Evolusi Manusia : Pengertian, Sejarah Teori Evolusi Manusia Secara Lengkap

Posted on

Evolusi Manusi – Kata evolusi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita semua sebab,mendengar evolusi maka kita akan mengingat charles Darwin. Dan pada kesempatan kali ini kita akan mebahas secara lengkap mengenai Evolusi manusia mulai dari Pengertian

Pengertian Evolusi

Evolusi sendiri mempunyai arti bahwa perubahan yang terjadi pada mahluk hidup yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memerlukan atau membutuhkan waktu yang sangat lama.

Teori Evolusi

Teori Evolusi  oleh Charles Darwin

Menurut Charles Darwin aneka spesies dari makhluk hidup tidak diciptakan secara terpisah oleh Tuhan, melainkan berasal dari nenek moyang yang sama dan menjadi berbeda diantara  satu sama lainyang di  akibatkan karena adanya kondisi alam. Seperti contoh pada halnya manusia bahwa darwin berpendapat jika manusia itu berasal dari kera sebagai nenek moyangnya, Menurut mereka , selama terjadinya  proses evolusi yang diperkirakan berawal  pada 4 – 5 juta tahun yang  lalu, terdapat beberapa bentuk transisi yang ada antara manusia modern dan nenek moyangnya. Menurutnya sekenario yang sepenuhnya merupakan rekaan ini, terbagi menjadi  4 kategori dasar :

  • Australopithecus ( Kera dari selatan), evolusionis menyatakan bahwa Australopithecus mempunyai anatomi kera. Namun mereka berjalan dengan tegap seperti layaknya manusia
  • Homo Habilis ( Kera yang dinyatakan sebagai manusia )
  • Homo Erectus ( Susunan wajah yang salah )
  • Homo Sapiens ( Mendekati bentuk manusia ) Secara khusus diciptakan spesies baru yang merupakan pengganti dari spesies yang  telah punah. Spesies-spesies tersebut berevolusi dari pendahulunya yang tidak tersingkir bahwa spesies yang hidup sekarang ini berasal dari spesies-spesies yang hidup di masa-masa silam yang mengalami evolusi melalui seleksi alam .
Baca Juga :  Jenis - Jenis Akar Pada Tumbuhan Dan Contohnya

Darwin menyatakan bahwa manusia itu berasal dari kera  yang mengalami evolusi karna adanya suatu proses seleksi alam,teori darwin ini sangat bertentangan dengan teori penciptaan yaitu teori ini mengatakan bahwa evolusi manusia  berasal dari sang pencipta, hal itu banyak di tantang oleh para ilmuwan salah satu contohnya yaitu, Francis Crik yang merupakan seorang evolusionis molekuler, dan pemenang hadiah nobel yang  mengakuai bahwa molekul yang begitu rumit tidak mungkin dapat muncul dengan sendirinya secara tiba-tiba karena suatu kebetulan sebagai hasil dari proses terjadinya  evolusi. Teori Darwin juga bertentangan dengan agama karna di anggap telah menyimpang dari ajaran agama, atau kepercayaan – kepercayaan lain yang menyebabkan ilmu evolusi sulit untuk berkembang.

Alasan Darwin yang menyatakan bahwa  manusia mirip kera yaitu karena , Mata yang menghadap ke depan, Ibu jari tungkai depan dapat digerakkan ke segala arah, mempunyai kelenjar susu ( glandulla mammae ) yang terletak di bagian dada dan rahim satu ruang simpleks.

 Teori Penciptaan

Teori ini beranggapan bahwa manusia itu ada karna adanya yang menciptakan. Saat Allah Swt merencanakan penciptaan manusia, ketika Allah mulai membuat cerita mengenai  asal-usul manusia, malaikat Jibril seolah khawatir karena takut manusia akan berbuat kerusakan di muka bumi ini. malaikat bersujud kepada manusia, sementara itu  iblis tetap dalam kesombongannya dengan tidak melaksanakan firman Allah. Inilah merupakan dosa yang pertama kali di lakukan oleh makhluk Allah yaitu kesombongan. Karena kesombongannya tersebut Iblis menjadi makhluk paling celaka danjuga  sudah dipastikan masuk neraka.

Kemudian Allah menciptakan Hawa sebagi teman hidup Adam. Allah berpesan kepada Adam dan Hawa untuk tidak mendekati salah satu buah yang di surga, akan tetapi  Iblis berhasil menggoda mereka sehingga terjebaklah Adam dan Hawa dalam kondisi yang menakutkan. Allah menghukum Adam dan Hawa sehingga mereka diturunkan kebumi yang  pada akhirnya Adam dan Hawa bertaubat. Taubat mereka diterima oleh Allah, akan tetapi Adam dan Hawa menetap dibumi. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surat al-baqarah ayat 33 – 39. Saat inimanusia yang mempunyai agama masing – masing menyakini mengenai  hal yang yang telah diceritakan agama mereka sendiri.

Baca Juga :  √ Jaringan Tumbuhan : Pengertian Jaringan Tumbuhan dan Fungsinya

Teori Ilmu Pengetahuan

Terdapat  tiga alasan ilmiah yang menjadi dasar bahwa manusia bukan berasal dari kera , yaitu :

Evolusi Manusia : Pengertian, Sejarah Teori Evolusi Manusia Secara Lengkap

Mata

Ilmu pengetahuan mengakui bahwa mata hanya dapat berfungsi apabila  tersusun secara  sepenuhnya. Mata setengah jadi tidak akan dapat melihat. Apabila  kehilangan lensa mata saja, maka mata akan rusak dan tidak dapat melihat apapun  sama sekali. Teori evolusi ini juga menyatakan bahwa manusia terjadi melalui proses secara bertahap dan  secara kebetulan. Maka akan terjadi proses setengah jadi sampai jadi. Hal ini tidak dapat terjadi pada mata, karena mata tersusun atas bagian yang sangat komplek , rumit dan tidak dapat tersederhanakan. Oleh sebab itu teori evolusi dinyatakan sudah  runtuh.

Temuan Fosil

Dalam bukunya, yang berjudul The Origin of Species, Darwin menulis, “ Jika setiap spesies berasal dari spesies lain secara bertahap, mengapa dimana-mana kita tidak dapat melihat bentuk transisi yang amat banyak,Akan tetapi dikawasan antara yang memiliki  kondisi antara kehidupan, mengapa kita sekarang tidak dapat menemukan jenis yang kemungkinan besar merupakan perantara, kesulitan ini cukup membingungkan saya dalam waktu yang lama ”.

Sel

Menuru Darwin manusia dan juga semua makhluk hidup berasal dari nenek moyang yang sama yang berupa makhluk yang bersel satu. Makhluk yang bersel satu tersebut terus berevolusi hingga menjadi kera, dari kera menjadi manusia dalam waktu dan proses yang lama. Akan tetapi nyatanya dulu, Darwin dapat melihat sel hanya permukaannya saja yang berupa kotak sederhana. Darwin juga tidak dapat menjelaskan asal usul dari  sel tersebut. Oleh sebab itu, lagi-lagi Teori Darwin dinyatakan runtuh.

Pengertian Evolusi

Evolusi sendiri mempunyai arti bahwa perubahan yang terjadi pada mahluk hidup yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memerlukan atau membutuhkan waktu yang sangat lama.

Baca Juga :  Gerak Tropisme : Pengertian Pada Tumbuhan Dan Macamnya

Demikianlah pembahasan mengenai Evolusi Manusia semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂