Instrumen Penelitian : Pengertian Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenisnya

Posted on

Instrumen Penelitian : Pengertian Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenisnya

Instrumen Penelitian – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai instrumen penelitian yang mana dalam hal ini akan meliputi pengertian instrumen penelitian menurut para ahli beserta dengan jenis-jenisnya, langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami.

Pada sebuah penelitian ilmiah terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan yaitu instrumen penelitian atau juga yang dapat disebut dengan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data. Berikut lebih lengkapnya.

Pengertian Instrumen Penelitian

Instrumen penelitian adalah sebuah alat yang digunakan untuk memperoleh suatu data, yang harus di pilih serta sesuai dengan jenis data yang di inginkan di dalam sebuah penelitian.

Menurut Suharsimi Kunto, instrumentpenelitian merupakan suatu alat bantu yang di pilih serta di pakai oleh para peneliti, dalam melakukan aktivitas atau kegiatan dalam upaya mengumpulkan data agar kegiatan tersebut menjadi sistematis serta di buat mudah.

Menurut ibnu hajar, instrumen penelitian adalah suatu alat ukur yang di gunakan untuk mendapatkan informasi kuantitatif tentang variabel yang mempunyai karakter serta objektif. Jenis data tersebut di antaranya sebagai berikut :

  • Data Kuantitatif

Data kuantitatif adalah suatu data yang berhubungan dengan kuantitas atau jumlah yang dapat di hitung atau dapat disimbolkan dengan beberpa ukuran kuantitas.

  • Data Kualitatif

Data kualitatif adalah merupakan suatu jenis data yang berkaitan dengan nilai kualitas misalnya sangat baik, baik, cukup, kurang,sedang dan yang lainnya.

  • Data primer atau sekunder
  • Data nominal, ordinal, interval atau data rasio

Instrumen ini sangat mudah untuk di bayangkan jika apa yang di ukur bersifat jelas atau tangible. Akan tetapi sulit untuk di bayangkan apabila apa yang diukur intangible atau tidak jelas. Instrumen yang baik maka adalah harus bersifat valid dan juga dapat dipercaya atau reliable.

Baca Juga  Pengertian Integrasi, Faktor, Jenis Dan Contohnya

Instrumen valid adalah sebuah instrumen yang mengukur apa yang harus di ukur. Dengan hasil ukurannya konsisten, instrumen ini berperan penting di dalam penelitian sebagai alat pengumpul data. Sebab tanpa instrumen yang baik, maka tidak mungkin dapat diperoleh data yang benar-benar dapat di percaya. Sehingga dapat menyebabkan kesimpulan yang salah. Sehingga instrumen penelitian harus di tetapkan dengan tepat, sehingga dapat menjawab segala permasalahan yang ada dalam penelitian dan juga menguji hipotesis.

Jenis-jenis Instrumen Penelitian

Tes

Tes adalah salah satu alat untuk mengukur yang di berikan kepada individu untuk mendapatkan beberapa jawaban yang di harapkan, baik jawaban tersebut secara tertulis atau secara lisan. Hasil dari pengukuran lebih banyak di pakai untuk data yang kuantitatif yang secara umum dengan menggunakan data yang interval, sehingga dapat di oleh dengan menggunakan teknik statistika.

Wawancara

Wawancara merupakan sebuah alat pengumpul data yang sangat baik dilakukan untuk mengetahui tanggapan, pendapat, motivasi dan juga proyeksi dari seseorang terhadap masa depannya. Metode ini banyak di pakai jika data yang diperlukan, sebagian besar berada pada pikiran responden. Sehingga wawancara ini banyak dipakai dalam studi persepsi dengan nuansa kualitatif.

Observasi

Observasi banyak digunakan di dalam mengukur tingkah laku dari individu atau suatu proses terjadinya suatu kegiatan yang dapat di amati. Menurut Sutrisno Hadi, observasi merupakan pencatatan serta pengamatan dengan cara sistematik fenomen-fenomen yang di selidiki.

Kuesioner atau Angket

Kuesioner atau angket adalah penyelidikan mengenai suatu masalah yang secara umum dapat menyangkut kepentingan umum atau kepentingan banyak orang, yang dilakukan dengan cara mengedarkan daftar pertanyaan yang berupa formulir yang di ajukan secara tertulis kepada sejumlah subjek di dalam mendapatkan respon atau jawaban tertulis seperlunya.

Baca Juga  √ Malaikat : Pengertian, Sifat Malaikat  , Tugas  Dan  Fungsi Iman Kepada Malaikat Allah

Dokumentasi

Dokumen merupakan bentuk dari pengabdian, arsip maupun barang-barang peninggalan yang di abadikan. Dokumentasi di pakai untuk memperoleh data secara langsung dari tempat penelitian, seperti literature buku-buku yang relevan, laporan kegiatan, majalah, notulen rapat, majalah serta beberapa dokumen lainnya yang berkaitan dengan penelitian.

Skala Pengukuran

Skala pengukuran adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur nilai, sikap, minat, perhatian, motivasi, serta bakat yang di susun dalam bentuk pernyataan untuk dinilai oleh responden serta hasilnya yang berupa dalam bentuk rentangan nilai angka yang sesuai dengan kriteria yang di buat oleh peneliti.

Sekian penjelasan lengkap mengenai Instrumen Penelitian : Pengertian Menurut Para Ahli Dan Jenis-Jenisnya semoga informasi yang di berikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan untuk anda semua, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.