Karakteristik Perusahaan Manufaktur

Posted on

Karakteristik Perusahaan Manufaktur – Materi karakteristik perusahaan manufaktur ini akan membahasa karakteristik perusahaan manufaktur. Tujuan pengajaran dari materi karakteristik perusahaan manufaktur ialah agar para siswa dapat memahami karakteristik perusahaan manufaktur.

Pengertian Perusahaan Manufaktur

Nah dari perusahaan manufaktur sendiri ialah sebuah perusahaan yang kegiatannya mengolah dari bahan mentah yang selanjutnya menjadi barang jadi kemudian di jual ke konsumen.

Pada perusahaan jenis ini wajib mempunyai standar operational yang semua karyawannya harus mematuhinya.

Di tanah air sudah banyak sekali perusahaan manufaktur yang berdiri dalam mengolah bahan mentah pada sebuah industry, tentunya perusahaan manufaktur ini sangat berbeda dengan perusahaan jenis yang lainnya seperti perusahaan jasa ataupun perusahaan yang  kegiatannya mengelola produk yang sudah jadi.

Fungsi Perusahaan Manufaktur

Untuk fungsinya sendiri dapat dikatakan banyak sekali seperti misalnya memproduksi barang jadi dan lalu kemudian di jual ke konsumen. Jadi tanpa adanya perusahaan manufaktur maka tidak ada barang yang diperlukan.

Fungsi lain dari perusahaan manufaktur ialah sebagai pemasaran. Perusahaan manufaktur bukan hanya memproduksi tetap akan tetapi juga sebagai pemasaran produk yang dibuatnya tersebut, sehingga mampu memberikan keuntungan kepada perusahaan.

Fungsi lain dari perusahaan manufaktur ialah sebagai administrasi dan juga fungsi keuangan. Sebenarnya ada banyak sekali contoh dari perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia seperti perusahaan tekstil yang memproduksi kain.

Selanjutnya perusahaan garmen, alat rumah tangga, perusahaan otomotif, elektronik, kerajinan dan masih banyak yang lainnya.

Perusahaan manufaktur akan dapat menghasilkan keuntungan dari produk yang telah dibuatnya tersebut. Karena perusahaan jenis ini mampu memproduksi dari bahan mentah menjadi barang jadi, maka dibutuhkan proses yang lebih panjang di bandingkan dengan produk yang sudah jadi.

Baca Juga :  Rasio : Pengertian Dalam Kehidupan Sehari-hari Serta Dalam Ilmu Matematika - Dalam Ilmu Akuntansi

Karakteristik Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur (manufacturing firm) adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi kemudian menjual barang jadi tersebut. Kegiatan khusus dalam perusahaan manufaktur adalah pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Kegiatan ini sering disebut proses produksi. Kegiatan produksi, apabila digambarkan akan nampak seperti di bawah ini:

Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Bidang akuntansi yang menangani masalah produksi disebut akuntansi biaya (cost accounting). Tujuannya, menetapkan beban pokok produksi barang jadi. Bab ini akan membahas sesuai ruang lingkup yang telah disebutkan, yakni penetapan beban pokok produksi.

Titik berat pembahasan masih diletakkan pada pengenalan terhadap proses akuntansi dan laporan khusus untuk perusahaan manufaktur.

Gambar di atas menunjukkan karakteristik khusus perusahaan  manufaktur yang membedakannya dengan jenis perusahaan lain seperti perusahaan dagang atau perusahaan jasa. Perbedaan tersebut terletak pada persediaan-persediaannya, biaya pabrikasi (manufacturing costs), biaya produksi dan beban pokok produksinya.

Kita juga bisa memahami perbedaan dalam komponen perhitungan beban pokok penjualan pada sebuah perusahaan manufaktur dengan perusahaan dagang melalui penggambaran di bawah ini.

Komponen penambah dalam beban pokok penjualan untuk perusahaan dagang diperoleh dari pembelian barang dagangan yang ditambahkan ke persediaan barang dagangan yang telah dimiliki.

Pada perusahaan manufaktur, komponen penambah persediaan awal barang jadi diperoleh dari harga pokok pabrikasi/beban pokok produksi yang dibebankan selama proses mengubah bahan baku menjadi barang jadi berlangsung.

Setelah barang yang tersedia untuk dijual (baik pada perusahan dagang maupun pada perusahaan manufaktur) dikurangi dengan persediaan akhir, maka didapatlah beban pokok penjualan.

Contoh Perusahaan atau Industri Manufaktur

Adapun perusahaan atau industri manufaktur diantaranya yaitu:

  • Tekstil
    Tekstil adalah sebuah perusahaan bidang industri yang paling banyak beroperasi di Indonesia. Proses pembuatan menjadi barang jadi yaitu mengolah kapas menjadi benang lalu kemudian benang menjadi kain, sehingga hasil produk kain tersebut bisa diolah kembali menjadi pakaian dan yang
  • Garmen
    Apabila perusahaan tekstil memproses kapas menjadi kain maka untuk perusahaan garmen memproses kain menjadi produk yang  lainnya misalnya kain menjadi baju atau celana dan yang lain sebagainya.
  • Keperluan Rumah Tangga
    perusahaan jenis ini lebih fokus dalam menghasilkan produk untuk kebutuhan rumah tangga dan pastinya akan sangat banyak sekali jenisnya, beberapa contoh alat rumah tangga tersebut diantaranya seperti panci, sendok, garpu, piring, sabun dan yang lainnya. Beberapa industri yang lainnya yang memproduksi alat kebutuhan rumah tangga adalah mebel dimana hasil produksinya seperti Lemari, Meja, Kursi dan yang lainnya.
  • Otomotif
    Perusahaan otomotif dapat di katakan perusahaan yang menggunakan teknologi tingkat tinggi dimana hasil produksinya berupa sepeda motor, mobil, pesawat dan yang lain- lain.
  • Elektronik
    Tidak berbeda jauh dengan perusahaan otomotif, dimana Industri elektronik juga menggunakan teknologi tingkat tinggi. Beberapa hasil dari industri elektronik di antaranya yaitu televisi, kulkas, komputer, handphone dan yang  lain-lain.
  • Kerajinan
    produk dari hasil kerajinan terbuat dari berbagai macam bahan baku, sesuai dengan produk yang di hasilkannya nanti. Beberapa hasil kerajinan diantaranya seperti kain tenun, keramik, lukisan, pahatan kayu, hasil kerajinan dari rotan dan masih banyak lagi yang
Baca Juga :  Buku Besar : Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, Fungsi, Macam, Bentuk Dan Contoh

Demikianlah pembahasan mengenai Karakteristik Perusahaan Manufaktur semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.