√ Pengertian Ekskresi, Sekresi dan Defekasi

Posted on

√ Pengertian Ekskresi, Sekresi dan Defekasi

Pengertian Ekskresi, Sekresi dan Defekasi –  Pada artikel kali ini admin akan memberikan dan juga membahas sebuah materi mengenai Pengertian Ekskresi , Sekresi dan Juga Defekasi pada manusia dan juga hewan . Yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Perbedaan Ekskresi, Sekresi dan Defekasi

Istilah di atas adalah istilah yang  digunakan untuk menjelaskan mengenai salah satu proses pengeluaran zat yang berasal dari tubuh. Lantas lalu apakah  bedanya antara eksresi, sekresi dan defekasi, berikut penjelasannya .

Ekskresi

Eksresi adalah  salah satu proses pengeluaran yang mengeluarkan sisa metabolisme. Zat ini di serap serta  di angkut oleh darah  untuk selanjutnya  dikeluarkan bersama dengan urine, keringat ataupun  pernapasan.

Sekresi

Sekresi adalah suatu  proses pengeluaran zat yang dilakukan oleh  kelenjar yang masih digunakan oleh tubuh, zat yang di keluarkan biasanya berupa enzim hormon.

Defekasi

Defekasi adalah suatu  proses pengeluaran yang mengeluarkan sisa – sisa pencernaan atau zat yang tidak mengalami pencernaan. Zat ini biasanya berupa fese yang di keluarkan  dengan melalui anus.

Sistem Ekskresi pada manusia biasanya melibatkan alat – alat yaitu ginjal, kulit dan juga  paru – paru. Zat yang keluar dari alat organ manusia tersebut biasanya di keluarkan dengan  melalui proses metabolisme. Contohnya seperti Ginjal yang mengeluarkan urine, kulit yang mengeluarkan keringat, serta paru-paru yang mengeluarkan karbon dioksida dan juga  hati yang mengeluarkan zat empedu.

Mungkin banyak yang hanya mengetahui bahwa paru – paru sebagai alat pernapasan, namun  ternyata paru – paru juga mempunyai  fungsi sebagai alat ekskresi yang mengeluarkan zat sisa yang di keluarkan  dengan melalui proses metabolisme tubuh serta mengeluarkan zat sisa yang berupa karbon dioksida.

Baca Juga  Erosi : Pengertian Erosi dan Jenis - Jenis Erosi

Demikianlah yang dapat dijelaskan mengenai √ Pengertian Ekskresi, Sekresi dan Defekasi  mohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dan terimakasih atas kunjungannya .