Billboard: Pengertian, Ciri, Fungsi, Ukuran, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangannya

Posted on

Billboard – Nah apakah kalian pernah mendengar atau mengenal mengenai istilah Billboard? Nah kali ini kami akan membahasnya mengenai apa itu Billboard. Untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Billboard

Billboard merupakan

  • Salah satu jenis reklame yang biasanya dipasang pada area yang sering dilewati. Seperti pada persimpangan jalan raya yang padat lalulintasnya.
  • Papan berukuran besar yang mana papan tersebut diberi tulisan atau gambar yang bermuatan iklan, pengumuman atau promosi produk.
  • Jenis dari reklame yang menciptakan suatu informasi yang ditampilan di billboard biasanya berisikan ilustrasi atau slogan yang menarik untuk dibaca. Sehingga orang menjadi tahu apa yang ingin disampaikan oleh billboard tersebut.
  • Bentuk promosi iklan di luar ruangan dengan ukuran besar yang dapat berbentuk poster dengan ukuran yang besar yang diletakkan ditempat tinggi yang ramat dilewati orang.

Fungsi Billboard

Adapun Fungsi Billboard diantaranya yaitu:

  • Sebagai media promosi yang dipasang di luar ruangan sehingga dapat dilihat oleh khalayak.
  • Sebagai media iklan untuk meningkatkan penjualan suatu produk.
  • Sebagai cara untuk melakukan branding suatu merek atau produk.
  • Sebagai media penyampai informasi singkat kepada masyarakat umum.

Ciri-Ciri Billboard

Adapun Ciri-Ciri Billboard diantaranya yaitu:

  • Umumnya memiliki ukuran tinggi dan besar 2 : 3, dengan warna kontras sehingga mudah dibaca dan dilihat
  • Ilustrasi dan huruf berukuran besar
  • Dipasang pada perempatan maupun pertigaan jalan besar yang banyak dilalui oleh orang
  • Umumnya digunakan sebagai media untuk melakukan promosi suatu merek dagang terkenal seperti rokok dan ponsel pintar
  • Dapat juga berisi tentang iklan layanan masyarakat
  • Penggunaan bahasa singkat, jelas dan juga menarik.
Baca Juga :  Brosur Adalah : Pengertian, Sejarah, Jenis, Fungsi, Tujuan, Ciri, Manfaat Dan Contohnya

Keunggulan Billboard

Adapun Keunggulan Billboard diantaranya yaitu:

Menjangkau Sasaran

Billboard yang dipasang di tempat-tempat umum pasti akan terlihat khalayak. Khalayak tidak dapat mematikan atau menghidupkan iklan ini seperti televisi atau radio.

Mereka juga tidak bisa membuangnya. Dengan demikian billboard dapat dipastikan menjangkau khalayaknya.

Frekuensi Lebih Tinggi

Pesan pada billboard bekerja sesuai prinsip dalam periklanan karena billboard dapat mengekspos pesan iklan secara terus-menerus kepada khalayak.

Penunjuk Arah

Di tempat tertentu, billboard dapat digunakan sebagai penunjuk arah menuju ke suatu tempat. Seperti restoran, toko, mall, atau tempat lain yang diiklankan.

Pasangan Ideal

Billboard dapat memperkuat kampanye periklanan jika digabungkan dengan iklan-iklan di media lain.

Kelemahan Billboard

Adapun Kelemahan Billboard diantaranya yaitu:

  • Pemasangan reklame atau billboard ini memerlukan lahan yang luas
  • Iklan bisa berubah atau rusak karena cuaca diluar ruangan
  • Karena di pasang di pinggir jalan maka risiko untuk hanya dilewati saja oleh para pengguna jalan. Sangat mungkin terjadi karena beberapa pengendara merupakan pengendara yang berkecepatan tinggi.

Jenis Ukuran Billboard

Adapun Jenis Ukuran Billboard diantaranya yaitu:

  • 20 x 10 m (horizontal)
  • 18 x 6 m (horizontal)
  • 12 x 6 m (horizontal)
  • 10 x 5 m (horizontal/vertikal) > paling banyak dipakai
  • 4 x 8 m (horizontal/vertikal)
  • 4 x 2 m (horizontal/vertikal)

Jenis-Jenis Billboard

Adapun Jenis-Jenis Billboard diantaranya yaitu:

  • Painted Bulletins
    Painted bulletins adalah salah satu jenis billboard yang dikerjakan secara manual dengan teknik air brushing. Billboard jenis ini telah banyak ditinggalkan karena pembuatannya memakan waktu dan hasilnya kadang tidak sempurna.
  • E.D Billboard
    L.E.D Billboard ialah sebauh billboard dengan teknologi canggih yang dapat menampilkan gambar bergerak, siang maupun malam. Materi yang diperlukan untuk pembuatan LED adalah A/V (audio visual) atau JPEG still highrest.
  • Poster Panel
    Poster panel yaitu suatu billboard yang dikerjakan secara modern dan merupakan hasil olahan fotografi dari komputer, kemudian dicetak di atas kertas flexy sehingga hasilnya lebih bagus dari painted bulletins.
  • Inflatables
    Inflatables merupakan sebuah billboard dengan penambahan benda tiga dimensi yang ditempel.
  • Kinetic Board
    Kinetic board ialah salah satu billboard dengan tiga permukaan, berbentuk segitiga, dengan tiang tunggal, dan dapat berputar sehingga ketiga sisinya dapat dilihat dari segala arah. Billboard ini memiliki tiga iklan yang berbeda di setiap sisinya.
  • Neonbox
    Neonbox yaitu suatu bentuk kotak yang sisi depan dan belakang terbuat dari akrilik, biasanya disablon, dan disinari lampu TL dari dalam box tersebut.
  • Geometrics
    Geometrics adalah sebuah bentuk billboard ilusi 3-D yang memberikan kesan tiga dimensi meski gambarnya dilukis dipapan yang datar.
  • Prismatext
    Di dalam satu billboard berisi tiga iklan yang berbeda, iklan berganti setiap beberapa detik, namun billboard ini hanya memiliki satu iklan produk saja.
  • Neonsign
    Neonsign merupakan segala jenis billboard yang terbuat dari lampu TL yang dibentuk menjadi gambar atau tulisan.
  • Backlite dan Frontlite
    Billboard yang dipajang vertikal di pinggir jalan raya atau jalan tol.
Baca Juga :  Kalimat Tunggal : Pengertian, Ciri,  Jenis Dan Contohnya

Pemasangan Billboard Yang Efektif

Adapun Pemasangan Billboard Yang Efektif diantaranya yaitu:

  • Memiliki visual skandal (gambar memiliki daya tarik)
  • Pesan harus jelas. Kata-kata dalam billboard harus minimalis karena billboard dilihat dalam jarak cukup jauh (kurang lebih 3 m – 120 m), dilihat oleh orang-orang yang bergerak (dalam kendaraan atau berjalan kaki), dan dibaca dalam waktu yang relatif singkat (6 – 10 detik).
  • Tata letak sederhana
  • Produk jelas, begitu juga namanya
  • Ilustrasi harus besar. Sebuah gambar lebih mampu berbicara daripada seribu tulisan
  • Penggunaan warna menarik dan tetap mudah dibaca
  • Menggunakan tipe huruf yang tebal (bold)
  • Merupakan rangkaian dari kampanye iklan sehingga harus mampu meningkatkan khalayak terhadap iklan televisinya.
  • Lokasi billboard harus strategis dan pandangan khalayak tidak terhalang oleh apa pun. Jadi, dilakukan pengujian lokasi sebelum penempatan billboard di sana.

Demikianlah pembahasan mengenai Billboard semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.