√ Pengertian Pengetahuan Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Jenis – Manfaat

Posted on

Pengertian Pengetahuan Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Jenis – Manfaat

Pengertian Pengetahuan Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Jenis – Manfaat – Berbicara mengenai pengetahuan pasti tak lepas dari ilmu, bila ilmu diartikan sebagai pengetahuan yang disusun secara logis dan sistematis, maka pengetahuan bisa diartikan sebagai sesuatu yang diketahui melalui panca indera dan pengolahan yang dilakukan oleh pikiran.

Karena itu penegrtian pengetahuan menurut para ahli juga tidak akan jauh dari pengertian ilmu, semua orang membutuhkan pengetahuan untuk menjalani kehidupan mereka secara baik. Tanpa pengetahuan, banyak orang akan salah mengambil keputusan dan pilihan.

Untuk mendapatkan sebuah pengetahuan, seseorang harus melewati proses belajar, mencari, mengamati dan menganalisa. Memang tidak mudah mendapatkan pengetahuan yang kita inginkan, tetapi sebenarnya setiap hari kita bisa mendapatkan pengetahuan dari hal-hal yang sepele.

Pengertian Pengetahuan Secara Umum

Pengetahuan ialah segala apa yang kita ketahui dan merupakan suatu yang baru terhadap suatu obyek tertentu dengan pengamatan akal dan pikiran. Pengamatan terjadi melalui panca indra yaitu indra penglihatan adalah mata, indra pendengaran atau telinga , indra penciuman yaitu hidung, indra peraba yaitu kulit dan indra pengecap atau lidah.

Oleh karena itu pengetahuan juga berarti sebuah hasil dari proses pengamatan panca indra manusia yang kemudian mendasari manusia untuk mengingat dan menerapkannya dalam kehidupan. Sebagai contoh orang yang belum pernah mengendarai sepeda motor, kemudian orang tersebut melihat sepeda motor, kemudian tertarik untuk dapat mengendarai dan orang tersebut belajar tentang otomotif motor, sehingga orang tersebut memiliki pengetahuan tentang motor.

Baca Juga  √ Pengertian Surat Pembaca , Ciri, Cara Menulis Dan Contohnya

Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian pengetahuan menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

  • Menurut Gordon
    Pengetahuan adalah fakta prosedur dimana bila dilakukan akan memenuhi kinerja yang mungkin.
  • Menurut Heidegger
    Pengetahuan adalah peristiwa yang membuat kesadaran manusia menjadi terang atau ada.
  • Menurut Nadler
    Pengetahuan adalah proses belajar mengenai kebenaran untuk mengetahui apa yang harus diketahui untuk dilakukan.
  • Menurut Martin & Oxman
    Pengetahuan adalah kemampuan untuk membentuk model mental yang menggambarkan objek dengan tepat dan merealisasikannya dalam aksi pada suatu objek.
  • Menurut Pudjawidjana
    Pengetahuan adalah reaksi manusia atas rangsangannya oleh alam sekitar melalui sentuhan objek dengan indera.
  • Menurut Robert M.Z. Lawang
    Pengetahuan adalah segalanya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seseorang.
  • Menurut Ngatimin
    Pengetahuan adalah ingatan atas bahan-bahan yang telah dipelajari dan mengikat kembali sekumpulan bahan yang lebih luas.
  • Menurut Onny S. Prijono
    Pengethuan adalah nilai yang membuat orang untuk selalu tahu “sadar” tentang apa yang dia lakukan dan mandiri.
  • Menurut Notoatmodjo
    Pengethuan adalah hasil dari mengetahui yang didapat setelah melakukan penginderaan terhadap objek tertentu.
  • Menurut John Dewey
    Pengetehuan adalah perkembangan pandangan instrumentalis pragmatis, dimana kecerdasan dilihat sebagai penyesuaian yang sensitif dan fleksibel.
  • Menurut Subandi Al Amrsudi
    Pengetahuan adalah suatu kebenaran yang diterima oleh manusia, baik yang telah teruji menjadi ilmu maupun yang belum teruji.
  • Menurut McLaudon
    Pengetahuan adalah kejadian yang kognitif, bahkan fisiologis yang terjadi dalam pikiran manusia.

Jenis-Jenis Pengetahuan

Jenis-jenis pengetahuan menurut Soejono Soemargono dapat dibedakan menjadi dua yaitu pengetahuan berdasar ilmiah dan pengetahuan berdasar non ilmiah.

Pengetahuan Berdasar Ilmiah

Segenap apa yang diperoleh atau diketahui mengenai segala sesuatu yang ada di alam dengan menggunakan metode ilmiah sehingga ada hasil bukti yang bisa dipahami.

Baca Juga  Filsafat : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Cabang Filsafat

Pengetahuan Berdasar Non Ilmiah

Sedangan pengetahuan berdasar non ilmiah ialah segenap suatu yang merupakan hasil pemahaman terhadap suatu obyek yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Selain pengetahuan menurut Soejono Soemargono pengetahuan juga dapat dibagi menjadi pengetahuan langsung dan pengetahuan tidak langsung.

  • Pengetahuan Langsung
    Pengetahuan langsung ialah segala hal yang ada atau hadir dalam jiwa tanpa melalui penafsiran dan pikiran. Misalnya tentang benda-benda yang ada di sekitar tempat tinggal.
  • Pengetahuan Tidak Langsung
    Pengetahuan tidak langsung ialah pengetahuan yang berdasarkan pada pemahaman tentang apa yang pernah terjadi sebelumnya.

Manfaat Dari Memiliki Pengetahuan

Pengertian pengetahuan secara umum ialah sesuatu hal yang baru kita ketahui dengan berdasarkan oleh sebuah pemahaman. Banyak sekali manfaat dari memiliki pengetahuan yang kita dapatkan diantaranya bagi diri kita sendiri, kita menjadi tahu perbedaan kebenaran dan kesalahan, menjadi bisa membedakan obyek yang satu dengan obyek yang lain dan dapat memahami suatu permasalahan serta berusaha untuk menganalisa dan mencari pemecahan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Pengetahuan Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Jenis – Manfaat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: