Gerak Taksis

Posted on

Gerak Taksis –  Semua makhluk hidup yang ada di dunia pasti mempunyai  organ tubuh yang bisa  bergerak. Gerakan yang di timbulkan bisa terjadi  secara alami ataupun dengan bantuan dari individu lainnya.

Pernahkah anda melihat tumbuhan bergerak ??? tumbuhan juga seperti makhluk hidup lainnya melakukan gerak sebagai tanggapan rangsangan yang diterimanya. Rangsangan tersebut dapat berasal dari lingkungan ataupun dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri.

Bergerak adalah salah satu ciri dari makhluk hidup. Gerak seperti berpindah tempat yang dilakukan oleh manusia dan hewan disebut gerak aktif.

Tapi, tidak semua gerak selalu berpindah tempat, ada bagian tertentu yang melaksanakan gerakan, gerak ini disebut dengan gerak pasif.

Contoh gerak pasif yakni pada tumbuhan. Pada prinsipnya, tumbuhan bergerak dikarenakan adanya suatu proses pertumbuhan dan adanya kepekaan terhadap rangsang atau irritabilitas yang dipunyai oleh tumbuhan tersebut.

Sebagai tanggapan terhadap rangsang, tumbuhan akan melakukan suatu gerakan menuju kearah rangsang atau menjauhi rangsangan tersebut.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi mengenai Gerak taksis , dimana membahas pengertian  serak taksis dan juga macamnya pada tumbuhan , Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Taksis

Taksis atau gerakan taksis adalah suatu gerakan pada  tumbuhan yang terjadi karena adanya suatu rangsangan yang berasal dari luar tubuh. Tubuh tumbuhan tersebut  akan bergerak dan arah dari gerakan ini terpengeruh dengan datang nya arah rangsangan tersebut. Rangsangan yang ditimbulkan jadi membedakan gerakan taksis menjadi 3 macam.

Macam – Macam Taksis

Gerakan taksis mempunyai beberapa macam yang dibagi berdasarkan pada  jenis rangsangan yang di diperoleh . Macam – macam taksis antara lain  sebagai berikut :

Baca Juga :  Pembuluh Balik ( Vena ) : Pengertian, Fungsi, Ciri Dan Jenisnya

Fotatoksis

Fotatoksis merupakan  sebuah  gerakan taksis yang terjadi karena adanya  rangsangan yang berasal dari adanya cahaya yang datang. Contoh dari gerakan taksis ini adalah Euglena yang bisa bergerak dengan bulu cambuk yang di miliki dengan  menuju kearah cahaya.

Kemotaksis

Kemotaksis merupakan sebuah gerakan taksis yang terjadi karena adanya rangsangan yang berasal dari adanya zat kimia. Contoh dari gerakan ini adalah gerak pada saat sel sperma yang terdapat  pada tumbuhan berbiji tertutup menuju ke sel telur, gerakan ini terjadi karena adanya suatu rangsangan zat kimia yang sudah  di produksi oleh sel telur.

Galvanotaksis

Galvanotaksis adalah sebuah gerakan taksis yang terjadi karena adanya rangsangan yang berasal dari pengaruh arus listrik. Contoh dari gerakan taksis ini yaitu  gerakan bakteri yang mengarah dari arah kutub postif menuju negatif maupun  gerakan yang  sebaliknya.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Gerak Taksis semoga mudah di pahami dan juga berguna dalam menambah wawasan serta pengetahuan kalian semua, dan terimakasih atas kunjungannya ya.