Kalimat Utama Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Perbedaan, Cara Menentukan Dan Contoh Kalimatnya

Posted on

Kalimat Utama Adalah – Kalimat utama merupakan kalimat yang menjadi ide dasar atau ide pokok pada suatu tulisan. Tulisan yang baik akan menampilkan satu kalimat utama dalam satu paragraf.

Kalimat utama ini dapat ditentukan dengan melihat beberapa tanda pada tiap paragraf yang akan dijelaskan lebih lanjut dibawah ini.

Pengertian Kalimat Utama

Kalimat utama ialah sebuah kalimat yang didalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok ataupun ide utama pada suatu paragraf.

Keberadaan kalimat utama pada suatu paragraf sangat penting menjadi kerangka dasar dalam pengembangan paragraf.

Selain itu, karena kalimat utama mengandung keseluruhan isi paragraf, jika pada suatu paragraf tidak terdapat kalimat utama, paragraf tersebut dapat dikatakan tidak memiliki isi atau disebut dengan paragraf yang tidak padu.

Kalimat utama disebut juga dengan kalimat topik yang berarti kalimat yang dijadikan acuan dalam pengembangan paragraf.

Hal ini disebabkan kalimat utama dapat dimaknai sebagai kalimat pemicu yaitu kalimat yang menyebabkan kalimat-kalimat lain.

Dan disamping itu, berdasarkan letaknya, kalimat utama dapat berada baik di awal, ditengah, diakhir maupun campuran yaitu di awal dan di akhir.

Jenis Kalimat Utama

Kalian bisa mengetahui sebuah kalimat utama berdasarkan letaknya, ada 3 letak kalimat utama ialah sebagai berikut:

Baca Juga :  Ide Pokok Adalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Cara Menentukan Dan Contohnya

Kalimat Utama Deduktif

Kalimat utama yang berada di awal paragraf. Menjadi kalimat utama yang disusul oleh satu atau lebih kalimat penjelas.

Kalimat Utama Induktif

Kalimat utama yang berada di akhir paragraf. Sebelumnya telah didahului oleh satu atau lebih kalimat penjelas.

Kalimat Utama Campuran

Dalam satu paragraf terdapat lebih dari 1 kalimat utama. Urutannya pun bisa deduktif maupun induktif. Kalimat utama dalam pola campuran akan diselingi oleh kalimat penjelas.

Ciri Ciri Kalimat Utama

Kalimat utama memiliki beberapa ciri diantaranya yaitu:

  • Kalimat utama harus dapat berdiri sendiri. Artinya, kalimat utama tidak boleh terdapat kata-kata rujukan (itu, ini, tersebut, dsb) ataupun konjungsi antarkalimat (di samping itu, sementara itu, di sisi lain, dsb), kecuali konjungsi antarkalimat yang menyatakan kesimpulan (oleh karena itu, jadi, dan dengan demikian). Contohnya, “Dilihat dari warna bulunya, kucing belang (tortoiseshell/tortoi) dan kucing hitam memiliki sifat dan keunikan yang beragam.” Atau, “ Jadi, persepakbolaan Indonesia memiliki berbagai macam permasalahan yang harus segera diselesaikan demi membawa Indonesia berada pada jalur prestasi.”
  • Kalimat utama bermakna umum sehingga dapat diperjelaskan dengan keberadaan kalimat-kalimat penjelas. Contohnya, “Sebagai rempah-rempah terkenal khas Indonesia, biji pala memiliki beragam manfaat”.
  • Kalimat utama, yang di dalamnya terdapat kata adalah, merupakan, dan ialah, pada umumnya berada di awal (kalimat deduktif). Kalimat utama ini berisi permasalahan yang akan diperjelas dengan kalimat-kalimat selanjutnya. Contohnya, “Merokok merupakan suatu aktivitas merugikan yang mahal.” Sementara itu, kalimat utama dapat juga terletak di akhir (induktif), yang biasanya ditandai dengan konjungsi antarkalimat oleh karena itu, dengan demikian, ataupun jadi.

Perbedaan Kalimat Utama Dan Gagasan Utama

Kalimat utama memiliki perbedaan dengan ide pokok, pikiran pokok, gagasan pokok ataupun gagasa utama. Kalimat utama mengandung gagasan utama yang artinya gagasa utama ialah inti dari kalimat utama contohnya:

  • Kalimat utama: “Melalui pembelajaran yang mendalam dari artificial intelligence, akan ditemukan pola-pola yang tidak ditemukan oleh manusia sebelumnya.”
  • Gagasan utama: “Pola-pola akan ditemui melalui pembelajaran mendalam oleh Artificial Intelligence.”
Baca Juga :  Pers : Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi, Teori Dan Peranannya

Cara Menentukan Kalimat Utama

Terdapat tahapan langkah dalam menentukan kalimat utama diantaranya yaitu:

  • Kalimat utama dapat dipastikan berada d awal jika kalimat selanjutnya terdapat kata hal ini, hal tersebut, … ini, … itu, dsb. Kata-kata tersebut menegaskan bahwa kalimat sebelumnya adalah acuan terhadap persoalan yang dibahas oleh keseluruhan teks.
  • Perhatikan apa atau siapa yang dirujuk oleh kalimat-kalimat penjelas. Misalnya, kalimat-kalimat penjelas menjelaskan kegiatan merokok dari aspek ekonomi. Dengan begitu, kalimat utamanya adalah kalimat yang bermakna pernyataan umum bahwa merokok mempunyai hubungan erat dengan aspek ekonomi, contoh kalimatnya, “merokok adalah aktivitas buruk yang mahal.”

Contoh Kalimat Utama

Adapun contoh kalimat utama diantaranya yaitu:

Kalimat Utama Berada di Awal (Deduktif)

Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal misalnya sebagai berikut:

Virus korona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang disebut dengan COVID-19 adalah salah satu virus mematikan yang menyerang sistem pernapasan. Begitu mematikannya, virus ini menyerang manusia pada berbagai kalangan, mulai dari balita, remaja, orang dewasa, hingga lansia. Selain itu, virus ini juga dapat menimbulkan infeksi saluran pernapasan, seperti pneumonia.  Terlebih, penyebaran virus ini sangat cepat sehingga pada tanggal 11 Maret 2020 WHO resmi menetapkan bahwa virus korona sebagai pandemi global.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah  “Virus korona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang disebut dengan COVID-19 adalah salah satu virus mematikan yang menyerang sistem pernapasan,” dengan gagasan utamanya adalah virus korona merupakan virus yang mematikan yang menyerang sistem pernapasan.

Kalimat Utama Berada di Akhir (Induktif)

Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir misalnya sebagai berikut:

Gim online multiplayer handheld memungkinkan para penggunanya bermain gim bersama-sama kapanpun dan di manapun tempatnya. Selain itu, berbagai produk gim yang casual  membuat para pemain merasa nyaman dan ingin bermain gim dalam waktu yang tak sebentar. Oleh karena itu, Gim online multiplayer handheld menjadi favorit nomor satu para penikmat gim portable di seluruh dunia.

Baca Juga :  Surat Dinas Dan Surat Pribadi

Kalimat utamanya adalah “Oleh karena itu, Gim online multiplayer handheld menjadi favorit nomor satu para penikmat gim portable di seluruh dunia.”

Gagasan utamanya adalah “ Gim online multiplayer handheld menjadi favorit nomor satu para penikmat gim portable di seluruh dunia.”

Kalimat Utama Berada di Awal dan di Akhir (Campuran)

Pemakaian masker dan penaatan protokol kesehatan pada era pandemi menjadi prioritas utama. Penyeberan virus korona yang makin hari makin memprihatinkan membuat kita harus makin waspada. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk memakai masker dan menaati protokol kesehatan.

Kalimat utamanya adalah “Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk memakai masker dan menaati protokol kesehatan.” Gagasan utamanya adalah “Pemakaian masker dan penataan protokol kesehatan adalah hal yang terpenting.”

Demikianlah pembahasan mengenai Kalimat Utama Adalah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.