Cara Berkembang Biak Wortel

Posted on

Cara Berkembang Biak Wortel – Wotel siapa yang tidak mengenal sayuran yang satu ini? Rupanya semua orang mengenal sayuran berwarna orange yang kaya akan zat nutrisi terbaik untuk tubuh ini. Zat gizi yang paling terkenal terdapat pada wortel ialah Vitamin A. Namun pastinya vitamin A bukan satu-satunya zat gizi yang dimiliki oleh wortel, melainkan masih ada banyak lagi lainnya.

Nah wortel bisa kita temukan dengan mudah dan bahkan kita konsumsi setiap hari asalnya dari mana? Tentu asalnya ialah karena wortel berkembangbiak. Wortel dibudidayakan untuk kemudian berkembangbiak menjadi banyak sampai dengan kita dapat menikmati dengan mudah kapan saja, nah agar lebih dapat memahami mengenai bagaimana cara berkembangbiak wortel simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Siklus Hidup Wortel

Wortel ialah tumbuhan dua tahunan artinya tanaman ini punya siklus hidup yang memerlukan waktu dua tahun dari benih kemudian tumbuh sampai dengan mati. Satu tahun pertama pertumbuhannya wortel mulai dari benih berkembang menjadi tanaman wortel dewasa.

Hal tersebut pasca paruh pertama siklus hidup wortel umumnya dipanen. Dan sedangkan pada paruh kedua siklus hidup wortel berupa saat berbunga serta berlangsungnya proses reproduksi.

Cara Berkembang Biak Wortel

Setiap tanaman memiliki cara perkembangbiakan tersendiri agar dapat melanjutkan keturunannya. Wortel pada dasarnya berkembangbiak dengan dua cara yakni secara vegetatif dengan menumbuhkan umbi akarnya dan secara generatif dengan menghasilkan bunga yang kemudian akan menjadi biji.

Dan biasanya bunga baru akan muncul ketika memasuki musim penghujan dan pada saat wortel ditanam di daerah yang memiliki kondisi lingkungan yang dingin. Pada saat tanaman ini ditanam di daerah yang panas seperti Jakarta misalnya wortel tidak mampu melakukan perkembangbiakan secara generative, kemungkinan besar ada sebuah gen untuk bereproduksi yang hanya akan aktif jika kondisi lingkungan sesuai.

Baca Juga :  Sistem Pencernaan Pada Manusia : Pengertian, Fungsi, Struktur, Jenis, Proses, Gangguan Dan Gambarnya

Cara Berkembang Biak Wortel Secara Generatif

Di negara-negara beriklim subtropics, saat musim dingin wortel akan berbunga. Bunganya ini berwarna putih berukuran kecil dan tumbuh secara majemuk. Jika telah terjadi penyerbukan, masing-masing bunga ini akan tumbuh menjadi dua biji.

Biji yang dihasilkan ini kemudian akan tersebar sehingga dapat menjadi tanaman baru. Wortel bukanlah tanaman yang takut akan musim dingin yang bersalju, saat suhu udara menjadi membeku tanaman wortel akan layu dan mati.

Suhu beku ini tidak merugikan tanaman ini karena itu merupakan sebuah siklus alami yang terjadi pada tanaman wortel ditanam di daerah subtropis.

Pada saat ini cadangan gula yang tersimpan didalam umbi akar wortel akan membuat tanaman ini dapat bertahan hidup di musim dingin. Biji yang telah tersebar ditanah juga memiliki ketahanan mengalami musim dingin yang membeku.

Pada saat musim dingin ini, biji tersebut akan mengalami masa dorman, baru ketika musim dingin berakhir dan memasuki musim semi maka biji akan tumbuh menjadi tunas yang kemudian tumbuh menjadi individu baru.

Di Indonesia yang hanya mengalami 2 musim saja, tanaman wortel tidak perlu mengalami fase dormansi selama musim dingin. Hanya saja suhu di negara tropis, khususnya di daerah dataran rendah yang panas membuat hormone reproduksinya tidak dapat aktif.

Sehingga tanaman ini tidak dapat menghasilkan bunga, bunga hanya muncul pada tanaman wortel yang ditanam di daerah tropis. Ketika tanaman ditanam di daerah dataran tinggi yang dingin, kaliurang misalnya.

Cara Berkembang Biak Wortel Secara Vegetatif

Seperti yang kita ketahui bersama perkembangbiakkan vegetatif wortel dilakukan dengan memanfaatkan umbi akar yang dimilikinya. Umbi akar pada wortel merupakan simpanan cadangan makanan di umbi akar ini terdapat tunas.

Baca Juga :  Daur Hidup Fasciola Hepatica (Cacing Hati) : Pengertian, Bentuk, Ukuran, Sifat Dan Gambarnya

Sebenarnya umbi akar ini fungsinya lebih kepada sebuah cara pertahanan diri wortel menghadapi musim dingin ketimbang digunakan untuk perkembangbiakan secara vegetatif. Hal itu dikarenakan dalam satu umbi akar, secara alaminya hanya akan menghasilkan tanaman saja. Tunas di umbi akar hanya akan tumbuh menjadi sebuah tanaman baru ketika tanaman induknya telah layu.

Akan tetapi dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan yang dimiliki manusia umbi akar dapat dibuat untuk memperbanyak tanaman ini. Di dalam umbi akar wortel terdapat banyak tunas, masing-masing tunas dapat tumbuh menjadi sebuah individu baru.

Oleh karena itu para pembudidaya tanaman ini akan memotong umbi akar wortel menjadi beberapa bagian yang masing-masing bagian memiliki lebih dari 1 tunas. Setiap bagian potongan umbi akar ini kemudian ditanam di dalam media tanam berupa tanah humus yang lembab. Setiap potongan umbi tadijika tidak ada halangan akan tumbuh menjadi sebuah individu baru.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Berkembang Biak Wortel semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.