Riset Pasar : Pengertian, Jenis, Metode, Beserta Contoh

Posted on

Riset Pasar : Pengertian, Jenis, Metode, Beserta Contoh

Riset Pasar  –  Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai riset pasar yang mana dalam pembahasan yang akan meliputi pengertian, jenis metode beserta dengan contohnya. Untuk lebih jelasnya,  Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dimengerti dan dipahami.

Menurut Wikipedia riset pasar merupakan suatu desain, pengumpulan, analisis serta pelaporan yang dibuat secara sistematis berdasarkan pada data dan juga segala penemuan yang relevan dengan situasi atau keadaan pemasaran tertentu yang dihadapi oleh perusahaan.

Pengertian Riset Pasar

Riset pasar itu adalah suatu kegiatan riset atau riset atau Penelitian yang dilakukan di dalam bidang pemasaran. kegiatan tersebut meliputi antara lain seperti pengumpulan informasi pasar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan yaitu berupa target pasar, pesaing, lingkungan dan juga yang lain sebagainya.

Dengan melakukan riset pasar maka nantinya akan diketahui Siapa saja yang memerlukan produk atau jasa yang ditawarkan.  yang mana produk atau jasa tersebut diperlukan serta kualitas dari produk yang seperti apa yang menjadi kebutuhan dari para konsumen.

Dengan melakukan riset pasar juga kita dapat mengetahui seberapa besar permintaan serta potensi dan juga permintaan Kapan permintaan tersebut memuncak dan juga kapan permintaan tersebut turun dari konsumen.

Jenis-Jenis Riset Pasar

Riset Primer

Riset primer merupakan berikut yang berasal dari target pasar atau target riset secara langsung. Tujuannya yaitu adalah untuk menjalankan pengumpulan informasi. Cara yang dilakukan itu:

  • Melakukan wawancara atau interview dengan tatap muka ataupun tidak langsung atau melalui telepon atau video call atau Skype atau teleconference.
  • Survei atau observasi.
  • Mengadakan diskusi dengan cara berkelompok kepada anggota yang terdiri dari sampel konsumen atau customer potensial untuk diperoleh feedback dari hasil diskusi tersebut.
Baca Juga  √ Manajemen Perkantoran : Pengertian,  Fungsi, Tujuan, serta Ruang Lingkup Manajemen Perkantoran

Riset Sekunder

Pada riset sekunder Data diperoleh dari laporan keuangan publikasi serta hal lain yang berhubungan yang telah diterbitkan secara umum. Tujuannya itu adalah untuk menganalisa data yang sudah tersedia dan kemudian akan menjadi pertimbangan strategi pemasaran yang ampuh.

Metode Pengumpulan Data Riset Pasar

Interview atau Wawancara

Untuk dapat mengetahui informasi mengenai pasar maka dapat dilakukan dengan wawancara yang dilakukan secara langsung pada sasaran derajat, baik itu target market dalam bentuk pelanggan ataupun pengguna maupun calon pelanggan atau pengguna. Wawancara sendiri bisa dilakukan dengan cara bertatap muka yang sering dijalankan di titik lokasi yang sudah ditetapkan seperti toko pelanggan membeli produk.

Ataupun wawancara juga dapat dilakukan dengan cara sambungan telepon yang dicocokkan dengan database dari pelanggan, yang dimiliki oleh perusahaan. contoh dari riset pasar industri yang dijalankan oleh lembaga keuangan atau bank yang dilakukan untuk memperoleh informasi kepuasan dari pelanggan mereka dalam menggunakan produk keuangan.

Kuisioner

wawancara yang dilakukan secara langsung atau tidak langsung yang biasa mempunyai sisi yang dapat mengganggu pelanggan Dan juga memberikan kesan intimidatif dikarenakan dilakukan secara terbuka ditiup sehingga terdapat cara lain seperti memberikan kuesioner.

Di sana sendiri juga diberikan secara langsung ataupun secara online, yang isinya berupa hal-hal mengenai pertanyaan pada pelanggan tentang informasi yang diperlukan oleh perusahaan . agar lebih optimal di dalam pengumpulan data dalam metode ini, maka pelanggan yang mengisi kuesioner akan diberikan imbalan seperti produk gratis atau souvenir .

Survey

Metode survei ini hampir mirip dengan metode kuisioner yaitu dengan memberikan pertanyaan pada pelanggan. akan tetapi pada metode survei metode yang dijalankan dengan menyeluruh serta dengan sampel pelanggan yang lebih banyak, menjadikan hal tersebut akan lebih meyakini responden yang secara menyeluruh.

Baca Juga  Pranata Ekonomi : Pengertian, Ciri, Fungsi Beserta Contohnya

Focus Group Discussion

Langkah focus group discussion di dalam riset pasar merupakan hal yang dilakukan dengan cara membuat grup diskusi yang anggotanya adalah sampel atau responden potensial ataupun pelanggan utama. pembuatan dari diskusi tersebut lebih mengarah ke encourage peserta supaya dapat menyampaikan segala yang diperlukan, Bagaimana kesan di dalam menggunakan produk dan juga kritik saran atas produk yang telah dihasilkan.

Kemudian informasi tersebut nantinya akan menjadi acuan terhadap strategi pemasaran kedepannya. Seperti kuesioner dan juga survei yang dibutuhkan imbalan bagi para peserta grup diskusi.

Observasi

Cara observasi ini dipilih untuk memperoleh dan juga menyatukan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung, sebagaimana dengan keadaan pada pasar  yang berkaitan dengan jumlah penjualan produk diberbagai outlet ataupun ketertarikan pelanggan atau calon pelanggan atas produk pesaing pakai ini sangat efektif akan tetapi sangat membutuhkan tenaga dan juga biaya besar dikarenakan mencakup are yang lebih luas lagi .

Contoh Riset Pasar

  • Terdapat Suatu perusahaan membuat iklan di televisi, maka diperlukan reset terlebih dahulu danang profil dari tari pasar mereka seperti misalnya usia , jenis kelamin dan yang lain sebagainya . Kemudian informasi ini akan dikerjakan pada pokok saat iklan mereka seperti model yang digunakan, warna, tema iklan dan yang lain sebagainya .
  • Contohnya itu seperti pada iklan sebuah sabun mandi untuk wanita yang biasanya akan menggunakan model atau pabrik figure yang terkenal untuk menjadi duta sabun. serta dengan menggunakan warna dan cukai tema yang sesuai dengan produk mereka, hal ini tentunya dilakukan agar terciptanya minat dari para calon pembeli dalam membeli produk mereka.

Demikian artikel kali ini yang menjelaskan mengenai Riset Pasar. semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat dipahami bagi anda semua sekian dan terima kasih banyak untuk penjualannya.

Baca Juga  Kualitas Audit : Pengertian, Pengukuran Dan Indikatornya