Brosur Adalah : Pengertian, Sejarah, Jenis, Fungsi, Tujuan, Ciri, Manfaat Dan Contohnya

Posted on

Brosur Adalah – Brosur dalam hal ini bersifat umum karena disajikan untuk khalayak ramai untuk mengintepretasikan produk atau suatu layanan yang ingin disebarkan kekhalayak umum, pengertiannya brosur adalah bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid.

Selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat, tetapi lengkap (perusahaan atau organisasi). Belakangan ini seiring dengan perkembangan teknologi informasi, brosur juga disajikan dalam bentuk digital yang bisa di download oleh siapa saja yang memerlukannya.

Nah untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Apa itu Brosur ? yang dimana dalam hal ini meliputi Pengertian Brosur, Sejarah Brosur, Jenis Brosur, Fungsi Brosur, Tujuan Brosur, Ciri Brosur, Manfaat Brosur dan Contoh Brosur, untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Brosur

Brosur ialah sebuah alat untuk dapat mempromosikan barang, jasa dan lain sebagainya, yang dimana terbuat dari sebuah kertas yang ada di dalamnya akan memiliki sejumlah informasi serta penawaran tentang jasa ataupun produk tersebut.

Adapula pengertian yang lain mengenai brosur yakni ialah sebuah alat yang mempublikasi yang resmi dari sebuah perusahaan yang akan mempunyai bentuk cetakan, yang dapat memiliki berbagai informasi tentang sebuah produk, layanan, program atau yang lainnya dan ditujukan pada pasar sasaran atau juga sasaran tertentu yang lainnya.

Dimana cara penyampaiannya sendiri dengan dibagikan secara gratis kepada pelanggan ataupun masyarakat yang akan bertujuan untuk memperkenalkan dengan lebih jelas dan juga secara rinci tentang produk, layanan, program atau yang lainnya supaya dapat membantu dari upaya pemasaran ataupun juga marketing public relations dan ada beberapa fungsinya.

Sejarah Brosur

Dalam menjalankan suatu hubungan yang baik harus mendapatkan informasi yang baik dalam mengerjakan masalah brosur untuk menjalin suatu hubungan yang baik pada media untuk menjaga suatu informasi yang ada dalam jalinan yang baik agar dalam sejarah brosur tersebut harus mempunyai informasi dalam menjaga hubungan yang baik agar tidak ada suatu hubungan yang menjalin tidak baik dalam menjaga dan mempunyai informasi dalam mengerjakan brosur agar dalam menarik hubungan bisa dikategori media brosur dalam menjalankan suatu informasi yang lebih baik dari pada sejarah brosur yang memiliki media brosur dalam menjalankan suatu perkembangan informasi yang baik dalam menarik sejarah brosur.

Baca Juga :  Pengertian Wayang Orang

Maka dari itu dalam menjalankan informasi yang baik harus memiliki suatu bahasan harus menjaga hubungan baik yang barang atau jasa menjalankan hubungan yang baik agar tidak ada kesalahan dalam menjalankan informasi pada brosur agar dalam menjalin suatu informasi harus lebih baik dan tidak ada kesalahan dalam proses informasi media brosur.

Jenis-Jenis Brosur

Jenis-jenis brosur sesuai bentuknya:

Brosur

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, brosur dapat dibedakan jenis lainnya berdasarkan lipatannya. Bisa satu lipatan atau lebih.

Leaflet

Desain leaflet merupakan bentuk tradisional promosi dan periklanan. Dalam periklanan berikutnya meskipun media elektronik mendominasi, penggunaan leaflet sebagai media periklanan dianggap masih relevan seperti sebelumnya.

Alasannya desain tercetak masih diperlukan dalam keadaan tertentu misal ketika layar monitor computer tak dapat dihidupkan karena rusak atau tak ada listrik, disamping itu pada keadaan tertentu penggunaan alat elektronik menjadi tidak praktis dan tak dapat dibawa khalayak yang membutuhkan. Kalaupun bisa dibawa akan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Sebagai media promosi leaflet dapat dibuat sedemikian rupa sehingga kualitasnya setara dengan bentuk media marketing lain. Meskipun isinya murni dimaksudkan untuk tujuan komunikasi atau pesan promosi, leaflet dapat dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan dan menunjukkan citra perusahaan, produk atau yang lainnya.

Namun karena umumnya leaflet berukuran kecil, informasi yang disampaikan pun terbatas. Hanya mengandung pokok persoalan saja sehingga kurang mengandung kedalaman informasi. Dapat dikatakan leaflet hanya sebagai pendukung sarana penyampai informasi dan pesan dalam bentuk lain. Meskipun umumnya berukuran kecil namun dapat dikembangkan ke dalam ukuran kertas A4 hingga A1 bahkan billboard dan dapat menjadi dasar rancangan situs internet.

Booklet

Bila brosur terdiri dari selembar kertas dengan lipatan hingga lebih dari satu, maka booklet hanya mempunyai satu lipatan saja. Namun satu lipatan tersebut terdiri atas beberapa lembar kertas sehingga ketika digabungkan menyerupai buku tanpa jilid.

Booklet dapat menyajikan lebih banyak informasi disbanding leaflet karena secara fisik jumlah halaman lebih banyak. Biasanya booklet banyak digunakan untuk menyampaikan informasi perusahaan (company profile), menginformasikan produk yang dimiliki dan bahkan secara berkala menerbitkan booklet paling lambat sebulan sekali untuk menambahkan koleksi produk atau harga baru.

Dalam dunia marketing, booklet dapat memudahkan khalayak yang membutuhkan sesuatu tanpa harus datang ke toko tersebut. Bagi perusahaan, booklet dapat membantu petugas PR tanpa harus panjang lebar menerangkan seluk beluk perusahaan dalam menyampaikan informasi tentang perusahaan.

Baca Juga :  Entrepreneur : Pengertian Definisi Entrepreneur Beserta Kelebihan dan Kekuranganya

Poster

Secara harfiah, poster adalah surat tempelan. Maksudnya, brosur yang ditempelkan di suatu tempat yang dinilai strategis dan mudah dilihat khalayak. Dapat ditempelkan di dinding, pilar dan sebagainya. Ukurannya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan promosi.

Poster biasanya menyajikan informasi singkat tentang produk atau jasa. Disebut informasi singkat karena ruang yang terbatas. Tujuannya untuk menarik perhatian dan memancing rasa penasaran kahalayak.

Folder

Folder merupakan gabungan dari brosur, leaflet, dan booklet. Bentuknya sendiri mirip map, di mana pada bagian dalamnya terdapat kantung untuk menyimpan aneka berkas (lembaran-lembaran) seperti surat, leaflet hingga kartu nama yang berkaitan dengan informasi atau promosi yang ingin disampaikan pada khalayak. Folder berfungsi sebagai penyimpan berkas informasi atau promosi.

Sama halnya dengan booklet, folder juga dapat menyajikan lebih banyak informasi. Bedanya, isi booklet biasanya dalam bentuk lembaran-lembaran terpisah, berceceran (tak terikat satu sama lain) dan tak terjilid.

Fungsi Brosur

Sudah saya diberikan penjelasan tentang pengertian brosur, dan tentu saja masih belum cukup puas jika hanya penjelasan mengenai pengertiannya saja. Oleh sebab itu disini akan dijelaskan kembali mengenai fungsi dari brosur itu sendiri yang akan dijelaskan berikut ini yakni:

  • Sebagai media yang akan memberikan sebuah informasi kepada para konsumen yang juga berkaitan dengan perusahaan. Dimana informasi itu sendiri akan berkaitan dengan presentasi dari perusahaan, produk baru dari perusahaan ataupun juga layanan yang lain yang diberikan perusahaan tersebut yang ingin ditawarkan.
  • Sebagai alat iklan atau juga promosi, yang dapat menarik ataupun memungkinkan untuk dapat mempromosikan satu ataupun lebih dari produk dan juga jasa.
  • Desain dari sebuah brosur yang baik yang memungkinkan untuk dapat mempertahankan sebuah kriteria dari seluruh brosur dari perusahaan tersebut. Kriteria yang akan terkadang sering sekali disebut juga dengan konsep yang akan kemudian disatukan ke dalam seluruh jenis brosur, yang akan menjadikan perusahaan tersebut teridentifikasi dengan sangat mudah.

Tujuan Brosur

Sedangkan, tujuan brosur dalam bahasa Inggris, sebagai berikut.

  • Information
  • Promotion
  • To increase attractiveness for a product
  • As an identy for a product

Ciri-Ciri Brosur

Segala sesuatu tentu akan memiliki karakteristik maupun ciri-ciri tersendiri, begitu juga dengan brosur. Brosur juga akan memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan media-media promosi yang lainnya. Adapun ciri-ciri dari brosur antara lain yakni:

  • Umumnya memiliki pesan yang tunggal.
  • Tujuannya menginformasikan produk kepada masyarakat luas.
  • Hanya sekali diterbitkan.
  • Dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian publik.
  • Didistribusikan secara tersendiri (oleh perusahaan tersebut).
  • Desainnya menarik dan isinya jelas.
Baca Juga :  Aliran Seni Lukis

Manfaat Brosur

Pentingnya Brosur Untuk Promosi, Brosur adalah secarik kertas yang ada di dalamnya memuat tulisan (tulisan atau gambar) dan akan memiliki tujuan tertentu. Misalnya dalam dunia usaha brosur akan memuat hal-hal yang dapat mengajak agar pembaca tertarik atau membeli atas produk dan jasa yang di tawarkan dalam brosur.

Meskipun sekarang di era digital ada HP (sms), radio, televisi, internet, ataupun yang lain-lain, tapi brosur ini masih saja sangat penting baik bersifat pokok ataupun perlengkapan,terus kenapa?? Jawabannnya adalah yakni:

  • Promosi brosur bisa di mulai dengan cara yang paling sederhana dan paling murah.misalnya, tulis tangan, ketikan manual, print computer yang dapat di perbanyak dengan foto copy.
  • Brosur tidak membutuhkan alat tertentu untuk memperlihatkan isi dan tujuannya hanya butuh mata saja.
  • Brosur bisa memuat keterangan lebih lengkap sesuai selera, sedangkan media digital sering terbatas.
  • Brosur bisa di bawa dan langsung di berikan kepada siapa saja yang di tuju (lebih fokus terhadap segmen).
  • Brosur bisa di simpan dan di baca ulang jika sewaktu-waktu di butuhkan.
  • Brosur bisa di jadikan barang koleksi yang mengandung nilai edukasi tinggi.
  • Saat ini hampir setiap orang memiliki HP, kondisi ini sangat mendukung penyebaran brosur karena apabila tertarik dengan brosur yang di sebar akan segera merespon.

Contoh Brosur

Berikut ini akan saya tampilkan beberapa contoh brosur dari berbagai jenis produk yang akan sering ditawarkan dimasyarakat. Poin penting yang akan menjadi fokus perhatian dari contoh brosur dibawah ini adalah bagaimana si pembuat brosur menggunakan pilihan kata, tata warna, dan peletakan gambar.

Contoh Brosur Makanan

Brosur makanan biasanya akan memberikan informasi tentang menu makanan yang akan ditawarkan lengkap dengan gambar dan harga makanannya. Berikut ini contoh brosur makanan:

Contoh Brosur Bahasa Inggris

Brosur juga biasanya ditulis juga dalam bahasa Inggris, ataupun seluruh informasi yang diuraikan ditulis yang akan menggunakan bahasa Inggris. Berikut ini contoh brosur bahasa Inggris :

Demikianlah pembahasan mengenai Brosur Adalah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.