Branding – Globalisasi membawa pengaruh pada semua aspek kehidupan tidak terkecuali juga dalam bidang bisnis . Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Branding yang meliputi pengertian , Unsur , Jenis , Tujuan dan Manfaatnya , yang harus anda ketahui . Langsung saja simak ulasan berikut ini secara seksama.
Branding adalah salah satu hal penting yang harus di bangun oleh sebuah bisnis di era globalisasi. Hilangnya batasan dapat membuat persaingan usaha juga semakin ketat. Lihat saja, perusahaan atau bisnis yang berasal dari luar negeri mampu berdiri di Indonesia.
Bahkan tidak hanya satu atau dua saja jumlahnya namun banyak. Karenanya sebagai pelaku usaha harus mempunyai serta membangun brand dari usaha bisnisnya .
Sebuah brand yang kuat dapat dengan mudah di kenal oleh konsumennya sehingga banyaknya pesaing tidak akan berpengaruh apabila brand tersebut sudah kuat.
Pengertian Branding
Menurut Kotler ( 2009 ), branding adalah nama, istilah, tanda, simbol, rancangan ataupun kombinasi dari semuanya yang di maksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan maksud untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.
Lambat laun definisi branding semakin berkembang hingga saat ini branding di definisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan juga membesarkan brand.
Bagi perusahaan branding, bukan hanya sekedar merek ataupun produk yang dikenal namun juga sebagai image perusahaan secara keseluruhan atau bagaimana masyarakat merasa bahwa perusahaan tersebut merupakan yang terbaik.
Unsur – Unsur Branding
- Nama merek
- Logo, yang meliputi tipe logo, monogram, bendera, dan yang
- Tampilan visual, seperti desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan yang lain – lain.
- Juru bicara, seperti co – founder, maskot, tokoh perusahaan
- Suara, seperti ikon bunyi, nada, lagu
- Kata – kata, yang meliputi slogan, tagline, jingle, dan yang lain – lain.
Jenis – Jenis Branding
Berikut ini adalah penjelasan dari jenis – jenis branding :
Product Branding
Yaitu jenis branding yang paling umum. Hal ini karena produk atau merek yang berhasil merupakan produk yang mampu mendorong konsumen untuk memilih produk miliknya di atas produk kompetitor.
Personal Branding
Adalah alat pemasaran yang paling populer di kalangan public figure seperti artis, musisi, politisi, dan yang lainnya sehingga mereka mempunyai pandangan tersendiri di mata masyarakat.
Corporate Branding
Semua aspek di perusahaan mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan dimata masyarakat. Corporate branding sangat penting untuk menngembangkan reputasi perusahaan di pasar.
Geographic Branding
Mempunyai tujuan untuk mengenalkan produk atau jasa pada saat suatu nama lokasi disebutkan oleh seseorang. Jadi ketika seseorang menyebut nama kota misalnya yogyakarta maka orang dapat langsung mengingat gudeg atau bakpia.
Cultural Branding
Yaitu mengembangkan reputasi mengenai lingkungan dan juga orang – orang dari lokasi atau kebangsaan tertentu.
Fungsi Dan Tujuan Branding
- Sebagai pembeda, dimana perusahaan yang mempunyai brand yang kuat akan mudah di bedakan dengan kompetitor.
- Promosi dan daya tarik, apabila anda mempunyai brand yang kuat maka promosi akan lebih mudah untuk dilakukan.
- Membangun citra, keyakinan, jaminan kualitas serta prestise , beberapa hal ini akan membuat bisnis anda menjadi mudah untuk
- Pengendali pasar, brand yang kuat bisa mengendalikan pasar karena masyarakat sudah
Sementara itu , tujuan dari branding sendiri adalah untuk membentuk persepsi masyarakat, membangun rasa percaya masyarakat kepada brand serta membangun rasa cinta masyarakat kepada brand.
Manfaat Branding
- Memberikan daya tarik bagi konsumen.
- Memudahkan perusahaan untuk memperoleh loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa.
- Membuka peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi.
- Peluang untuk anda sebagai pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk
- Menjadikan pembeda atau ciri tertentu yang dapat membedakan produk perusahaan dengan produk milik kompetitor.
Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Branding semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terimakasih.