Kampanye Adalah

Posted on

Kampanye Adalah – Dalam hal ini kegiatan kampanye tidak akan lepas dari yang namanya pemilihan umum. Kampanye dan pemilu bagaikan sisi mata uang yang tidak akan pernah terpisah satu dengan yang lainnya. Kampanye merupakan suatu tindakan doktrin bertujuan mendapatkan pencapaian dukungan.

Usaha kampanye bisa dilakukan perorangan maupun sekelompok orang yang terorganisir untuk melakukan pencapaian sesuai dengan apa yang diinginkan.

Secara Bahasa kampanye berasal dari Bahasa Perancis “Campaign” yang berarti lapangan. Istilah kampanye banyak digunakan untuk berbagai kegiatan yakni berupa kampanye dalam pemasaran bisnis, pemilihan pilpres, pemilihan pilkada, kegiatan sosial dan lain-lainnya.

Nah agar lebih dapat memahami dan mengerti, apa arti dari Kampanye, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Kampanye

Pengertian Kampanye ialah serangkaian usaha serta tindakan komunikasi yang tersusun dan terencana untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat banyak yang dilakukan oleh seseorang atau juga sekelompok orang itu dengan secara terorganisir dalam sebuah proses pengambilan keputusan serta dilakukannya dengan secara berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu.

Pengertian Kampanye Menurut Para Ahli

Sedangkan ada juga beberapa ahli yang mendefinisikan makna dari Kampanye, diantaranya yaitu:

  • Menurut Pfau dan Parrot
    Menurut Pfau dan Parrot Kampanye adalah suatu proses yang dirancang secara sadar, bertahap dan berkelanjutan yang dilaksanakan pada rentang waktu tertentu dengan tujuan mempengaruhi khalayak sasaran yang telah ditetapkan
  • Menurut Roger dan Story
    Menurut Rogers dan Story kampanye merupakan rangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu.
  • Menurut Rachmadi
    Menurut Rachmadi kampanye merupakan kegiatan yang terorganisir secara sistematis untuk mendorong masyarakat melakukan sesuatu yang diinginkan dengan memanfaatkan media tertentu agar tepat sasaran dan disertai dengan evaluasi.
  • Menurut Kotler dan Roberto
    Menurut Kotler dan Roberto Kampanye merupakan upaya yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang untuk menanamkan ide, sikap, perilaku, yang diinginkan oleh pelaku kampanye.
  • Menurut Antar Venus M.A
    Menurut Antar Venus,M.A Kampanye merupakan upaya yang ditujukan untuk menciptakan perubahan dan dampak tertentu dalam kehidupan bermasyarakat yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu.
  • Menurut Imawan
    Menurut Imawan Kampanye adalah upaya persuasive yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang kepada orang lain agar sepaham terhadap ide atau gagasan yang ditawarkan.
  • Menurut Cangara
    Menurut Cangara kampanye merupakan suatu komunikasi yang dilakukan untuk mempengaruhi masyarakat agar memiliki wawasan terhadap perilaku yang menjadi keinginan pemberi informasi.
  • Menurut Rajasundarman
    Definisi kampanye ini ialah pemanfaatan metode komunikasi kepada masyrakat umum supaya terkoordinasi didalam waktu tertentu. Kampanye ini harus ditujukan untuk mengarahkan kepada masyarakat tentang permasalahan serta juga pemecahan masalah.
  • Menurut UU pasal 1 ayat 26 No. 10 tahun 2008
    Pengertian kampanye ini ialah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh peserta pemilu untuk dapat meyakinkan para pemilih dengan cara menawarkan visi, misi serta juga program yang ditawarkan oleh calon peserta Pemilu.
  • Menurut Snyder (Gudykunst & Mody, 2002)
    “A communication campaigns is an organized communication activity, directed at a particular audience, for a particular period of time, to achieve a particular goal” (Kampanye komunikasi adalah tindakan komunikasi yang terorganisasi yang diarahkan pada khalayak tertentu, pada periode waktu tertentu guna mencapai tujuan tertentu).
Baca Juga :  Media Pembelajaran Adalah

Unsur Kampanye

Mengacu pada pengertian-pengertian diatas maka kampanye harus memiliki 4 unsur diantaranya yaitu:

  • Kegiatan kampanye bertujuan untuk menciptakan dampak atau efek tertentu.
  • Sasaran kampanye ialah khalayak dalam jumlah yang paling besar.
  • Kegiatan kampanye sendiri umumnya fokus dalam waktu tertentu.
  • Kampanye dilakukan melalui serangkaian tindakan komunikasi yang terorganisir.

Bentuk Dan Jenis Kampanye

Pada praktiknya terdapat beberapa bentuk serta jenis kampanye. Namun pada umumnya kegiatan atau aktivitas kampanye ini dilakukan dengan slogan, pembicaraan, media cetak, symbol-simbol, siaran rekaman berbentuk suara serta gambar.

Pelaksanaan kampanye ini juga dilakukan dengan melalui media internet didalam rangka pencitraan yang nantinya berkembang menjadi upaya persamaan sebuah gagasan atau juga isu suatu kelompok kepada masyarakat dengan harapan mendapatkan tanggapan.

Jenis Kampanye Berdasarkan Orientasinya

Adapun jenis kampanye berdasarkan orientasinya sebagai berikut:

Product Oriented Campaigns

Ini adalah salah satu kampanye yang berorientasi pada produk. Jenis kampanye ini umumnya itu dilakukan dalam lingkungkan bisnis komersil. Kampanye tersebut bertujuan untuk dapat membangun citra positif terhadap produk yang ditawarkan dan diperkenalkan ke masyarakat.

Candidate Oriented Campaigns

Ini merupakan jenis kampanye yang berorientasi pada kandidat. Kampanye jenis ini biasanya mempunyai latar belakang hasrat dan ambisi untuk kepentingan politik. Misalnya seperti kampanye PEMILU, kampanye PILKADA.

Ideologically or Cause Oriented Campaigns

Kampanye jenis ini berorientasi pada tujuan-tujuan khusus yang memiliki sifat sosial. Seperti yang dijelaskan oleh Kotler, kampanye perubahan sosial tersebut bertujuan untuk dapat menangani segala macam masalah sosial dengan perubahan pandangan, sikap, serta juga perilaku masyarakat.

Contohnya seperti:

  • kampanye ASI,
  • kampanye Donor Darah,
  • kampanye imunisasi,
  • kampanye Keluarga Berencana (KB).

Jenis Kampanye Berdasarkan Isinya

Terdapat beberapa macam kampanye yang dapat dibedakan dari isinya, diantaranya ialah :

Baca Juga :  Seni Arsitektur : Pengertian, Jenis, Fungsi, Teori, Prinsip Dan Contohnya
Kampanye Positif

Kampanye yang berisi mengenai pengenalan mengenai produk atau juga seseorang yang dikampanyekan. Pada umumnya informasi yang disampaikan mengenai hal-hal yang baik saja.

Kampanye Negatif

Kampanye negatif ini biasanya dilakukan oleh kompetitor yang mana isi dari kampanyenya itu tentang kekurangan produk atau juga seseorang. Pada dasarnya kampanye negatif ini berdasarkan data serta fakta yang sudah terjadi sebelumnya.

Kampanye Hitam

Kampanye hitam ini ialah kampanye yang bertujuan untuk membunuh karakter seseorang atau juga produk yang menjadi kompetitor. Tetapi, informasi yang disampaikan didalam kampanye hitam ini adalah fitnah, kebohongan, atau juga tuduhan tanpa bukti.

Fungsi Kampanye

Fungsi kampanye secara umum ialah sebagai informasi agar masyarakat lebih tanggap terhadap suatu pesan yang disampaikan dalam kampanye. Adapun menurut para ahli fungsi kampanye sebagai berikut:

  • Sebagai upaya pelaksana kampanye untuk mencapai tujuan dengan menggugah kesadaran dan pendapat masyarakat terhadap isu tertentu,
  • Sebagai sarana informasi yang dapat mengubah pola pikir masyarakat
  • Pengembangan usaha dengan membujuk khalayak untuk membeli produk yang dipasarkan
  • Untuk membangun citra positif peserta kampanye.

Tujuan Kampanye

Secara umum tujuan kampanye ialah untuk menggugah isu tertentu dengan menyampaikan informasi produk atau gagasan/ide yang dikampanyekan sehingga masyarakat menyukai, simpati, peduli atau berpihak kepada yang melakukan kampanye.

Media Kampanye

Kita ketahui bahwa ada banyak jenis kampanye, yang pertama jenis kampanye berdasarkan orientasinya dan yang kedua yakni kampanye yang berdasarkan isinya, semua bentuk dan jenis kampanye tersebut membutuhkan sarana prasarana atau media kampanye sebagai alat untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Beberapa jenis media kampanye yang sering digunakan diantaranya yaitu:

  • Media Elektronik ( Televisi, radio, HP)
  • Media komunikasi kelompok ( pameran, seminar, diskusi panel )
  • Media cetak ( koran, Tabloid, majalah)
  • Media Digital ( website, sosial media, email, aplikasi, chatting dan lainnya)
  • Media luar ruangan ( poster, banner, billboard, papan nama)
Baca Juga :  Pengertian Desain : Fungsi, Tujuan, Prinsip, dan Jenis Desain

Demikianlah pembahasan mengenai Kampanye Adalah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.