Nama – Nama Surga Dan Neraka Dan Penjelasannya

Posted on

Nama – Nama Surga Dan Neraka Dan Penjelasannya

Nama – Nama Surga dan Neraka – pada materi kali ini akan dijelaskan mengenai nama-nama surga dan juga neraka beserta dengan artinya yang akan dijelaskan secara . lebih jelasnya langsung saja kita simak pembahasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Di dalam Alquran, surga dan neraka dibedakan dengan menjadi beberapa jenis. Nama-nama dari surga dan neraka tersebut tergantung berdasarkan pada tingkatannya masing-masing.  berikut ini adalah beberapa dari nama-nama surga tersebut dan juga penjelasannya.

Nama – Nama Surga Dan Tingkatannya

Surga Firdaus

Surga firdaus merupakan surga pertama yang tingkatannya atau posisinya berada di paling atas. Surga ini diciptakan dari emas merah serta ditujukan bagi orang-orang yang khusyuk ketika menjalankan ibadah salat, dan juga bagi orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan ataupun perkataan yang tidak berguna atau bermanfaat bagi orang-orang yang aktif dalam kegiatan yang terkandung di dalam Alquran seperti dengan menjaga kemaluannya, menunaikan apa yang menjadi amanah bagi dirinya serta menunaikan zakat dan juga selalu menepati janji dan yang terpenting adalah menjaga shalatnya.

Surga ‘Adn

Ini merupakan surga yang berada di tingkatan kedua atau Posisi kedua. Surga ini diciptakan dengan berasal dari intan putih, yang dikhususkan bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, orang-orang yang selalu berbuat baik dan juga bagi orang-orang yang penyabar di dalam menghadapi cobaan dan juga segala rintangan.

Surga Na’im

Surga Naim yaitu adalah surga yang berada pada tingkatan ketiga yang diciptakan dari perak putih. surga ini dikhususkan bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT. Tentunya dengan bertakwa yang bersungguh-sungguh kamar tanpa mencampurnya dengan urusan duniawi.

Baca Juga  √ Mandi Wajib : Pengertian, Tata Cara, Rukun, Sunnah, Niat Dan Penyebabnya

Surga Ma’wa

Berikutnya itu adalah surga Ma ‘ wayang merupakan surga yang berada di tingkatan kelima. Surga ini diciptakan dari Yakult merah serta diwujudkan bagi orang-orang yang mempertahankan iman dan juga Islamiyah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Surga Darul Muqamah

Surga Darul muqamah yaitu adalah sebagai berada pada tingkatan ke-6 serta diciptakan dari Permata putih. Dan surga ini dikhususkan bagi orang-orang yang selalu bersyukur kepada Allah SWT sebagaimana yang telah disebutkan dalam surat Fahirayat 35.

 

Surga Al-Maqamul Amin

Surga ini merupakan surga yang berada pada tingkatan ke-7 yang juga diciptakan dari Permata putih, surga ini dikhususkan untuk orang-orang yang bertakwa. Yang mana merupakan tempat dimana orang yang berada didalamnya tidak ada ketakutan atau kekhawatiran sama sekali yang berada di dalam hatinya.

Surga Khuldi

Surga khuldi merupakan surga yang berada pada tingkat ke 8.  surga ini diciptakan dari Marjan merah dan juga kuning, dan juga khusus bagi orang-orang yang selalu menjalankan perintah Allah serta menjauhi larangannya.

Nama-Nama Neraka dan Tingkatannya

Sesungguhnya Allah telah menciptakan neraka pada hari Ahad, yang mana neraka tersebut mempunyai 7 pintu ataupun 7 tingkatan. Dan Berikut ini adalah nama-nama neraka dan juga tingkatannya yang akan di jelaskan masing-masing.

Neraka Hawiyah

Neraka hawiyah merupakan neraka yang berada di posisi atau tingkat paling bawah dan menjadi neraka yang paling mengerikan. Karena neraka ini ditempati oleh para orang munafik dan juga orang kafir termasuk juga keluarga  Firaun.

Neraka Jahim

Neraka jahim itu adalah neraka yang berada di tingkat keenam serta dihuni oleh orang-orang Syirik dan juga menyekutukan Allah.

Neraka Saqar

Neraka saqar yaitu merupakan gerakan yang berada pada tingkatan kelima yang dihuni oleh orang-orang yang tidak pernah menjalankan salat ataupun tempat bagi mereka yang tidak menyembah Allah melainkan menyembah patung atau Berhala.

Baca Juga  Hibah : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Syarat - Rukun - Hukum - Manfaat

Neraka Ladzo

Neraka ini berada di tingkat ke 4, yang merupakan ditempatkan bersama dengan iblis Laknatullah dan juga orang-orang yang mengikuti beserta termakan oleh rayuannya.

Neraka Hutamah

Neraka hutamah itu adalah neraka yang berada pada tingkat ketiga serta dihuni oleh para kaum Yahudi dan juga para pengikutnya.

Neraka Sair

Neraka sair adalah neraka yang berada pada tingkatan kedua yang dihuni oleh orang yang tidak ingin mengeluarkan zakat serta juga bagi orang yang memakan harta anak yatim.

Neraka Jahannam

Neraka jahanam yaitu adalah neraka yang berada di tingkatan paling atas atau tingkat pertama yang ditempati oleh kaum muslim yang melakukan dosa besar akan tetapi tidak bertobat hingga akhir hayat.

Demikianlah pembahasan kali ini yang menjelaskan mengenai Nama-Nama Surga dan Neraka, yang telah dijelaskan dalam artikel kali ini semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna dalam menambah wawasan bagi anda semua Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya.