Lisosom : Pengertian dan Fungsinya Penjelasan Lengkap

Posted on

Lisosom : Pengertian dan Fungsinya Penjelasan Lengkap

Lisosom Dan fungsinya–pada artikel kali ini admin akan membahas sebuah materi yaitu mengenai lisosom yang mana akan meliputi pengertian dan juga fungsinya. Agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Hewan adalah jenis dari makhluk hidup yang jumlahnya sangat banyak dan juga tersebar di seluruh bagian yang ada di dunia .  terdapat hewan yang bentuknya besar akan tetapi ada juga hewan yang memiliki bentuk yang sangat kecil dengan ukuran yang mikroskopis.

Bagian dari tubuh hewan ini telah tersusun dengan baik dan juga dapat menjaga hewan agar dapat bertahan hidup .  di dalam tubuh hewan tersebut terdapat sel hewan yang membantu dalam melakukan tugas dari hewan itu sendiri. Dan dalam sel hewan tersebut terdapat lisosom Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Lisosom

Lisosom adalah organel yang terdapat di dalam sel hewan dengan bentuknya yang bulat dan juga dibatasi oleh sistem membran tunggal. Diameter dari lisosom sendiri pada umumnya itu berukuran lebih dari 1,5 mikro serta letaknya berada dekat dengan badan golgi. Di dalam badan golgi tersebut dipenuhi oleh protein yang digunakan dalam proses memproduksi lisosom. Proteolitik serta fosfatase merupakan enzim hidrolitik yang berasal dari lisosom.

Enzim tersebut dapat mencerna makanan yang datang dengan secara fagositosis posisi. Sedangkan untuk jumlah lisosom yang berada di dalam sel sekresi mempunyai jumlah lebih banyak Apabila dibandingkan dengan sel sekresi yang lainnya diantaranya yaitu adalah ginjal, leukosit, pankreas dan juga sel hati.

Di dalam sel juga terdapat banyak sekali sel darah putih Oleh sebab itu sel ini dapat menghasilkan zat kekebalan tubuh.  lisosom juga memiliki sifat autolisis dan autofagi serta dapat menghancurkan makanan dengan secara eksositosis.

Baca Juga  Kromosom : Struktur, Jenis, Bentuk Dan Jumlahnya

Fungsi Lisosom

Fungsi dari lisosom sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu lisosom primer serta lisosom sekunder. Lisosom primer merupakan jenis dari lisosom yang memiliki tugas yaitu untuk dapat memproduksi enzim yang belum aktif. Sedangkan fungsi dari lisosom primer yaitu untuk sebagai vakuola makanan.

Sekunder merupakan Instagram yang memiliki tugas di dalam proses pencernaan sel. Fungsi dari lisosom sekunder ini yaitu adalah sebagai autofagsom. Sedangkan untuk fungsi yang lainnya diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Agar dapat mencerna makanan yang dihasilkan dari proses fagositosis serta pinositosis.
  • Lisosom bisa menghancurkan suatu organel sel yang sudah rusak di dalam keadaan tertentu yang dinamakan dengan autolisis. Sedangkan kejadian yang berlangsung ini disebut dengan autofagi.
  • Mencerna makanannya berada di dalam tubuh pada saat sudah terjadi kekurangan makanan.
  • Bisa untuk menghancurkan benda yang berasal dari luar seperti Contohnya yaitu adalah dinding sel telur sperma yang dihancurkan dengan tujuan untuk memperoleh enzim untuk melakukan fertilisasi .
  • bisa menetralkan zat yang mempunyai sifat karsinogenik yaitu artinya sel kanker.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai lisosom dan fungsinya, yang telah dijelaskan secara lengkap. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna dalam menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda semua. Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat yang lainnya terima kasih.