Contoh Cerpen

Posted on

Contoh Cerpen – Cerpen sendiri merupakan salah satu bacaan yang mempunyai banyak penggemar, dengan alur cerita yang hanya satu serta tidak memakan waktu untuk membacanya membuat para pencinta cerpen ketagihan.

Nah pada ulasan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai contoh cerpen yang dimana meliputi Pengertian Cerpen, Contoh Cerpen Singkat, Contoh Cerpen Pendidikan dan lainnya, nah kalau begitu simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Cerpen

Cerpen ialah singkatan dari cerita pendek yang didefinisikan sebagai suatu jenis karya tulis yang berbentuk prosa dan memiliki sifat fiktif yang menceritakan dan juga menggambarkan suatu kisah yang telah dialami oleh setiap tokoh disusun secara ringkas dan disertai berbagai konflik ditengah alurnya dan akan diakhiri dengan penyelesaian dan solusi dari konfliknya.

Contoh Cerpen Singkat

Nah setelah memahami pengertian cerpen atau cerita singkat maka selanjutnya kami akan memberikan beberapa contoh cerpen singkat dibawah ini secara lengkap.

Contoh Cerpen Anak Sekolah

Lomba Menari

Ani anak yang pandai tak sekedar pandai ia juga puas menari, di sekolah tersedia ekstrakulikuler menari, tentu Ani salah satu anggotanya. Hari ini, sepulang sekolah Ani tersedia latihan menari bersama ke tiga temannya untuk persiapan lomba lusa.

Kringgg… Bunyi bel pulang sekolah berdering seluruh anak nampak berasal dari kelas untuk pulang kerumah masing masing, hanya sebagian anak yang masih disekolah untuk sebagian kegiatan. Diruang seni tersedia Ani, Rida, Cahya dan Mela mereka berempat yang terpilih mewakili sekolah untuk lomba menari lusa.

“Da anda telah handle seluruh persiapan buat lusa kan?” bertanya Ani terhadap Rida

“Jangan risau Ani, tanteku bersedia untuk makeup kita” jawab Rida

“Kalau begitu ayo kami latihan” ajak Cahya yang disetujui oleh kawan temannya. Sudah satu bulan paling akhir mereka selalu berlatih bersama bersungguh sungguh untuk mengharumkan nama sekolah.

Hari ini adalah hari perlombaan dimulai, pukul 9 acara dimulai 15 menit kembali acara dimulai mereka masih dijalan gara-gara terperangkap macet. Benar ini membuat mereka seluruh risau mereka dapat telat tetapi mereka tidak inginkan di DO, kecuali mereka di DO bermakna sia sia persiapan mereka sepanjang ini.

Setelah bergelut bersama kemacetan akhirnya mereka hingga terhadap tujuan. Mereka telah telat 30 menit. Dan ini membuat mereka seluruh was was. Ketika mereka hingga diruangan lomba hanya tinggal sebagian peserta yang belum tampil, mereka masih mendapat peluang untuk tampil meskipun rangkaian terakhir. Mereka bersyukur tidak di DO. Tiba giliran mereka tampil mereka beri tambahan tampilan paling baik yang mereka punya dan itu seluruh tidak sia sia terhadap sesi pengumuman pemenang mereka mendapat juara pertama.

Dari sini mampu kami simpulkan suatu hal yang kami melaksanakan bersama sungguh sungguh dan ikhlas dapat membawa kami terhadap hasil yang memuaskan.

Baca Juga :  Tesis : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis Dan Karakteristiknya

Contoh Cerpen Singkat Lucu

Scrub Gula Pasir

Di siang hari, Lia tengah ngobrol santai bersama Andes nampak amat asyik obrolan mereka. “Ndes, menurutmu Dion itu puas type perempuan yang seperti apa?”. “Em, apa ya? Kalau aku terawang Dion sukanya perempuan santai yang gak banyak ulah. Ujar Andes. “Jadi gak puas cewe ginju?” Tanya Lia. “Maybe yes maybe no.” “Menurut anda apa yang mampu menukar lipstik?”. “Coba anda pake scrub gula pasir.”“Oya?”. ”Nanti malam ku cobalah demi sang pujaan hati adinda. Hahaha.”

“Kan seminggu kembali tersedia bazar dikampus siapa tau ketemu Dion, scruban aja tetap anda tiap malam.” “Bener, perlu tampil maksimal.” Tukas Lia mengiyakan. Beberapa hari telah lewat. Di hari sebelum saat acara, Lia tampil seperti panduan Andes, Andes kaget melihatnya. “Ada apa bersama bibir anda Lia? Kenapa amat merah ? Berapa kilo gula yang anda pakai  ? Ujar Andes menahan tawa. “Ini gigitan semut tiap malam tauu, perjuangan gara gara scrub fula pasir.” Jawab Lia.“Oh My Good”. Teriak Andes tertawa terpingkal-pingkal.

Contoh Cerpen Singkat Kehidupan Sehari-hari

Tak Konsisten

Suara alarm berdering begitu nyaring mengusik tidur nyenyak seorang Nathan. Dia enggan terhubung mata tetapi akhirnya terpaksa ia buka.

“Oh Tuhan!” Nathan kaget memandang jam ternyata sekarang telah pukul 7 pagi. Nathan langsung bergegas mandi dan tanpa sarapan ia berangkat kekantor. Sesampainya Nathan di kantor, Nathan telat ikuti pertemuan pagi ini gara-gara telah dimajukan lebih awal berasal dari umumnya bersama alasan Bapak Direktur tersedia keperluan diluar kota.

“Permisi, Pak. Saya Boleh masuk?” Tanya Nathan izin kepada papa direktur yang memimpin pertemuan.

”Silakan masuk, tetapi maaf proyekmu digantikan oleh saudara Arkan.”

“Kenapa pak? Saya hanya telat 15 menit.”

“Maaf saudara Nathan ini bukan kasus lama atau tidaknya anda terlambat, tetapi ini mengenai ke konsistenan anda didalam bekerja.” Jelas Bapak direktur  bersama tegas.

Langsung sekejap Nathan hanya mampu terdiam bersama wajah pucatnya. Setelah pertemuan ini selesai Nathan terjadi gontai pergi menuju meja kerja miliknya.

“Ada apa Nath? Kok telat.”

“Memang salah saya, aku semalam bergadang nonton bola, hingga melupakan project perlu yang amat menguntungkan bagi saya.”

“Oalah selayaknya anda perlu lebih kurangi hobimu.” Sambung Meri sedikit berikan nasihat.

Contoh Cerpen Singkat Pengalaman Pribadi

Akibat Tidak Disiplin

Roni seorang karyawan di salah satu PT swasta, ia juga karyawan yang pandai tetapi ia kurang tekun sering terlambat dan menyepelekan tugas yang dipercayakan kepadanya.

Suatu hari Roni ditugaskan mengerjakan proyek diluar kota, gara-gara dirumah ia tidak dulu mampu bangun kecuali tidak dibangun oleh ibunya, diluar kota ia tidak mampu bangun sendiri, perihal ini bukan hanya membuat ia telat bekerja tetapi juga kehilangan proyek punya nilai perusahaan daerah ia bekerja.

Keesokan harinya sehabis ia kembali ke ibu kota dan masuk kantor, ia dipanggil atasannya.

“Apa yang anda melaksanakan Roni kenapa anda tidak menghadiri pertemuan itu” bertanya atasan Roni.

“Saya tidak mampu bangun pagi kecuali tidak dibangunkan ibu aku pak” jujur Roni.

Baca Juga :  √ Teks Prosedur  :  Pengertian,  Tujuan , Struktur  , Ciri, Kaidah Kebahasaan, Macam dan Contohnya

“Saya kecewa anda menyepelkan tugas berasal dari aku dan merusak kepercayaan saya, kesalahanmu fatal tetapi gara-gara anda telah banyak membantu perusahaan saya, aku tidak dapat memecat anda tetapi maaf anda perlu turun jabatan” tegas atasan Roni

“Baik pak” balas Roni membantah pun percuma ini salahnya.

Dari sana Roni bertekad untuk mampu hidup lebih tekun kembali berasal dari sebelumnya.

Contoh Cerpen Singkat Cinta

Jual Mahal

“Repan, tadi tersedia Anisa nanyain kamu, si Anisa anaknya bos kayu itu.” Sambung Dodi terhadap Repan agak ngejek. Repan hanya diam enggan menanggapi celotelahan Dodi yang menurutnya tidak penting.

“Ada apa denganmu Repan? Kamu nampak seperti orang tengah gudah gulana.”

“Coba anda baca, anda mengetahui puisi ini?” Sambil menyodorkan naskah puisi yang dapat dimusikalisasi minggu depan.

“Ini karya Anisa ya? Jutek jutek boleh juga, Kamu masih memikirkannya?”

Repan hanya mengangguk.

Tanpa di kata kasih tetaplah kasih, Irismu indah, aku pengagumnya

Aku selalu kagum bersama pandangmu Namun pandangmu malam tadi membuatku pilu. Pandang mu tak kembali indah, apa ini pertanda? Kasihmu untukku telah kau hilangkan? Aku enggan anda pergi. Aku sering inginkan menyerah, tetapi irismu menjelaskan jangan, Namun bersama irismu semalam aku mengetahui akau menyimpulkan irismu tak kembali untuk ku. Akan susah tetapi aku ikhlas, Berbahagialah sayangku.

“Aku percaya ini adalah pesan darI Anisa untukku. Aku percaya dia tahu, bersama lirik ini dia memintaku mundur?” bertanya Repan terhadap Dodi yang membaca naskah itu. “Entahlah, aku bingung kenapa anda jatuh kepada si jutek itu.” “Dia itu berbeda. Dia itu unik, dia tidak puas mengumbar rasa. Aku heran aku dulu dikecewakannya kenapa aku masih bertahan?” Jelas Repan. “Kalian hanya butuh hilangkan egois.” Sahut Dodi. Setelah sebagian hari tertanggulangi Repan tak tahan ia inginkan berkata bersama Anisa. “Ada apa Repan?” Tanya Anisa singkat. “Em, em, aku inginkan berkata bersama kamu” Sambung Repan grogi .“Maaf, Pan, aku tersedia ujian 5 menit lagi. Besok saja ya?”

Sambung Anisa meninggalkan Repan sendiri. “Aku amat mencintaimu Anisa.” Teriak Repan. Anisa hanya memberhentikan langkahnya tidak menoleh, dan tidak menjawab seterusnya ia kembali melangkah. Menurut Repan itu jawaban Anisa tidak kembali punya rasa yang sama. Orang tua Repan tersedia di kost  “Tadi tersedia seorang perempuan yang menitipkan surat nak, dia nampak anak baik, sepertinya penting.” Kata ayahnya.

Repan mendengarkan kata-kata berasal dari ayahnya bersama pilu tak tersedia semangat. “Ya telah nanti Repan baca.” mengetahui Repan sesudah itu meninggalkan ruangan keluarga mini itu. “Namanya Anisa.” Sahut ibunya. Mendengar nama itu hatinnya langsung bergejolak, puas sekali rasanya, Cepat Repan inginkan membaca suratnya.“Benar itu, Bu?”. “Iya benar Repan.”Dibaca surat itu ternyata Anisa memintanya menemui kedua orang tuanya kecuali Repan serius, Repan tersenyum bahagia.

Contoh Cerpen Singkat Islami

Mari Bersedekah

“Bu, Hari ini hanya ini yang mampu papa kasih bu, barang dagangan sedikit lakunya.” Memberikan uang membeli kebutuhan tempat tinggal tangga kepada istrinya.

“Iya pak, setidaknya papa telah berusaha, hari ini cukup rezeki berasal dari Allah untuk kami makan.”

Baca Juga :  √ Kata Baku Dan Tidak Baku : Pengertian, Ciri, Contoh, Kalimatnya, Artinya Lengkap

Besoknya sang suami berangkat kembali kepasar untuk berjualan, di tengah jalur suami ini bersua nenek yang tengah kebingungan.

“Ada apa nek, apa tersedia yang mampu aku bantu?” Tanya pak Bejo.“Nak, tolong, boleh aku minta uang anda aku tidak tersedia biaya untuk pulang.” Pinta nenek.

“Uang mepet, makan susah, tetapi tidak apa kasian nenek ini.” Gumam Pak Bejo didalam hati.

“Saya hanya punya ini nek, apa cukup untuk nenek pulang  ? mari sekalian aku antar keterminal” ujar Pak Bejo

“Terima kasih nak,  ini cukup. Semoga reZekimu selalu di lancarkan oleh yang maha kuasa.”

“Aamiin, Nek”.

Setalah mengantar nenek tadi, pak Bejo kembali berjualan, dan hari ini dagangannya banyak terjual.

“Alhamdulillah rezeki tak kemana, tuhan maha adil.” Syukur pak Bejo.

Contoh Cerpen Singkat Motivasi

Anak Bermalasan

Minggu adalah hari libur yang ditunggu kaum rebahan, malas beraktivitas. Ada yang hanya inginkan rebahan dirumah menghalau lelah sepanjang satu minggu beraktivitas dan tersedia pula yang merencanakan dapat berlibur. Banu memilih opsi pertama, Banu memilih bersantai rebahan dirumah, dan parahnya Banu aka selalu terasa kurang bersama liburnya.

“Banu bangun telah siang, nanti anda terlambat.” Tanya ibunya.

“Bu Banu masih capek, banu bolos sehari ya.” Banu memelas terhadap ibunya.

“ Jangan begitu, bayaran sekolahmu mahal jangan menyepelekan menuntut ilmu” Jawab ibunya menyanggah.

“Sehari saja bu, Banu tidur lagi.”

Melihat kelakuan Banu Ibunya geram, hingga ibunya mengajak Banu memandang anak keterbelakangan di suatu panti asuhan.

“Nah sekarang cobalah anda membuka mata kamu, mereka inginkan sekolah sepertimu, tetapi tidak tersedia orang tua yang dapat membiayai mereka bersekolah” Jelas ibunya, mereka masih di didalam mobil.

Dengan perihal itu Banu tersadar dan sudi berangkat sekolah meskipun terlambat. Diperjalanan menuju sekolah Banu memandang seorang anak yang pincang berseragam sekolah mirip bersama nya, didalam hati Banu berkata, aku bersyukur masih punya fisik yang sempurna untuk mampu menuntut ilmu.

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan

Temen Baik Rupa Baik Hati

“Non, tersedia non Sinta di depan berasal dari tadi nyariin non Rara, monggo temuin dulu.” Sahut bi Inah terhadap nonya kecilnya yang tengah bermain handphone dikasur.

“Bi, tolong bilangin rara kembali gak dirumah.” Pinta Rara terhadap asisten tempat tinggal tangga dirumahnya.

“Iya,  Baik kecuali begitu Non.”

“Kenapa anda kaya gitu mirip Sinta? Ujar Mama Rara, “Gaklah mah dia itu baik luarnya doang” mengetahui Rara terhadap mamanya.“Iya berasal dari luarnya sebenarnya baik, manis tetapi kecuali dalemnya pahit buat apa temenan ma” malah Rara.

“Pahit gimana?”

“Kejelekan orang terhadap diomongin, kemungkinan dibelakang rara dia juga ngomongin Rara ma. Beda mirip Sinta makanya Rara puas temenan mirip Sinta ma”

“Ya telah kecuali menurut anda itu yang terbaik, mama juga menilai Sinta itu anak yang baik” bales mama Rara.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Cerpen semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.