Teks Ulasan: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur Kebahasaan, Jenis Beserta Contohnya

Posted on

Teks Ulasan – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ulasan dijelaskan bahwa ulasan adalah kupasan atau tafsiran atau komentar. Dengan demikian, dapat dimaknai bahwa teks ulasan adalah sebuah teks yang isinya memuat tulisan yang mengupas atau memberikan komentar berdasarkan pandangan seseorang terhadap suatu objek.

Teks ulasan dibuat dengan tujuan memberikan informasi, baik berupa penilaian, pertimbangan, hingga kritik terhadap suatu objek yang sedang diulas oleh penulis. Sifat dari teks ini cenderung subjektif karena berdasar pada penilaian pribadi penulis.

Dalam membuat suatu teks ulasan, seorang penulis hari memberikan alasannya dengan kritis. Hal ini bertujuan agar ulasan tersebut dapat memberikan kontribusi positif bagi objek yang diulas.

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai Teks Ulasan yang meliputi pengertian , tujuan , ciri , struktur kebahasaan yang dilengkapi dengan contoh . Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan  ataupun yang disebut dengan resensi  adalah  teks ulasan yang isinya terkait ulasan, penilaian atau review pada suatu karya film ataupun drama. Ketika  anda mengulas sebuah  film maupun drama, sebaiknya anda harus bersikap kritis  agar  dapat  berkontribusi untuk kemajuan drama ataupun film yang di ulas. Didalam teks ulasan  terdapat  tujuan, ciri-ciri struktur dan  yang lainnya.

Tujuan Teks Ulasan

  • Menunjukan sudut pandang atau keberpihakan penulis pada  suatu hal ataupun karya sementara.
  • Memberikan informasi kepada khalayak ramai terkait standar kelayakan dan juga  kepatutan suatu karya.
  • Untuk membantu para pembaca agar dapat mengetahui mengenai  gambaran  dan juga  kritikan  dari sebuah karya.
  • Untuk mengetahui kelebihan dan juga  kekurangan dari karya yang diresensi.
  • Memberikan informasi yang komprehensif terkait sebuah karya.
  • Untuk mengajak para pembacanya merenungkan, mendiskusikan serta memikirkan masalah yang hadir dalam sebuah karya.
  • Memberikan pertimbangan kepada pembaca masalah nilai kepantasan sebuah karya.
  • Memberikan kemudahan  bagi para pembacanya untuk mengidentifikasi hubungan antara karya satu dengan yang  lainnya yang mirip.
  • Untuk memberikan pertimbangan pembaca sebelum mereka memilih membeli ataupun  menikmati sebuah karya.

Ciri – Ciri Teks Ulasan

  • Struktur teks ulasan terdiri atas  orientasi, tafsiran, rangkuman dan juga
  • Didalamnya memuat informasi yang erdasarkan dengan pandangan ataupun  opini dari penulis mengenai sebuah karya atau produk.
  • Opini teks ulasan berdasarkan dengan fakta yang sudah di interpretasikan
  • Memiliki nama lain yaitu
Baca Juga :  Contoh Majas Sinestesia Dan Artinya

Struktur Teks Ulasan

Didalam  sebuah teks ulasan terdiri dari struktur yang harus ada. Struktur teks merupakan bagian yang membangun teks  supaya dapat menjadi teks yang utuh. Dibawah ini merupakan struktur teks ulasan :

  • Orientasi

Pada bagian orientasi, berisi  mengenai  pengenalan gambaran secara  umum suatu karya film maupun drama yang hendak di ulas. Gambaran secara umum tersebut menyiapkan latar belakang untuk pembaca tentang  apa yang ingin  diulas.

  • Tafsiran

Pada bagian tafsiran berisi mengenai  gambaran suatu karya baik itu film ataupun drama yang diu las. Contohnya bagian – bagian dari keunikan, hasil karya, keunggulan, kualitas ataupun yang  lainnya.

  • Evaluasi

Evaluasi yang berisi mengenai  pandangan pengulas  mengenai  hasil karya yang sudah  diulas. Hal ini dilakukan setelah  melakukan tafsiran yang mencukupi mengenai  hasil karya  tersebut . pada bagian ini penulis menyebutkan  bahwa bagian yang sangat bernilai ataupun kelebihan pada karya tersebut atau bagian yang masih kurang bernilai ataupun kekurangan pada karya yang di ulas.

  • Rangkuman

Dalam rangkuman berisi mengenai kesimpulan  dari suatu ulasan mengenai  sebuah karya baik karya film ataupun drama. Pada  bagian ini, memuat komentar penulis juga apakah karya tersebut sangat bernilai atau berkualitas ataupun justru tidak untuk ditonton.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

  • Didalam teks ulasan drama ataupun film berisi mengenai penonjolan unsur – unsur dari suatu karya seni yang ingin
  • Didalamnya mengandung kalimat opini atau persuasive.
  • Didalamnya juga mengandung konjungsi internal dan  konjungsi eksternal.
  • Menggunakan ungkapan perbandingan persamaan ataupun perbedaan.
  • Menggunakan kata kerja material  dan  kata kerja relasional.

Jenis – Jenis Teks Ulasan

Menurut isinya, teks ulasan ataupun resensi dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu  seperti  berikut ini:

  • Teks Ulasan Informatif

Teks ulasan atau resensi berisi mengenai  gambaran singkat, umum serta  padat sebuah karya. Resensi juga tidak menyampaikan semua isi karya tapi hanya memaparkan sebagian saja yang penting yang menekankan terhadap suatu kelebihan ataupun  kekuranag dari karya yang di hasilkan.

  • Teks Ulasan Deskriptif

Teks ulasan ataupun resensi pada jenis ini berisi mengenai suatu gambaran detail setiap bagian hasil karya. Umumnya di lakukan terhadap sebuah karya fiksi  untuk memperoleh  gambaran yang jelas terkait manfaat, selanjutnya pentingnya informasi  dan juga kekuatan argumentatif yang di gambarkan oleh penulis pada suatu karya.

  • Teks Ulasan Kritis
Baca Juga :  Teks Editorial: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya

Teks ulasan kritis berisi mengenai ulasan terperinci  dari sebuah karya sastra yang mengacu pada suatu metode ataupun pendekatan ilmu pengetahuan. Teks ulasan ini juga di buat secara objektif  dan  lebih kritis bukannya suatu pandangan si pembuat resensi saja. Contoh dari resensi  adalah melakukan resensi pada sebuah novel ataupun karya fiksi yang  lainnya dengan menggunakan  pendekatan feminis  dan sosiologi.

Contoh Teks Ulasan

Di bawah ini adalah  contoh teks ulasan ataupun resensi dari  sebuah film yaitu  “ Dibalik ’ 98 ” :

 Orientasi

Film  yang berjudul Di Balik ’ 98 adalah  film yang di produksi  oleh MNC Pictures dan menceritakan mengenai  suatu peristiwa kerusuhan  yang terjadi pada tahun 1998. Seluruh rakyat Indonesia tentunya mengetahui  masalah yang terjadi pada bulan Mei tahun 1998. Masa itu saat – saat krisis di tahta kepresidenan Soeharto maupun Orde Baru. Akan tetapi  pada film ini, menceritakan peristiwa  di balik panasnya kondisi politik, masih banyak sekali makna  yang dapat dipetik yang bernilai kemanusiaan didalamnya.

Tafsiran

Diceritakan, tokoh Diana yang di bintangi oleh ( Chelsea Islan ),  adalah seorang mahasiswi Trisakti yang  telah memutuskan untuk menjadi anggota demonstran. Pada masa kekuasaan Presiden Soeharto menurutnya harus segera di akhiri. Sehingga dirinya memutuskan untuk  menjadi anggota demonstran merupakan  pilihan  yang kurang tepat baginya. Karena dia ketika  ini sudah  tinggal bersama dengan kakaknya bernama Salma yang di bintangi oleh ( Ririn Ekawati ), yaitu  seorang pegawai di Istana Negara. Dengan Bagus, yaitu  Suami Salma yang dibintangi oleh ( Donny Alamsyah ), yang merupakan seorang Letnan Dua, dari Angkatan Darat.

Sejak krisis dimulai, Diana bergabung menjadi anggota gerakan gabungan semua mahasiswa Indonesia yang sudah  mendesak di turunkannya tahta presiden Soeharto. Hal ini merupakan  salah satu bentuk kegelisahan masyarakat Indonesia, dan klimaksnya juga terjadi  pada  tanggal 13 hingga 14 Mei, yang mana terdapat 4 orang mahasiswa  yang tertembak mati para aparat karena mencoba mengatasi kerusuhan 98.

Nah, di tengah situasi ini, presiden Soeharto justru memutuskan  untuk pergi menghadiri KTT G – 15 yang berada di Kairo. Sedangkan wakil presiden,  disaat  itu ( B.J. Habibie ) juga di kagetkan  dengan adanya peristiwa penembakan di Trisakti yang sudah  berakhir menjadi kerusuhan yang  besar.

Sehingga kemarahan tersebut tidak hanya di rasakan oleh  mahasiswa atau Diana. Akan tetapi  juga dirasakan Bagus, yaitu  kakak ipar Diana. Apalagi istrinya sedang hamil tua, akan tetapi Bagus tetap wajib menjalankan amanat atasan  untuk  menjaga keamanan dalam berbagai titik wilayah Jakarta. Sangat bimbang hati galau bercampur aduk hatinya,  disaat  menetahui jika istrinya tidak berada di Istana negara, dikarenakan  istrinya pergi mencari adiknya yang beberapa hari tidak ada informasi mengenai  keberadaanya  dan  tidak pernah pulang.

Baca Juga :  Teks Tantangan : Pengertian, Tujuan, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Cara Menyusun Dan Contohnya

Semuanya  bertambah rumit  ketika  Daniel yang dibintangi  ( Boy William ), yang merupakan pacar Diana,  adalah seorang keturunan Tionghoa, yang  harus merasakan kepedihan ketika  itu. Karena Ayah dan juga adiknya Diana sudah  menghilang pada saat  peristiwa kerusuhan tanggal 14 Mei. Apalagi Daniel juga nyaris terjebak sweeping masyarakat dalam penyaringan masyarakat Non Pribumi, ketika  itu sebagai puncak issue rasial yang ada di Indonesia.

Di  sisi lain, orang susah  dan juga  pengemis juga harus ikut merasakan dampak politik yang telah  terjadi, serta dampak buruknya untuk mereka.

 Evaluasi

Film rilisan  pada awal tahun 2015 di atas bukanlah film politik. Akan tetapi  hanya sebuah film drama keluarga, yang di selimuti dengan  latar belakang kerusuhan pada  bulan Mei tahun 1998. Dikarenakan ini termasuk karya film, maka memiliki  paradigma yang berbeda dengan peristiwa kerusuhan Mei ’ 98. Hanya sedikit menyisipkan cerita fiksi yaitu  berupa kisah antara Diana, Daniel, maupun yang lainnya sehingga membuat film tersebut lebih menarik.

Rangkuman

Sangat disarankan untuk menonton film ini  jika belum mengetahui bagaimana tragedi 98 dikarenakan dalam film ini akan di gambarkan  mengenai peristiwa tersebut. Film ini juga bercerita mengenai  masalah tersebut  hingga bisa selesai  serta pembicaraan empat mata presiden dengan wakil presiden  hingga pada  akhirnya Soeharto turun tahta.

Kesimpulan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ulasan dijelaskan bahwa ulasan adalah kupasan atau tafsiran atau komentar. Dengan demikian, dapat dimaknai bahwa teks ulasan adalah sebuah teks yang isinya memuat tulisan yang mengupas atau memberikan komentar berdasarkan pandangan seseorang terhadap suatu objek.

Teks ulasan dibuat dengan tujuan memberikan informasi, baik berupa penilaian, pertimbangan, hingga kritik terhadap suatu objek yang sedang diulas oleh penulis. Sifat dari teks ini cenderung subjektif karena berdasar pada penilaian pribadi penulis.

Dalam membuat suatu teks ulasan, seorang penulis hari memberikan alasannya dengan kritis. Hal ini bertujuan agar ulasan tersebut dapat memberikan kontribusi positif bagi objek yang diulas.

Demikianlah penjelasan mengenai Teks Ulasan semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.