Biogas : Pengertian , Kelebihan Dan Kekurangannya

Posted on

Biogas : Pengertian , Kelebihan Dan Kekurangannya

Biogas , Kelebihan dan Kekurangannya – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai pengertian biogas beserta dengan kelebihan dan juga kekurangannya , untuk lebih lengkapnya langsung saja simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah di pahami.

Pengertian Biogas

 Biogas adalah gas yang asalnya dari aktivitas  atau kegiatan anaerobik atau fermentasi bahan organik, termasuk kotoran hewan ternak sapi, limbah domestik, sampah biodegradable ataupun setiap limbah organik yang biodegradable di dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama pada biogas adalah metana dan juga  karbondioksida.

Pengertian lainnya dari biogas adalah yaitu campuran gas yang dihasilkan oleh bakteri, yang menghasilkan metan yang juga disebut dengan metanogenik. Hal  tersebut  terjadi pada material yang terurai dengan alami dalam kondisi anaerobik.

Biogas  adalah  gas yang dapat di hasilkan dari proses bahan organik oleh mikroorganisme dalam sebuah kondisi, tanpa bantuan oksigen. Biogas juga  adalah  campuran  yang berasal dari beberapa gas dengan komponen yang utama seperti gas metana, serta gas karbondioksida. Salah satu contoh biogas adalah kotoran yang berasal  dari ternak sapi yang digunakan  untuk membuat api dari gas metana, pemakaian biogas juga sebagai pembangkit listrik.

Kelebihan Biogas

  • Mampu mengurangi efek rumah kaca di karenakan biogas ramah lingkungan.
  • Dapat  menjadi sebuah metode untuk pengolahan limbah.
  • Proses pembakaran yang tidak mengeluarkan asap.
  • Dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil ( minyak bumi, batu bara dan juga gas alam ).

Kekurangan Biogas

  • Memerlukan biaya yang relatif cukup tinggi.
  • Tidak dapat  dikemas di dalam sebuah tabung.
  • Pada saat pengolahannya diperlukan  waktu yang relatif cukup lama.
Baca Juga  Fungsi Lidah : Pengertian, Bagian-Bagian Beserta Gambarnya

Demikianlah ulasan mengenai Biogas : Pengertian , Kelebihan Dan Kekurangannya yang telah di bahas pada artikel kali ini . Semoga mudah untuk di pahami dan juga dapat bermanfaat serta menambah wawasan pengetahuan untuk anda semua , sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya , jangan lupa juga simak artikel kami yang lainnya ya.