Pengertian Kinerja: Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi Dan Karakteristiknya

Posted on

Pengertian Kinerja – Kinerja merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan organisasi atau perusahaan dan semua pihak yang terlibat di dalamnya. Tetapi sebenarnya apa pengertian kinerja dan apa indikator yang digunakan untuk mengukurnya?

Nah artikel kali ini akan mengulas secara ringkas beberapa hal terkait kinerja diantaranya tentang apa itu kinerja, indikator dalam menilai suatu kinerja, beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja dan karakteristik kinerjanya, agar lebih dapat memahami dan mengerti simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Kinerja Adalah

Kata kinerja adalah singkatan dari Kinetika Energi Kerja yang dalam bahasa Inggris disebut dengan performance. Dalam hal ini kata performance umumnya merujuk pada “job performance” atau “actual performance” yang artinya suatu prestasi kerja atau prestasi sebenarnya yang dicapai oleh seseorang dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Dalam konteks manajemen, pengertian kinerja adalah suatu prestasi kerja atau hasil kerja seseorang berdasarkan kuantitas dan kualitas yang dicapainya dalam melaksanakan fungsinya sesuai dengan tanggung jawab yang diterima.

Umumnya setiap organisasi sangat memperhatikan upaya pengoptimalan kinerja sumber daya manusia “SDM”, sehingga dalam hal ini SDM menjadi faktor penentu bagi perusahaan dalam mencapai suatu kinerja yang baik.

Baca Juga :  Teori Nilai Uang Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Perbandingannya

Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Nah agar lebih memahami apa itu kinerja maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

Anwar Prabu Mangkunegara

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara (2006:67), pengertian kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya

Gary Dessler

Menurut Gary Dessler (2000:41), kinerja adalah prestasi kerja, yaitu perbandingan antara hasil kerja yang dicapai dengan standar yang ditetapkan.

Tb. Sjafri Mangkuprawira dan Musa Hubeis

Menurut Mangkuprawira dan Hubeis (2007:153), pengertian kinerja adalah hasil dari proses pekerjaan tertentu secara terencana pada waktu dan tempat dari karyawan serta organisasi bersangkutan.

Harold D. Stolovitch dan Erica J. Keeps

Menurut Stolovitch dan Keeps (1992), definisi kinerja adalah seperangkat hasil yang dicapai dan merujuk pada tindakan pencapaian serta pelaksanaan sesuatu pekerjaan yang diminta.

Paul Hersey and Kenneth Blanchard

Menurut Hersey and Blanchard (1993), pengertian kinerja adalah suatu fungsi dari motivasi dan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan.

James L. Gibson, John M. Ivancevich, dan James H. Donnelly

Menurut Gibson, Ivancevich, dan Donnelly (1994), definisi kinerja adalah tingkat keberhasilan seseorang dalam melaksanakan tugas seta kemampuan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Indikator Kinerja Secara Umum

Kinerja seseorang dalam organisasi dapat dinilai dengan beberapa indikator, menurut Stephen P. Robbins, berikut ini adalah beberapa indikator untuk mengukur kinerja seseorang yaitu:

  • Kualitas yakni kualitas kerja yang diukur dari persepsi seorang pegawai terhadap kualitas pekerjaan yang dihasilkan serta kesempurnaan tugas terhadap keterampilan dan kemampuan pegawai.
  • Kuantitas yakni jumlah yang dihasilkan oleh seorang pegawai yang dinyatakan dalam istilah tertentu seperti; jumlah unit, jumlah siklus aktivitas yang diselesaikan.
  • Ketepatan Waktu yakni tingkat aktivitas yang diselesaikan, dilihat dari sudut koordinasi dengan hasil output serta memaksimalkan waktu yang tersedia untuk aktivitas lainnya.
  • Efektivitas yakni tingkat penggunaan sumber daya yang ada (uang, tenaga, bahan baku, teknologi) secara optimal untuk meningkatkan hasil dari setiap unit dalam penggunaan sumber daya tersebut.
  • Kemandirian yakni tingkat kemampuan dan komitmen seorang pegawai dalam menjalankan fungsi kerjanya secara bertanggungjawab.
Baca Juga :  Usaha Dagang : Pengertian, Konsep Opresainya Beserta Dengan Contoh Lengkap

Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja

Kinerja seseorang dalam suatu organisasi akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, secara umum berikut ini ialah faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu:

Faktor Personal/Invidual

Yaitu faktor dari dalam diri seseorang yang mempengaruhi kinerjanya, meliputi: pengetahuan, keterampilan “skill”, kemampuan, percaya diri, motivasi dan komitmen.

Faktor Kepemimpinan

Yaitu faktor dukungan yang diberikan oleh atasan kepada seseorang, meliputi: dorongan, motivasi dan arahan.

Faktor Tim

Yaitu faktor dukungan yang diberikan oleh rekan kerja kepada seseorang, meliputi: kepercayaan terhadap sesama anggota tim, kekompakan anggota tim.

Faktor Sistem

Yaitu faktor yang berasal dari organisasi tempat seseorang bekerja, meliputi: budaya kerja, sistem kerja, fasilitas kerja dan lain-lain.

Faktor Kontekstual (Situasional)

Yaitu faktor yang berasal dari lingkungan internal dan eksternal seseorang meliputi: lingkungan keluarga, lingkungan kerja, tekanan kerja dan lain-lain.

Karakteristik Kinerja Yang Baik

Menurut David C. McCleland (Mangkunegara 2001:68), ada interaksi yang positif pada motif berprestasi bersama dengan pencapaian kerja. Motif berprestasi di dalam diri seseorang dapat membuatnya laksanakan suatu tugas bersama dengan sebagai mungkin sehingga dapat menggapai kinerja yang terpuji.

Menurut David C. McCleland, tersebut ini adalah 6 karakteristik seseorang yang miliki kinerja tinggi:

  • Mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi pada tugas dan pekerjaannya.
  • Berani mengambil alih dan menjamin risiko di dalam pekerjaan.
  • Memiliki target yang lumrah dan masuk akal (realistis) di dalam bekerja.
  • Mempunyai rencana kerja yang komprehensif dan berupaya untuk mewujudkan suatu target yang inginkan dicapai.
  • Memanfaatkan feedback (umpan balik) yang kongkrit di dalam seluruh kegiatan kerja yang dilakukannya.
  • Mencari peluang untuk mewujudkan rencana yang telah dibuat.

Kesimpulan:

Nah dari penjelasan diatas kita dapat ambil kesimpulan bahwa pengertian kinerja adalah kemampuan menyelesaikan tugas sesuai dengan standar akurasi, kelengkapan, efektivitas dan kecepatan yang ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga :  Perdagangan Internasional : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Kebijakan Dan Contohnya

Dengan kata lain kinerja bukan sekedar hasil atau prestasi tetapi suatu upaya atau tindakan untuk menghasilkan sesuatu secara efektif dan efisien.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Kinerja semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.