Manajemen Perkantoran : Pengertian,  Fungsi, Tujuan, serta Ruang Lingkup Manajemen Perkantoran

Posted on

Manajemen Perkantoran – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Manajeman perkantoran , dimana meliputi pengertian , fungsi , tujuan dan juga ruang lingkupnya . Untuk informasi yang lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Manajemen Perkantoran

Manajemen administrasi perkantoran adalah  suatu kegiatan pengolahan data serta  informasi yang di lakukan secara teratur, sistematik dan juga  terus menerus  dengan mengikuti kegiatan organisasi dengan tujuan untuk mencapai keberhasilan tugas organisasi yang bersangkutan.

Manajemen Perkantoran merupakan  pengarahan secara menyeluruh terhadap aktivitas atua kegiatan  ketatausahaan dari suatu kantor untuk mencapai tujuan dengan cara yang seefisien mungkin yang harus di adakan penataan supaya  pekerjaan tersebut berjalan dengan baik. Penataan atau pengelolaan terhadap pekerjaan kantor disebut dengan manajemen perkantoran.

Pengertian Manajemen Perkantoran Menurut Para Ahli

Adapun pengertian manajemen perkantoran menurut para ahli diantaranya yaitu:

Arthur Grager

Menurut Arthur Grager , manajemen perkantoran adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi serta  pelayanan waktu dan juga suatu organisasi.

William Leffingwell & Edwin Robinson

Menurut William Leffingwell & Edwin Robinson, manajemen perkantoran sebagai sesuatu fungsi adalah merupakan  cabang dari seni dan juga  ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran tersebut  harus dilakukan.

Baca Juga :  Motif Ekonomi: Pengertian, Macam, Tujuan Dan Contohnya

Hal Nourse

Menurut Hal Nourse, manajemen perkantoran dalam arti lebih luas bisa  mencakup tidak hanya fungsi – fungsi pelayanan perkantoran yang sudah  di terima pada umumnya, melainkan juga bidang – bidang tentang  kontrol fungsional serta  pengarahan administratif terhadap kebanyakan pekerjaan kertas dan tulis.

George R. Terry

Menurut George R. Terry, Manajemen perkantoran adalah sebuah  perencanaan, pengawasan, dan juga pengorganisasian pekerjaan kantor dan menggerakkan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan – tujuan yang sudah  ditentukan.

Prajudi Atmosudirjo

Menurut Prajudi Atmosudirjo, Manajemen perkantoran merupakan suatu  gabungan serta  kombinasi antara corporate management  yaitu kantor sebagai kesatuan yang terdiri atas gedung, tanah, personil, dan perlengkapannya, serta  operation management atau pekerjaan kantor.

Moekijat

Menurut Moekijat, Manajemen perkantoran merupakan  penerapan dari fungsi – fungsi manajemen pada kantor, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, serta  pengawasan kantor supaya  tujuan kantor bisa tercapai dan juga  pegawai – pegawai akan  merasa puas.

Rifhi Siddiq

Menurut Rifhi Siddiq, manajemen perkantoran adalah  suatu metode yang di lakukan dengan memperhatikan fungsi – fungsi manajemen yang berkaitan dengan pekerjaan perkantoran yang sudah  di rencanakan sebelumnya.

Millis Geoffrey

Menurut Millis Geoffrey, manajemen kantor adalah sebuah  seni membimbing personel kantor dalam menggunakan sarana yang sesuai dengan lingkungannya demi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Fungsi Manajemen Perkantoran

Berikut ini  adalah beberapa fungsi  dari Manajemen Perkantoran :

Perencanaan

Fungsi perencanaan atau planning dalam manajemen perkantoran yaitu adalah  fungsi yang akan dipakai  dalam menentukan tindakan untuk mencapai hasil yang di inginkan. Jadi, dalam fungsi perencanaan ini manajer harus memikirkan apa saja  yang akan di kerjakan dengan sumber daya yang dimiliki.

Baca Juga :  Lembaga Pembiayaan : Pengertian, Fungsi, Jenis Beserta Contoh Dan Dasar Hukumnya

Pengorganisasian

Fungsi pengorganisasian  atau organizing dalam manajemen perkantoran ini bisa  mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan juga  menentukan orang yang diperlukan  untuk melaksanakan tugas yang telah  dibagi tersebut. Fungsi pengorganisasian dalam suatu  manajemen sangat penting karena bisa  membantu mewujudkan struktur organisasi yang jelas dan juga  dapat mendeskripsikan tugas dari setiap bidang ataupun  bagian dalam organisasi secara jelas, kemudian wewenang dan tanggung jawab dalam organisasi akan menjadi lebih jelas, serta  dapat memperlihatkan antar tugas setiap unit organisasi dan juga  sumber daya manusia dan materil yang dibutuhkan  bisa  diketahui.

Pengarahan

Fungsi pengarahan atau Commanding dalam manajemen perkantoran adalah  merupakan fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha dalam  memberi bimbingan, saran, perintah ataupun instruksi pada bawahan dalam menjalankan tugas, supaya  tugas bisa  di jalankan dengan baik dan tertuju pada tujuan yang sudah  di tetapkan sejak awal.

Pengawasan

Fungsi pengawasan atau controling dalam manajemen perkantoran sangat dibutuhkan untuk menjaga supaya  semua kegiatan dan juga  efektivitas penggunaan sumber daya yang ada tidak menyimpang dari rencana sehingga tujuan organisasi bisa terwujud.

Ruang Lingkup Manajemen Perkantoran

Ruang lingkup manajemen kantor adalah sebagai berikut :

Aktivitas Kantor

Aktivitas kantor pada umumnya terdiri dari  aktivitas atau kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, pengorganisasian dan juga  pengawasan perkantoran.

Sarana atau Fasilitas Kerja Perkantoran

Sarana atau fasilitas kerja perkantoran di antaranya lokasi, gedung dan  juga peralatan, interior, mesin – mesin kantor.

Tujuan Manajemen Perkantoran

Berikut ini adalah beberapa tujuan manajemen perkantoran :

  • Memberikan semua keterangan secara lengkap untuk yang membutuhkan , guna pelaksanaan. Tugas organisasi secara efisien.
  • Memberikan catatan serta laporan, yang bermanfaat dan juga dengan biaya yang sesuai .
  • Membantu organisasi atau perusahaan, memelihara dan memenuhi kebutuhannya.
  • Memberikan pekerjaan tata usaha yang cermat dan memberi pelayanan secara efektif kepada para langganan atau mitra kerja.
  • Membuat catatan secara lengkap, relevan, up to date atau tidak terlambat, akurat, dan juga bisa di pertanggung jawabkan.
Baca Juga :  Neraca Pembayaran  : Pengertian, Komponen, Macam Dan Fungsinya

Demikianlah materi kali ini tentang Manajemen Perkantoran semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.