Tulang Baji : Pengertian, Bentuk, Letak, Ciri, Jumlah Dan Fungsinya

Posted on

Tulang Baji – Dalam hal ini tulang baji atau tulang sphenoid ialah tulang yang berada di tengah-tengah dasar tengkorak manusia yang memiliki bentuk anatomi seperti kupu-kupu dengan 3 pasang sayap.

Nama latin dari tulang baji ini ialah Os Sfenoidalis. Nah untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai materi Tulang Baji dimana mulai dari Pengertian Tulang Baji, Bentuk Tulang Baji, Letak Tulang Baji, Ciri Tulang Baji, Jumlah Tulang Baji dan Fungsi Tulang Baji pada manusia berikut ini.

Tulang Baji

Kepala ialah bagian yang sangat penting bagi manusia yang berperan dalam proses pengendalian seluruh aktifitas tubuh dimana kepala memiliki sistem yang mengatur keseluruhan syaraf dan respon pada tubuh yaitu bagian otak.

Otak yang tidak memiliki tulang dilindungi oleh tulang kepala yang mengelilinginya dan terbagi menjadi beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing serta memiliki hubungan antara satu dengan yang lain. Salah satu penyusun rangka kepala atau tengkorak kepala ialah tulang baji.

Tulang Baji atau tulang sfenoid ialah tulang yang berada di tengah-tengah dasar tengkorak manusia yang memiliki bentuk anatomi seperti kupu-kupu dengan 3 pasang sayap. Nama latin dari tulang baji ini ialah Os Sfenoidalis.

Tulang baji ini terletak diantara tulang pelipis dan tulang dahi manusia. Sebagai tulang anggota tulang tengkorak yang diketahui memiliki posisi tepat diantara tulang pelipis dan tulang dahi, maka ukuran tulang baji ini cukup kecil jika dibandingkan dengan tulang lain yang berada di sekitarnya.

Baca Juga :  Katabolisme : Pengertian Katabolisme Dan Tahapan Terjadinya

Ciri Ciri Tulang Baji

Ciri-ciri yang paling utama dari tulang baji ialah memiliki bentuk yang pipih atau gepeng berukuran kecil, tidak lebar atau tidak besar. Jumlah tulang baji di dalam tubuh manusia tepatnya di area tulang tengkorak hanya ada 1 buah dan letaknya secara anatomi agar cekung ke dalam karena berada diantara 2 tulang.

Fungsi Tulang Baji

Setelah kita mengetahui apa itu tulang baji dan letak serta penjelasan lainnya, berikut ini adalah beberapa fungsi dari tulang baji yakni diantaranya:

Sebagai Penguat Struktur Tulang di Sekitarnya

Tulang baji adalah anggota tulang penyusun tengkorak manusia yang memiliki kekuatan dan manfaat yang mandiri, posisinya yang berada di tengah tengah dan berbentuk cekung membuat tulang baji diperuntukan sebagai penguat dari struktur tulang di sekitarnya sebab ia bisa berperan sebagai penyangga yang mempertahankan tulang lain tetap seimbang pada posisinya.

Fungsi Yang Berkaitan Dengan Otak

Seperti kita ketahui, otak menjadi bagian penting dalam kepala manusia yang harus dilindungi dari berbagai sudut, sebab itu otak dikelilingi dengan tulang tengkorak yang kuat dan bisa mempertahankan keseimbangan otak tetap pada posisisnya. Dari sisi samping, otak mendapat perlindungan dari adanya tulang baji ini.

Bentuknya yang cekung ke dalam menjadikan tulang baji ini dekat dengan otak dan melindungi otak dari trauma atau benturan yang bisa terjadi karena gerak tubuh dari bawah, seperti ketika didorong atau terlempar, keberadaan otak baji penting sebagai pelindung otak dari gangguan demikian sehingga setiap titik sudut otak akan tetap aman.

Tulang Baji Adalah Bagian Spenoid

Tulang baji adalah bagia spenoid (menjadi pusat dasar dari kotak otak). Otak manusia tentu mempunyai bagian masing masing yang semuanya mengatur sistem syaraf dalam tubuh manusia, tulang baji menjadi tempat melekat sekaligus penyangga dan pelindung dari pusat dasar kotak otak itu sendiri.

Baca Juga :  Amoeba : Pengertian, Ciri, Klasifikasi, Beserta Contohnya

Demikianlah pembahasan mengenai Tulang Baji semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.