√ Antonio van Diemen ( 1636 – 1645 ), Wajib Dibaca

Posted on
Antonio van Diemen – Pada tahun sekitar 1616 ia pindah ke Amsterdam untuk mencari peruntungan dibidang perdagangan, tapi usahanya ini menemui kegagalan karena kebangkrutan setahun kemudian ia menjadi pegawai di VOC dan kemudian ia berlayar ke Batavia.
Antonio van Diemen ( 1636 – 1645 ), Wajib Dibaca

Antonio van Diemen ( 1636 – 1645 ), Wajib Dibaca

Lahir pada tahun, 1593 di Culemborg, Belanda
Meninggal pada tanggal, 19 April 1645, di Jakarta
Jabatan yang sebelumnya, Gubernur Jenderal Hindia Belanda ( 1636 – 1645 )
Pengunduran diri pada tahun 1645

Kehidupan awal van Diemen ialah putra dari seorang bernama :

  • Ayahnya Meeus Anthonisz van Diemen
  • Dan ibunya Christina Hoevenaar

Gubernur Jenderal Coen menemukannya sebagai pejabat yang sangat berkompeten dibidangnya, ia pernah memegang jabatan yakni sebagai Direktur Jenderal Perdagangan dan Anggota Dewan Hindia. Kemudian ia kembali ke Belanda pada tahun 1631 sebagai laksamana di kapal Deventer, pada tahun selanjutnya ia kembali lagi ke Batavia dan tak kurang dari 4 tahun lamanya ia pun kemudian yakni pada tanggal 1 januari 1636 ditunjuk menjadi Gubernur Jenderal.

Dalam masa kepemimpinannya ia mempunyai keinginan ( berkomitmen ) untuk memperluas kekuasan perusahaan dagang hindia timur dank arena perannya pula ia dapat mendirikan kekuasan Belanda di Ceylon melalui Trincomalee.

Van Diemen telah dikenang karena perannya terhadap eksplorasinya ke Australia, penjelajahan ini dimulai pada saat ia dipemerintahannya di Batavia yang sudah kurun berjalan 3 bulan. Yang tujuan pertamanya ia pergi kesana ialah untuk melakukan pemetaan garis pantai. Tapi usahanya ini mengalami kegagalan saat ketika salah dari seorang komandan Belanda telah terbunuh oleh penduduk asli dan seluruh armada kemudian diperintahkan agar untuk kembali. Dan pada November 1942 ia pun kembali untuk melakukan ekspedisinya mengeksplorasi pantai barat selatan dan timur Australia.

Baca Juga  Biografi Dan Profil Rizal Ramli : Ahli Ekonomi Indonesia

Namanya pun di jadikan sebagai :

  • Namanya menjadi nama lain pulau Tasmania, van Diemen Land
  • Teluk Van Diemen yang terletak dibagian utara Australia juga diambil namanya.
Antonio van Diemen oleh orang Belanda yang dibanggakan sebagai Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang terhebat kedua, jasa-jasanya antara lain :
  • Meredakan pemberontakan di Maluku ( 1636 -1638 )
  • Perang melawan orang Portugis di Sri Lanka dan Malaka ( 1638 )
  • Gencatan senjata di Banten, kemenangan di Sri Lanka ( 1639 )
  • Merebut Malaka ( 1641 )
  • Kemenangan di Sri Lanka dan Kamboja ( 1644 )
  • Molenvliet ialah kanal besar yang di bangun, untuk menghayutkan kayu bakar dan lain-lain dari daerah “ dekat hutan ” ( disekitar bekas gedung Harmoni ) ke kota. Penggaliannya mulai dari depan harmoni di berakhir di pos keamanan ( Bantenburg ) yang letaknya kira-kira di depan Glodok Building.
Demikian kisah singkat dari seorang Antonio van Diemen semoga bisa menambah wawasan anda, sekian dan terima kasih.