Atmosfer : Penjelasan 5 Lapisan Atmosfer Bumi

Posted on

Atmosfer : Penjelasan 5 Lapisan Atmosfer Bumi

Lapisan Atmosfer Bumi –  Bumi, planet yang kita tempati ini  adalah planet yang paling spesial di antara planet – planet lainnya , karena bumi merupakan  hanya satu – satunya planet yang bisa  dihuni oleh makhluk hidup.  Bumi  dilindungi oleh 5 lapisan atmosfer yang mempunyai  karakteristik dan tugasnya masing – masing. Berikut ini adalah penjelasan mengenai 5 lapisan atmosfer bumi.

Troposfer ( Troposphere )

Troposfer adalah  lapisan atmosfer terdalam atau  yang paling dekat dengan bumi. Lapisan ini berjarak hingga 12 km dari bumi. Pada lapisan troposfer ini, udara masih terbilang stabil, tidak begitu panas dan juga tidak begitu dingin. Di lapisan troposfer pula terakumulasi berbagai gas yang diperlukan oleh  makhluk hidup seperti oksigen, karbondioksida, hidrogen, nitrogen dan yang lain lain.

Seperti halnya awan, petir, topan, dan angin kencang  serta yang lainnya . pesawat  pribadi dan jet komersial dapat  terbang pada ketinggian 42.000 kaki, 42.000 kaki  yang sama dengan 12 km dari bumi. artinya pesawatpun hanya mampu terbang di lapisan troposfer. Jika lebih dari itu, maka  keseimbangan akan hilang karena oksigen yang dipasok ke mesin pesawat akan sedikit dan mesin dapat  mengalami kerusakan.

Stratosfer ( Stratosphere )

Lapisan kedua adalah  lapisan stratosfer. Lapisan ini berada pada  ketinggian 12 km – 60 km. Pada lapisan stratosfer terdapat bahan sulfat, yaitu  yang memengaruhi terjadinya hujan. Selain itu stratosfer juga terbilang istimewa, karena terdapat lapisan ozon. Lapisan ozon ini berfungsi untuk menghalau sinar matahari yang tentunya apabila  tidak terdapat  lapisan ozon, maka  bumi akan terasa  sangat panas.

Baca Juga  √ Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Gambarnya

Mesosfer ( Mesosphere )

Lapisan ketiga atau yang paling tengah adalah mesosfer. Lapisan ini berada di ketinggian 60 km – 80 km. Perlu  diketahui, bahwa pada lapisan mesosfer  ini suhu udara semakin tidak stabil, setiap jarak 100 meter suhu udara akan turun hingga  0.4 °C, puncaknya adalah  dapat  mencapai -120°C. apabila ada meteor  yang jatuh dengan suhu yang panas sekalipun akan pecah berkeping – keping ketika  memasuki lapisan  ini.

Termosfer / Ionosfer ( Thermosphere )

Lapisan keempat adalah lapisan termosfer atau yang  biasa disebut juga ionosfer, lapisan ini berada di ketinggian  80 km – 375 km. pada  lapisan ini terjadi ionisasi yang di akibatkan oleh adanya  radiasi sinar matahari.

Eksosfer ( Exosphere )

Lapisan yang paling jauh dari permukaan bumi adalah  lapisan eksosfer, lapisan ini berada di ketinggian 500 km – 1000 km. Suhu udara pada lapisan ini dapat mencapai 2.200 °C, pada lapisan eksosfer kandungan gas utamanya adalah yaitu  hidrogen serta  pada lapisan ini udara sangat tipis. Menjadi pelindung bumi pada bagian terluar, lapisan eksosfer adalah  lapisan yang paling mengerikan, karena pada lapisan ini adalah tempat terjadinya kehancuran meteor dan juga  benda luar angkasa yang lainnya.

Itulah di atas penjelasan mengenai Atmosfer : Penjelasan 5 Lapisan Atmosfer Bumi semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya , simak terus materi dari  Teks.co.id terimakasih.