√ Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Aceh Lengkap

Posted on

Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Aceh Lengkap

Kebudayaan Aceh Lengkap – Untuk pembahasan kali ini kami akan membagikan ulasan tentang kebudayaan aceh yang dalam hal ini meliputi rumah adat, pakaian adat, tari-tarian, senjata tradisional, suku, bahasa dan lagu daerah, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak pemaparannya dibawah ini.
Untuk hal ini kelompok etnik Aceh ialah salah satu kelompok “asal” di daerah Aceh yang kini merupakan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Orang Aceh yang biasa menyebut dirinya Ureueng Aceh, menurut sensus penduduk tahun 1990 mencatat jumlah sebesar 3.415.393 jiwa dimana orang Aceh tentunya merupakan kelompok mayoritas.
Oarang Aceh merupakan penduduk asli yang tersebar populasinya di Daerah Istimewa Aceh, mereka mendiami daerah-daerah Kotamadya Sabang, Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Selatan dan Aceh Barat.

Kebudayaan Aceh

Sebelum kalian mengenali budaya dari negeri lain, kenalilah dahulu kebudayaan Indonesia, baiklah berikut ini uraiannya.

Rumah Adat

Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Aceh Lengkap
Rumah adat Aceh dinamakan Rumoh Aceh, rumah adat Aceh dibuat dari kayu meranti dan berbentuk panggung, memiliki 3 serambi yakni Seuramoe Keu “serambi depan”, Seuramoe Inong “serambi tengah” dan Seuramoe Likot “serambi belakang” selain itu ada pula rumah adat berupa lumbung padi yang dinamakan Krong Pade atau Berandang.

Pakaian Adat

Pakaian adat yang dikenakan pria Aceh ialah baju jas dengan leher tertutup “jas tutup”, celana panjang yang disebut cekak musang dan kain sarung yang disebut pendua. Kopiah yang dipakainnya disebut makutup dan sebilah rencong terselip di depan perut.
Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Aceh Lengkap
Dan untuk wanitanya memakai baju sampai kepinggul, celana panjang cekak musang serta kain sarung sampai lutut. Perhiasan yang dipakai berupa kalung yang disebut kula, pending atau ikat pinggang, gelang tangan dan gelang kaki. Pakaian ini dipergunakan untuk keperluan upacara pernikahan.

Tari-Tarian Aceh

Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Aceh Lengkap
  • Tari Seudati berasal dari arab dengan latar belakang agama islam, sebutan tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di Aceh.
  • Tarian Saman Meuseukat dilakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan ajaran kebajikan terutama ajaran agama islam.
  • Tarian Pukat ialah tarian yang melambangkan kehidupan para nelayan dari pembuatan pukat hingga mencari ikan.
  • Tari Rebana, merupakan tari kreasi yang menekankan pada keterampilan memainkan alat musik “rebana” dalam mengiringi gerak-gerak lincah khas Aceh, tari ini biasa ditampilkan dihadapan tamu-tamu agung.
Baca Juga :  Risiko – Pengertian, Jenis, Sumber, Karakteristik, Dan Contohnya

 

Senjata Tradisional

Senjata tradisional yang dipakai oleh penduduk Aceh ialah rencong, wilahan rencong terbuat dari besi dan biasanya bertuliskan ayat-ayat Al Quran, selain rencong rakyat Aceh mempergunakan pula pedang dengan nama pedang daun tebu, pedang oom ngom dan reudeuh. Pedang daun tebu dipakai oleh penglima perang dan reudeuh oleh para prajurit.
Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Aceh Lengkap

Suku

Suku dan marga yang terdapat di Aceh di antaranya yaitu: Aceh, Alas, Tamiang, Gayo, Ulu, Singkil, Simelu, Jamee, Kluet dan lain-lain.

Bahasa

Untuk bahasa daerah sendiri yaitu: Aceh, Alas, Gayo dan lain-lain.

Lagu Daerah

Untuk lagu daerah diantaranya yaitu: Bungong Jeumpa, Piso Surit.
Demikianlah pembahasan mengenai Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Aceh Lengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan untuk kalian semua, terima kasih banyak kunjungannya, sampai jumpa di postingan berikutnya.