Otonomi Daerah : Tujuan Otonomi Daerah Dan Manfaatnya

Posted on

Otonomi Daerah : Tujuan Otonomi Daerah Dan Manfaatnya

Otonomi Daerah – Materi pembahasan kali ini akan berhubungan dengan otonomi daerah yaitu lebih tepatnya mengenai tujan dari otonomi daerah dan juga manfaatnya yang akan di jelaskan secara lengkap dan juga mendetail, langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini secara seksama .

Tujuan Otonomi Daerah

Adapun tujuan dari otonomi daerah menurut undang – undang Nomor 32 Tahun 2004 mengenai  Pemerintahan Daerah, Pasal 2 ayat 3 menyebutkan bahwa tujuan dari otonomi daerahadalah untuk  menjalankan otonomi yang seluas – luasnya, kecuali tentang  urusan pemerintahan yang memang menjadi urusan pihak  pemerintah, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum, serta  daya saing daerah. Berikut ini adalah  penjelasannya:

Meningkatkan Pelayanan Umum Isa

Dengan adanya otonomi daerah diharapkan bahwa ada peningkatan dalam hal  pelayanan umum secara maksimal dari lembaga pemerintah pada  masing – masing daerah. Dengan pelayanan yang maksimal tersebut, maka  di harapkan masyarakat bisa merasakan secara langsung manfaat dari adanya otonomi daerah.

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Setelah pelayanan yang maksimal serta memadai, maka diharapkan kesejahteraan masyarakat pada suatu daerah otonom dapat  lebih baik dan juga meningkat. Tingkat kesejahteraan masyarakat tersebut menunjukkan bagaimana suatu  daerah otonom dapat  menggunakan hak serta wewenangnya secara tepat, bijak dan juga  sesuai dengan apa  yang diharapkan.

Meningkatkan Daya Saing Daerah

Dengan menerapkan otonomi daerah maka diharapkan akan dapat meningkatkan daya saing daerah serta  harus memperhatikan bentuk keanekaragaman suatu daerah serta kekhususan ataupun keistimewaan daerah tertentu serta tetap mengacu pada semboyan negara kita yaitu  “ Bineka Tunggal Ika ” walaupun berbeda – beda namun tetap satu jua.

Baca Juga  √ Pengertian Sejarah Secara Umum, Bahasa, Istilah, & Menurut Para Ahli Serta Konsep - Unsur - Hubungan

Tujuan utama  dari dikeluarkannya kebijakan otonomi daerah yaitu adalah untuk  membebaskan pemerintah pusat dari berbagai beban serta  menangani urusan suatu daerah yang dapat  diserahkan kepada pemerintah daerah. Oleh karena itu  pemerintah pusat mempunyai  kesempatan untuk mempelajari, merespon, serta memahami berbagai kecenderungan global dan menyeluruh serta bisa  mengambil manfaat daripada nya.

Pemerintah pusat juga  diharapkan  lebih mampu untuk berkonsentrasi dalam perumusan kebijakan makro atau luas yang sifatnya umum dan juga  lebih mendasar,  dengan adanya desentralisasi daerah bisa mengalami proses pemberdayaan yang lebih optimal. Sehingga kemampuan prakarsa dan juga  kreativitas pemerintah daerah akan terpacu, dan juga saat mengatasi masalah yang terjadi di daerahnya akan  semakin kuat.

Tujuan lain nya dari kebijakan otonomi daerah adalah untuk mengembangkan kehidupan demokrasi, pemerataan, mendorong dalam memberdayakan masyarakat, meningkatkan peran serta masyarakat, keadaila, memelihara hubungan yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah serta mengembangkan peran dan fungsi DPRD .

Manfaat Otonomi Daerah

Adapun manfaat dari otonomi daerah yaitu  untuk memberikan hak kepada daerah otonom guna  mengatur daerah nya sendiri, supaya  mereka mempunyai  kebebasan dalam hal  meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat nya, dan  juga untuk mempermudah pemda otonom guna  mengetahui atau mengerti mengenai kebutuhan masyarakat didalamnya. Manfaat  dari otonomi daerah yang lainnya antara lain:

Otonomi Daerah : Tujuan Otonomi Daerah Dan Manfaatnya

Tujuan Otonomi Daerah Dan Manfaatnya

  • Pelaksaan otonomi daerah bisa di laksanakan sesuai dengan kepentingan masyarakatnya.
  • Memotong jalur birokrasi yang sedikit rumit serta prosedur yang sangat terstruktur dari pemerintah pusat.
  • Dapat meningkatkan penyediaan barang dan juga jasa di suatu daerah dengan biaya atau dana yang terjangkau dan juga lebih rendah , hal tersebut tidak lagi menjadi beban pemerintah pusat karena telah diserahkan kepada pemda.
  • Dapat meningkatkan pengawasan dalam berbagai kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh elite lokal, yang biasanya tidak simpatik dengan program-program pembangunan nasional dan tidak sensitive terhadap kebutuhan dari kalangan miskin di suatu pedesaan.
  • Dapat meningkatkan efesiensi pemerintah pusat, pejabat pusat tidak lagi menjalankan tugas rutin ke daerah-daerah jarena hal tersebut diserahkan kepada pejabat daerah otonom.
Baca Juga  √ Pengertian Globalisasi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri - Pengaruh - Penyebab - Dampak

Demikianalh di atas penjelasan mengenai Otonomi Daerah : Tujuan Otonomi Daerah Dan Manfaatnya semoga bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih telah berkunjung , sampai jumpa pada artikel berikutnya. 🙂 🙂 🙂