hal ini sebenarnya cukup beralasan karena dalam keimanan, seorang muslim harus menyakini bahwa rezeki yang ia dapatkan setiap hari sudah diatur oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, dengan adanya keimanan seperti ini, maka apapun yang ia peroleh disandarkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca Juga  √ Najis : Β Pengertian, Macam - Macam Dan Cara Mensucikannya

Dasar Hukum Qanaah

Dasar hukum Qanaah disebutkan dalam firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 155. “Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”.

Hadist

“Dari Abu Hurairah R.A berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda: bukannya kekayaan itu karena banyaknya harta benda, tapi kekayaan itu yang sebenarnya ialah kekayaan hati”.

Manfaat Qanaah

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ketika kalian sudah terbiasa untuk menerapkan qanaah dalam kehidupan sehari-hari, maka akan ada cukup banyak manfaat yang akan kalian rasakan. Nah adapun beberapa manfaat dari qanaah yang akan kalian dapatkan ketika sudah terbiasa menerapkannya ialah sebagai berikut:

  • Memiliki jiwa yang tenang karena merasa apa yang didapatkan merupakan karunia dan anugerah dari Allah Subhanahu wa ta’ala.
  • Terhindar dari sikap iri, dengki serta tamak ketika melihat orang lain mendapatkan rezeki atau karunia lainnya.
  • Hati senantiasa lebih sabar dan bisa menyikapi masalah atau bencana yang terjadi pada dirinya dengan lebih baik.
  • Senantiasa merasa cukup dan puas atas apa yang didapatkan setiap hari.
  • Terhindar dari rasa khawatir serta resah karena baginya dunia bukanlah hal utama dalam kehidupan.
  • Terjalin kehidupan yang harmonis dalam masyarakat karena kehidupan senantiasa diliputi oleh perasaan yang nyaman dan pikiran yang positif.

Hikmah Qana’ah

Adapun hikmah qana’ah yang diantaranya yaitu:

  • Dapat menentramkan jiwa, ia paham dan menerima, karema apa yang dipilihkan Allah yang terbaik di segala keadaan.
  • Membebaskan dari kecemasan dan memberinya kenyamanan psikologi dalam bergaul dengan manusia.

Contoh Sikap Qanaah

Adapun contoh sikap qanaah yang diantaranya yaitu:

  • Selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.
  • Tidak pernah merasa iri atupun dengki dengan keberhasilan orang lain.
  • Giat bekerja agar memperoleh hasil yang terbaik.
  • Hidup sederhana menyesuaikan diri dengan kemampuan, tidak rakus dan tidak tamak.
  • Tidak mudah kecewa maupun putus asa jika hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan keinginan.
  • Selalu yakni bahwa pemberian Allah SWT merupakan sebuah anugerah.
Baca Juga  Nama - Nama Surga Dan Neraka Dan Penjelasannya

Demikianlah pembahasan mengenai Qanaah : Pengertian, Dasar Hukum, Manfaat, Hikmah Dan Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚