Lapisan Atmosfer Bumi

Posted on

Lapisan Atmosfer Bumi – Atmosfer merupakan selimut gas yang menyelimuti beberapa planet, termasuk bumi. Atmosfer terletak di ruang angkasa dan berada di lapisan terluar bumi.

Pengertian atmosfer adalah lapisan gas dengan ketebalan ribuan kilometer yang terdiri atas beberapa lapisan dan berfungsi melindungi bumi dari radiasi dan pecahan meteor.

Ketebalan atmosfer mencapai 1.000 kilometer dari permukaan bumi. Kandungannya terdiri dari beberapa gas, yaitu 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen, 0,9 persen argon, dan 0,03 persen karbondioksida. Sisanya uap air, krypton, neon, xinon, hidrogen, kalium, serta 0,7 persen ozon.

Manfaat Dan Fungsi Atmosfer

Atmosfer memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Melindungi bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet dan lapisan ozon. Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan di bumi.
  • Melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi bumi.
  • Atmosfer juga menjadi media cuaca yang bisa memengaruhi hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lainnya.
  • Memiliki kandungan berbagai macam gas yang diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan juga hewan untuk bernapas dan kebutuhan lainnya.

Fungsi atmosfer untuk mengatur proses penerimaan panas sinar matahari. Atmosfer melakukan penyerapan dan memantulkan panas yang dipancarkan matahari.

Sekitar 34 persen panas matahari kembali dipantulkan ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan permukaan bumi.

Sekitar 19 persen diserap oleh atmosfer dan awan, sisanya 47 persen mencapai permukaan bumi.

Bumi, planet yang kita tempati ini  adalah planet yang paling spesial di antara planet – planet lainnya , karena bumi merupakan  hanya satu – satunya planet yang bisa  dihuni oleh makhluk hidup. Bumi  dilindungi oleh 6 lapisan atmosfer yang mempunyai  karakteristik dan tugasnya masing – masing.

Baca Juga :  Penggunaan Lahan

Lapisan Atmosfer

Berikut ini adalah penjelasan mengenai 6 lapisan atmosfer bumi.

Troposfer ( Troposphere )

Troposfer adalah  lapisan atmosfer terdalam atau  yang paling dekat dengan bumi. Lapisan ini berjarak hingga 12 km dari bumi. Pada lapisan troposfer ini, udara masih terbilang stabil, tidak begitu panas dan juga tidak begitu dingin. Di lapisan troposfer pula terakumulasi berbagai gas yang diperlukan oleh  makhluk hidup seperti oksigen, karbondioksida, hidrogen, nitrogen dan yang lain lain.

Seperti halnya awan, petir, topan, dan angin kencang  serta yang lainnya . pesawat  pribadi dan jet komersial dapat  terbang pada ketinggian 42.000 kaki, 42.000 kaki  yang sama dengan 12 km dari bumi. artinya pesawatpun hanya mampu terbang di lapisan troposfer. Jika lebih dari itu, maka  keseimbangan akan hilang karena oksigen yang dipasok ke mesin pesawat akan sedikit dan mesin dapat  mengalami kerusakan.

Stratosfer ( Stratosphere )

Lapisan kedua adalah  lapisan stratosfer. Lapisan ini berada pada  ketinggian 12 km – 60 km. Pada lapisan stratosfer terdapat bahan sulfat, yaitu  yang memengaruhi terjadinya hujan. Selain itu stratosfer juga terbilang istimewa, karena terdapat lapisan ozon. Lapisan ozon ini berfungsi untuk menghalau sinar matahari yang tentunya apabila  tidak terdapat  lapisan ozon, maka  bumi akan terasa  sangat panas.

Mesosfer ( Mesosphere )

Lapisan ketiga atau yang paling tengah adalah mesosfer. Lapisan ini berada di ketinggian 60 km – 80 km. Perlu  diketahui, bahwa pada lapisan mesosfer  ini suhu udara semakin tidak stabil, setiap jarak 100 meter suhu udara akan turun hingga  0.4 °C, puncaknya adalah  dapat  mencapai -120°C. apabila ada meteor  yang jatuh dengan suhu yang panas sekalipun akan pecah berkeping – keping ketika  memasuki lapisan  ini.

Baca Juga :  √ Zona Waktu  Indonesia : Pembagian Zona Waktu di Indonesia , WIB , WITA, dan WIT

Thermosfer

Suhu di lapisan ini bisa mencapai 1.500 derajat celcius. Namun jika sampai berada di lapisan ini akan terasa dingin. Hal ini karena tidak ada molekul gas untuk menghantarkan panas ke tubuh kita.

Thermosfer menjadi lapisan atmosfer yang cukup tebal dengan ketebalan mencapai 513 kilometer. Di sini tempat satelit milik berbagai negara dan perusahaan terparkir.

Ionosfer

Ionosfer merupakan lapisan unik karena posisinya bertumpuk di mesosfer, thermosfer, dan eksosfer. Lapisan ini bergerak dan bergejolak, tergantung energi yang diserap dari matahari.

Namanya berasal dari ion, senyawa yang mengandung listrik. Ion dihasilkan oleh gas-gas yang ada di lapisan ini yang terpapar radiasi matahari.

Eksosfer ( Exosphere )

Lapisan yang paling jauh dari permukaan bumi adalah  lapisan eksosfer, lapisan ini berada di ketinggian 500 km – 1000 km. Suhu udara pada lapisan ini dapat mencapai 2.200 °C, pada lapisan eksosfer kandungan gas utamanya adalah yaitu  hidrogen serta  pada lapisan ini udara sangat tipis. Menjadi pelindung bumi pada bagian terluar, lapisan eksosfer adalah  lapisan yang paling mengerikan, karena pada lapisan ini adalah tempat terjadinya kehancuran meteor dan juga  benda luar angkasa yang lainnya.

Itulah di atas penjelasan mengenai Lapisan Atmosfer Bumi semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya , terimakasih.