Jelaskan Pengertian Ruang

Posted on

Jelaskan Pengertian Ruang – Jelaskan apa yang dimaksud dengan ruang? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengusut berkaitan dengan pengertian ruang dan hubungan antar ruang.

Selain pengertian secara generik, beberapa pendapat para ahli terkait menggunakan apa itu “ruang” akan kami bahas secara singkat dalam ulasan berikut ini. Eksklusif saja simak selengkapnya.

Pengertian Ruang

Setiap makhluk hidup pada bumi sudah barang tentu memerlukan ruang buat melangsungkan kehidupannya. merupakan, apabila tidak terdapat ruang maka makhluk hidup tidak dapat melangsungkan kehidupannya.

secara umum, pengertian ruang merupakan tempat di permukaan bumi. baik itu secara keseluruhan ataupun hanya sebagian yg dipakai buat melangsungkan kehidupan atau buat tinggal. Tidak hanya sebatas udara, ruang mencakup lapisan atmosfer terbawah bumi.

Selain lapisan atmosfer, ruang juga meliputi perairan & lapisan tanah serta batuan yang terdapat di bagian atas bumi. pada dasarnya, yang bisa dijadikan sumber daya kehidupan makhluk hayati.

Setiap ruang di bagian atas bumi memiliki ciri khas tertentu berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Dapat dikatakan nir ada satu daerah yg mempunyai karakteristik ruang yang sama.

Perbedaan karakteristik tadi kemudian memunculkan apa yg namanya “hubungan antar ruang”. setiap ruang menciptakan keterkaitan antarruang di bagian atas bumi.

Pengertian Ruang Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian ruang secara umum, berikut adalah beberapa pendapat para ahli terkait dengan pengertian ruang, diantaranya :

Menurut Newton

Ruang adalah suatu kuantitas mutlak yang ada tanpa memperhatikan keberadaan dan distribusi matei dalam semesta.

Menurut Samidi

Pengertian ruang adalah tempat bagi komponen-komponen lingkungan hidup dalam melakukan setiap proses, yakni saling mempengaruhi, saling ketergantungan, dan saling berhubungan.

Baca Juga :  Sistem Pencernaan Pada Serangga : 3 Sistem Pencernaan Pada Serangga

Menurut Ayadinata (1992)

Ruang merupakan seluruh permukaan bumi yang terdiri dari lapisan biosfer, tempat hidup tumbuh-tumbuhan, manusia dan hewan.

Konsep Ruang

Berikut adalah konsep dasar dari ruang:

  • Ruang adalah tempat di permukaan bumi baik
  • Ruang tidak hanya sebatas udara, tetapi juga lapisan atmosfer terbawah yang memengaruhi permukaan bumi.
  • Ruang dapat mencakup sebuah perairan yang ada di permukaan bumi, seperti laut, sungai, dan danau. Sedangkan di bawah permukaan bumi terdapat air, dan tanah sampai ke kedalaman tertentu.
  • Ruang mencakup berbagai lapisan tanah dan batuan, yang menjadi sumber daya bagi kehidupan.
  • Ruang adalah tempat bagi manusia melakukan interaksi.

Dimensi ruang digunakan untuk memandang alam sebagai tempat, sekaligus penyedia berbagai potensi sumber daya. Ruang disebut juga dengan dimensi spasial, yakni tempat terjadinya berbagai peristiwa alam baik secara sosial, dan sejarah dalam proses perjalanan waktu.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Ruang semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.