Usaha Dagang : Pengertian, Konsep Opresainya Beserta Dengan Contoh Lengkap

Posted on

Usaha Dagang  – Terdapat begitu banyak jenis usaha yang dapat kita jalankan dari usaha jasa hingga pabrikasi.  Dan di antara kedunay juga dapat di te,ukkan jenis-jenis usaha yang lain yang mempunyai aspek dari kedua jenis usahanya , yaitu usaha dagang .  Lalu apakah yang dimaksud dengan usaha dagang itu sendiri ? pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi menghenai usaha dagang , yang meliputi pengertian usaha dagang serta bagaimana operasi dari usaha semacam ini yang akan dilengkapi dengan contoh.

Pengertian Usaha Dagang

Secara keilmuan usaha dagang adalah segala jenis rupa usaha dengan konsep dasar membeli pasokan barang persediaan serta menjualanya kembali tanpa adanya proses pengolahan yang lebih lanjut. Hal tersebut ,engandung arti, apa yang di beli adalah sama dengan apa yang di jual . sereta keuntungan dari usaha sepenuhnya berasal dari selisih harga yang telah di peroleh dari harga jual dan juga harga beli.

Tidak terdapat aktivitas tertentu yang mempunyai tujuan untuk menambah nialai ekonomis dari suatu barang. Adapun aspek lainnya yang dapat di anggap memberikan dampak tambahan terhadap nilai keuntungan lebih sebagai suatu upaya dalam meberikan kenyamanan , layanan serta kemudahan distribusi serta layanan kemudahan dalam hal pembayaran yang dapat memberikan hak bagi pemilik usaha dagang menambah harga jual.

Pengertian usaha dagang sendiri dapat terbagi dalam beberapa skala usaha . mulai dari skala distribusi, skala keagenan hingga skala enceran. Usaha dagang juga terbagi dalam beberapa jenis barang dagangan.

Detail Operasi Usaha Dagang

Adapun detail operasi usaha dagang diantaranya yaitu:

Baca Juga :  Pasar Uang : Pengertian, Fungsi, Ciri - Ciri Dan Instrumennya
  • Pembelian barang dagangan baik secara tunai ataupun kredit
    Pada kompleks ini perusahaan akan berhubungan atau berurusan dengan supplier , bagaimana menemukan suplai barang yang sesuai dengan kebutuhan, bagaimana menjalin kerjasama sehingga proses suplai akan berjalan dengan lancar  tanpa adanya kekosongan stok dalam gudang dengan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini juga pihak pembelian harus memperhatikan masalah mengenai sistem pembayaran yang paling menguntungkan bagi perusahaan.
  • Pengelolaan persediaan barang dagangan dalam gudang
    Urusan perdagangan di dalam usaha dagang konvensional menduduki posisi Yang penting . pada bagian gudang harus sangat memperhatikan bagaimana produk harus tetap dalam kondisi atau keadaan terbaiknya sampai pada jalur distribusi. Bagaimana juga prinsip kepraktisan dalam pergudangan berjalan dan tentu saja bagaimana kerugian ekonomi atas produk dalam gudang dapat di minimalisir. Hal ini artinya, gudang harus mengetahui bagaimana menyimpan produk dengan aman , memperhatikan maslah kadaluarsa , masalah perkembangan produk , dan mana tingkat penjualan produk dan yang lain sebagainya.
  • Pemasaran
    Pemasaran merupakan aspek yang tidak kalah penting dalam sebuah usaha dagang. P[emasaran untuk tiap jenis usaha dagang tentunya akan berbeda. Pemasaran pada usaha supermarket adalah bagaimana cara memikat pengunjung datang dan juga bagaimana cara memejang produk dengan semenarik mungkin , akan tetapi efektif bagi konsumen namun juga bisa mengundang konsumen untuk membeli produk dengan lebih konsumtif. Sedangkan pada usaha dagang agen penjualan busana anak di portal jual beli online tentunya akan terfokus pada bagaimana menginformasikan produk dengan lebih jelas , memberikan deskripsi dari produk secara verbal dan visual dengan sebaik mungkin sehingga dapat memberkan daya dorong bagi para konsumen untuk membelinya.
  • Pelayanan
    Sebagai usaha dagang , klita juga perlu melakukan langkah pelayanan guna meningkatkan keuntungan usaha. Pelayanan yang lebih akan memberikan kelelulasaan dalam menambah harga jual serta juga dapat meningkatkan nilai keuntungan . beberapa supermarket biasanya melayani jasa pengantaran barang untuk pembelian dengan nilai transaksi tertentu, atau bahkan juga ada yang memberikan undangan acara khusus bagi para pelanggan dengan keanggotaan khusus. Sedangkan untuk beberapa usaha dagang yang lain justru terdapat yang memeberikan keringanan pembayaran dengan sistem termin atau kredit untuk memberikan layanan serta kemudahan dalam hal pembayaran bagi konsumen. Di beberapa usaha dagang online juga memberikan layanan khusus seperti sistem Cash On Delivery atau COD untuk konsumen dalam kota atau gratis pengiriman setelah beberapa kali pembelian.
  • Arus Kas
    Arus kas secara umum dalam usaha dagang lebih cenderung sederhana dan pada usaha pproduksi atau pabrikasi. Hal tersebuit karena arus kas utama terdiri dari urusan pembelian barang serta penjualan barang. Uang masuk berasal dari penjualan dan uang keluar di tujukan untuk pembelian barang, pemasaran, pelayanan serta pergudangan.
Baca Juga :  48 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Contoh – Contoh Usaha Dagang

Adapun contoh-contoh usaha dagang diantaranya yaitu:

Usaha Dagang : Pengertian, Konsep Opresainya Beserta Dengan Contoh Lengkap

  • Usaha Online.
  • Usaha konveksi.
  • Usaha jasa design.
  • Usaha Kuliner ( Makanan Minuman ).
  • Usaha transportasi.
  • Usaha ekspedisi.
  • Usaha perhiasan.
  • Usaha percetakan.
  • Usaha salon kecantikan dan perawatan.
  • Usaha alat kesehatan , perkantoran dan yang lain lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Usaha Dagang semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya.