√ Branding :  Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

Posted on

√ Branding :  Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

Branding – Globalisasi membawa pengaruh pada semua aspek kehidupan tidak terkecuali juga dalam bidang bisnis . Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Branding yang meliputi pengertian , Unsur , Jenis , Tujuan dan Manfaatnya , yang harus anda ketahui . Langsung saja simak ulasan berikut ini secara seksama.

Branding adalah salah satu hal penting yang harus di bangun oleh sebuah bisnis di era globalisasi. Hilangnya batasan dapat  membuat persaingan usaha juga semakin ketat. Lihat saja, perusahaan atau bisnis yang berasal dari luar negeri mampu berdiri di Indonesia. Bahkan tidak hanya satu  atau dua saja jumlahnya namun  banyak. Karenanya sebagai pelaku usaha  harus mempunyai  serta  membangun brand dari usaha bisnisnya . Sebuah brand yang kuat dapat dengan mudah di kenal oleh konsumennya sehingga banyaknya pesaing tidak akan berpengaruh apabila  brand tersebut  sudah kuat.

Pengertian Branding

Menurut Kotler ( 2009 ), branding adalah  nama, istilah, tanda, simbol, rancangan ataupun  kombinasi dari semuanya yang di maksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan  maksud untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing. Lambat laun definisi branding semakin berkembang hingga saat ini branding di definisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh  perusahaan dalam rangka proses membangun dan juga  membesarkan brand. Bagi perusahaan branding, bukan hanya sekedar merek ataupun  produk   yang dikenal namun  juga sebagai image perusahaan secara keseluruhan atau bagaimana masyarakat merasa bahwa perusahaan tersebut  merupakan yang terbaik.

Baca Juga :  √ Manajemen Operasional: Pengertian, Fungsi, dan Ruang Lingkup

Unsur – Unsur Branding

  • Nama merek
  • Logo, yang meliputi tipe logo, monogram, bendera, dan yang
  • Tampilan visual, seperti desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan yang lain – lain.
  • Juru bicara, seperti co – founder, maskot, tokoh perusahaan
  • Suara, seperti ikon bunyi, nada, lagu
  • Kata – kata, yang meliputi slogan, tagline, jingle, dan yang  lain – lain.

Jenis – Jenis Branding

Berikut ini adalah penjelasan dari jenis – jenis branding :

Product Branding

Yaitu  jenis branding yang paling umum. Hal ini karena produk atau merek yang berhasil merupakan  produk yang mampu mendorong konsumen untuk memilih produk miliknya di atas produk kompetitor.

Personal Branding

Adalah  alat pemasaran yang paling populer di kalangan public figure seperti artis, musisi, politisi, dan yang  lainnya sehingga mereka mempunyai  pandangan tersendiri di mata masyarakat.

Corporate Branding

Semua aspek di  perusahaan mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan hingga  kontribusi karyawan dimata masyarakat. Corporate branding sangat penting untuk menngembangkan reputasi perusahaan di pasar.

Geographic Branding

Mempunyai tujuan untuk mengenalkan produk atau jasa pada saat  suatu nama lokasi disebutkan oleh seseorang. Jadi ketika  seseorang menyebut nama kota misalnya yogyakarta maka orang dapat langsung mengingat gudeg atau bakpia.

Cultural Branding

Yaitu mengembangkan reputasi mengenai  lingkungan dan juga  orang – orang dari lokasi atau kebangsaan tertentu.

Fungsi dan Tujuan Branding

  • Sebagai pembeda, dimana perusahaan yang mempunyai brand yang kuat akan mudah di bedakan dengan kompetitor.
  • Promosi dan daya tarik, apabila anda mempunyai brand yang kuat maka promosi akan lebih mudah  untuk dilakukan.
  • Membangun citra, keyakinan, jaminan kualitas serta prestise , beberapa hal ini akan membuat bisnis anda menjadi mudah untuk
  • Pengendali pasar, brand yang kuat bisa mengendalikan pasar karena masyarakat sudah
Baca Juga :  Aktiva : Pengertian Aktiva Tetap, Karakteristik Dan Sifatnya

Sementara itu ,  tujuan dari branding sendiri adalah untuk membentuk persepsi masyarakat, membangun rasa percaya masyarakat kepada brand serta  membangun rasa cinta masyarakat kepada brand.

Manfaat Branding

  • Memberikan daya tarik bagi konsumen.
  • Memudahkan perusahaan untuk memperoleh  loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa.
  • Membuka peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi.
  • Peluang untuk anda sebagai pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk
  • Menjadikan pembeda atau ciri tertentu yang  dapat membedakan produk perusahaan dengan produk milik kompetitor.

Demikianlah ulasan mengenai √ Branding : Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya semoga mudah untuk di pahami dan berguna untuk kalian semua , terimakasih.