Plakat Adalah : Pengertian, Fungsi, Bahan, Jenis, Bentuk Dan Contohnya

Posted on

Plakat Adalah – Nah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai Plakat yang akan dijelaskan secara lengkap dan dapat mudah dipahami. Yang dimana mulai dari Pengertian Plakat, Fungsi Plakat, Bahan Plakat, Jenis Plakat, Bentuk Plakat dan Contoh Plakat. Nah berikut ini penjelasan selengkapnya.

Pengertian Plakat

Plakat merupakan suatu karya seni atau desain grafis yang terdiri atas komposisi dalam bentuk gambar serta huruf diatas kertas dengan ukuran yang besar.

Terdapat pula pengertian plakat lainnya yakni sejenis benda yang terbuat dari bahan pilihan dan biasanya sering digunakan sebagai souvenir atau hadiah yang diberikan untuk orang lain pada momen spesial.

Fungsi Plakat

Fungsi plakat diantaranya yakni seringkali digunakan sebagai ucapan selamat pernikahan, ucapan ulang tahun, ucapan terima kasih, ucapan penghargaan, trofi perlombaan serta trofi untuk wisuda, ucapan kerja sama.

Bahan Plakat

Dalam pembuatannya biasanya plakat terbuat dari akrilik, marmer, fiber glass, kaca atau dapat juga menggunakan kayu yang teksturnya ringan. Bahan juga akan berpengaruh terhadap hasil dari karya plakat, apabila semakin baguh bahan yang digunakan untuk plakat maka semakin bagus pula hasil yang akan di dapatkan.

Tentu pada saat membuat plakat perlu diperhatikan juga dalam proses designnya yang sesuai dengan acara atau momen yang akan dilakukan.

Jenis dan Bentuk Plakat

Untuk jenis dan bentuk plakat sangat banyak. Hal ini disebabkan agar setiap acara pastinya berbeda cara dalam pembuatan plakatnya. Dalam desain untuk acara pernikahan atau ulang tahun tentunya berbeda dengan desain ucapan penghargaan. Desain plakat dalam setiap acara pasti berbeda, pelanggan sangat menginginkan desain yang unik untuk keperluan yang tentunya akan berbeda pula.

Baca Juga :  Pengertian Poster : Tujuan, Jenis, Fungsi, Ciri, Syarat Dan Contohnya

Sesuai dengan pengertiannya plakat terdiri atas komposisi gambar dan huruf serta bahan yang digunakan maka bentuk plakat disetiap momennya pasti berbeda. Sebab plakat sendiri menggabungkan antara momen dengan karya seni sehingga hal ini harus serasi. Contohnya dalam suatu acara pernikahan atau ulang tahun bentuknya akan lebih menonjolkan tentang keindahan, romantisme dan pada umumnya dilambangkan dengan bentuk hati.

Sedangkan untuk acara seperti ucapan selamat dan penghargaan yang lebih menonjolkan dari sisi sportifitas, tanggung jawab yang disesuaikan dengan acara yang akan dilakukan. Seperti plakat yang berbentuk bola untuk acara olahraga, bentuk raket atau kok untuk acara pertandingan bulu tangkis dan lain masih banyak lagi.

Pada umumnya untuk acara ucapakan selamat, kenang-kenangan atau ulang tahun akan lebih menggunakan jenis bahan aklirik atau fiber glass. sedangkan untuk acara pernikahan serta penghargaan biasanya menggunakan jenis dan bahan yang terbuat dari marmer ataupun kaca.

Untuk setiap jenis bahan yang digunakan dalam tingkat pembuatan dan bentuknya juga pasti berbeda-beda. Hal ini juga dapat mempengaruhi terhadap harga yang dipatok oleh produsen dalam pembuat plakat. Dan bentuk yang unik serta design yang indah juga akan mempengaruhi tingkatan nilai jual plakat.

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering menemukan jenis plakat wisuda, penghargaan dan juga pernikahan. Sebab 3 jenis plakat tersebut sangat identik dengan acara-acara yang paling sering dilakukan oleh masyarakat pada umumnya.

Biasanya untuk bentuk plakat wisuda berbentuk toga atau segi lima. Biasanya dalam pembuatan plakat bahan yang paling sering digunakan yaitu kayu, fiber glass, kristal yang mana sesuai dengan pemesanannya.

Sedangkan untuk pembuatan plakat pernikahan, dan penghargaan biasanya menggunakan bahan yang terbuat dari marmer, gold, kristal dapat juga menggunakan bahan kuningan dan kayu.

Baca Juga :  Paragraf Klasifikasi

Contoh Plakat

Banyak sekali contoh plakat yang bisa anda lihat salah satunya seperti pada gambar dibawah ini.

Harga Plakat

Plakat adalah karya suatu tipografi yang biasanya berisi ucapan selamat karena telah menyelesaikan, melamar, atau sebagai kenang-kenangan dari suatu peristiwa. Tahukah Anda bahwa plakat terbuat dari bahan yang berbeda?

Bahan yang dapat digunakan untuk membuat panel adalah akrilik, marmer, fiberglass, kaca atau kayu. Bahan yang digunakan berbeda, sehingga harga plakat juga berbeda. Untuk membuat plakat lebih bermakna bagi penerimanya, ada baiknya untuk mendesain piring yang menarik dan elegan dengan mempertimbangkan bahwa tanda tersebut biasanya disimpan sebagai pajangan.

Anda dapat membuat karakter dengan pemotongan dan pengukiran laser sebagai kenangan. Lembaran pasokan potong laser atau lembaran akrilik atau logam. Ada ukuran A5 atau A4 yang harganya mulai dari Rp. 250.000.

Pesan plakat secara online agar lebih cepat dan praktis. Cukup dengan mendaftar akun dengan mengisi informasi atau identitas selengkap mungkin. Selanjutnya, pilih tag produk, unggah file ketika Anda memiliki pola karakter yang Anda pilih, lalu pesan.

Templat khusus memungkinkan Anda mengubah ukuran, warna, dan font karakter yang ingin Anda cetak. Setelah check out dan membayar, pesanan langsung dilakukan. Pesanan diproses dalam waktu maksimal 3 hari kemudian langsung dikirim ke alamat tujuan.

Teknik Melukis Plakat

Adapun teknik melukis plakat diantaranya yaitu:

Teknik Seni Cat Minyak

Seni lukis cat minyak adalah proses pengecatan yang menggunakan pigmen yang diasosiasikan dengan media pengering minyak. Minyak pengering biasa digunakan sebagai minyak biji rami, minyak kenari dan minyak biji poppy.

Seorang seniman dapat menggunakan teknik minyak yang berbeda dalam lukisan tergantung pada efek yang diinginkan. Secara umum teknik melukis cat minyak ini terbagi menjadi tiga teknik, yaitu:

  • Teknik Basah
    Teknik basah adalah teknik melukis di mana cat minyak diencerkan dengan minyak biji rami atau cat minyak. Setelah cat diencerkan hingga ketebalan tertentu, kemudian poles pada permukaan kanvas. Kuas yang digunakan dalam teknik ini adalah sikat berbulu panjang.
  • Teknik Kering
    Berbeda dengan teknik basah, teknik kering berarti melukis tanpa minyak biji rami atau minyak untuk melukis. Kuas yang digunakan dalam teknik ini harus kering dan tidak berminyak. Untuk teknik ini disarankan menggunakan warna yang baru keluar dari tabung. Teknik pengeringan cocok untuk lukisan dengan kesan volume dan ruang seperti naturalisme, realisme dan surisme.
  • Teknik Campuran
    Teknik ini merupakan kombinasi dari teknologi kering dan basah. Dengan teknik campuran kita bisa menutupi kekurangan teknik basah dan kering. Dengan teknik ini, pertama teknik pengeringan dan kemudian teknik basah digunakan. Cat diblokir dan intensitas cat minyak ditambahkan secara perlahan sampai fase pengecatan akhir tercapai.
Baca Juga :  Ide Pokok Adalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Cara Menentukan Dan Contohnya

Teknik Seni Aquarel

Teknik seni Aqurel adalah suatu teknik melukis yang menggunakan cat air dengan pengaplikasian cat yang halus sehingga warna yang dihasilkan terarsir secara transparan. Untuk sapuan ringan dan ringan, yang terbaik adalah menggunakan cat yang sedikit cair.

Teknik Seni Spray

Teknik seni spay atau semprot adalah salah satu teknik gambar dengan menyemprotkan cat ke media lukisan. Tujuan dari teknik ini adalah untuk menciptakan gambar yang lebih halus dan lebih visual. Contoh lukisan dengan teknik semprot ini adalah grafiti yang sering terlihat di dinding jalanan.

Teknik Seni Pointilis

Seni pointillism atau titik adalah salah satu cara dalam melukis untuk membuat gambar yang cerah atau mencampur warna dengan membuat titik-titik untuk membuat lukisan yang menarik.

Demikianlah pembahasan mengenai Plakat Adalah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.