Spreadsheet ( Pengolah Angka ) : Pengertian – Macam – Fungsi – Manfaat Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Spreadsheet ( Pengolah Angka ) – Untuk hal ini sejarah spreadsheet, VisiCalc merupakan aplikasi lembar kerja (spreadsheet) pertama untuk PC. Yang dianggap sebagai aplikasi yang mengubah anggapan bahwa komputer mikro hanyalah hobi bagi penggemar fanatik komputer menjadi tool bisnis. Menurut beberapa sumber dalam jangka waktu enam tahun, VisiCalc telah terjual sebanyak lebih dari 700,000 salinan.

Yang dibuat oleh Dan Bricklin dengan arahan dari Bob Frankston, yang dihasilkan oleh perusahaan yang mereka bentuk, Software Arts dan didistribusikan oleh Personal Software pada tahun 1979 “belakangan diberi nama VisiCorp” untuk jajaran komputer Apple II, mengubah kompter Apple yang dianggap mainan hobi menjadi sebuah tool pembantu perhitungan keuangan serius untuk keperluan bisnis.

Kala itu kebanyakan komputer mikro tidak memiliki banyak media penyimpanan dan kemampuan display. Aplikasi lembar kerja yang tidak memerlukan kemampuan display hebat ataupun penyimpanan media, sangat cocok untuk teknologi komputer mikro saat itu. Banyak yang beranggapan hal inilah yang memotivasi IBM untuk memasuki pasar PC. Segera setelah versi untuk Apple II dirilis, VisiCalc juga dirilis untuk jajaran Atari 8-bit, Commodore PET, TRS-80 dan IBM PC.

Menurut Bricklin, ia terinspirasi setelah menyaksikan seorang profesor di Harvard Business School membuat model finansial di papan tulis. Ketika profesor tersebut menemukan sebuah kesalahan atau ingin mengubah sebuah parameter, ia harus menghapus dan menulis ulang sejumlah rumus secara berurutan dalam sebuah tabel, membuat Bricklin berpikir bahwa ia dapat membuat ulang proses tersebut dalam sebuah komputer menggunakan sebuah “lembar kerja elektronik” untuk melihat hasil dari sejumlah rumus yang ada.

Pengertian Spreadsheet Secara Umum

Spreadsheet ialah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom. Selain itu Spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulater fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom.

Spreadsheet merupakan salah satu yang paling populer digunakan pada komputer pribadi. Pengolah angka atau spreadsheet merupakan suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Masing-masing nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisi dengan nilai yang lainnya, jika salah satu nilai dirubah maka nilai yang lain juga perlu dirubah.

Aplikasi spreadsheet merupakan program komputer yang membiarkan kita untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik. Untuk fungsi spreadsheet ialah untuk membuat tabel, membuat grafik, menghitung rumus statistik, laporan keuangan, penjualan, pembelian, daftar gaji dan lain sebagainya.

Spreadsheet memiliki ruang item data yang dinamakan dengan “sel” dalam setiap sel yang berlabel, disesuaikan penempatannya contohnya A1, A2, A3 dan seterusnya. Hal itu mungkin mempunyai referensi yang absolut atau relatif ke sel yang berada di sekitarnya. Diketahui spreadsheet pada umumnya dirancang dengan menampung data numerik dan string teks singkat. Spreadsheet pada umumnya menyediakan suatu kemampuan dalam memberikan gambaran hubungan data grafis.

Spreadsheet umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk struktur dan data item yang berlabel sebagai sepenuhnya sebagai databes dan umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk query database, pada umumnya spreadsheet ialah lebih sederhana dari program database.

Daniel Bricklin dan Bob Frankston menciptakan aplikasi spreadsheet pertama, VisiCalc “untuk “terlihat kalkulator”, lotus 1-2-3 datang berikutnya, diikuti oleh Microsoft Excel. Sedangkan Lotus 1-2-3 ialah yang pertama untuk memperkenalkan nama dan sel macro, Microsoft Excel menerapkan antarmuka pengguna grafis dan kemampuan untuk menunjuk dan klik menggunakan mouse. Ada banyak aplikasi spreadsheet di pasar hari ini, namun Lotus 1-2-3 dan Microsoft Excel terus menjadi yang paling populer.

Baca Juga :  √ Pengertian CMS ,  Fungsi dan Macam - macam CMS

Macam Spreadsheet ( Pengolah Angka )

Sekedar diketahui ada banyak contoh program sebagai system aplikasi pengolah angka “spreadsheet” yang banyak digunakan. Bahkan aplikasi pengolah angka tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda walaupun secara umum sebagai pengolah angka “spreadsheet”. Hal itu dapat diketahui dari jenis-jenis spreadsheet “pengolah angka”, adapun jenis-jenis spreadsheet antara lain:

Pengolah Angka “Spreadsheet” Microsoft Excel

Tentu kalian telah mengetahui program, Microsoft Excel ialah program aplikasi dengan lembar kerja spreadsheet yang diciptakan dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang berada dalam sistem operasi Microsoft Window dan Mac OS.

Diketahui Microsoft Excel sebagai jenis pengolah angka atau spreadsheet mempunyai fitur kalkulasi yang populer digunakan hingga saat ini. Bahkan program ini telah merambah ke dunia smartphone atau android yang dapat diunduh di Play Store secara gratis.

Pengolahan Angka “Spreadsheet” Lotus 123

Lotus 123 ialah sebuah aplikasi pengolah angka yang diterbitkan oleh IBM, Lotus 123 dikeluarkan bersamaan atau ada dalam satu paket bersama-sama aplikasi office lainnya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.

Lotus 123 merupakan program spreadsheet yang bekerja dibawah kendali sistem operasi DOS. Namun pada perkembangan terakhir program lotus mulai digunakan pada program Windows dengan hadirnya software Lotus 123 for windows, program ini melejit atau populer digunakan di era tahun 80-an.

Pengolah Angka “Spreadsheet” Open Office Calc

Open Office Calc ialah sebuah aplikasi pengolah angka “spreadsheet” yang memiliki sifat dapat dibuka melalui sistem operasi apa saja atau dikena “open source”, open office calc ialah program spreadsheet yang berfungsi untuk membuat daftar memelihara record dan menganalisa data. Selain itu aplikasi spreadsheet open office calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data dan menempilkan hasil dalam bentuk grafik.

Baca Juga :  √ Program  : Pengertian , Fungsi Dan Jenis - Jenis Program

Dokumen open office calc disebut spreadsheet, pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets yaitu sheet1, sheet2, sheet3 dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada, model tampilan open office calc hampir mirip dengan program Microsoft Excel.

Pengolah Angka “Spreadsheet” Abacus

Abacus ialah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.

Pengolah Angka “Spreadsheet” GNOME Office – Gnumeric

Gnumeric ialah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarha dari GNOME Office, Gnumeric bersifat open source. Gnumeric memiliki tampilan yang user friendly dimana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.

Fungsi Atau Manfaat Pengolah Angka “Spreadsheet”

Tahukah kalian kegunaan pengolah angka “spreadsheet”, pada dasarnya kegunaan atau fungsi dari spreadsheet ialah untuk memudahkan dalam mengelolah setiap angka. Hal itu tidaklah salah, namun apa hal itu fungsi dari spreadsheet?? adapun fungsi dari pengolah angka “spreadsheet” antara lain:

  • Pembuatan lembar kerja.
  • Membantu pekerjaan di bidang ilmiah.
  • Membantu pekerjaan di bidang perencanaan.
  • Pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data “basis data” dan grafik.
  • Pembuatan tabel data.
  • Pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database dan lain-lain.
  • Membantu di bidang bisnis.
  • Membantu pekerjaan di bidang pembuatan statistic.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Spreadsheet ( Pengolah Angka ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂