Teks Laporan Percobaan

Posted on

Teks Laporan Percobaan – Laporan merupakan sesuatu hasil dari pengamat yang telah melakukan sesuatu yang bertujuan untuk menghasilkan informasi yang telah diperoleh dari orang banyak. Dasar dari pengertian tersebut ialah teks laporan, teks laporan adalah bentuk suatu tulisan yang menjelaskan suatu hasil dari pengamat kepada pembaca.

Teks laporan sering disebut dengan teks klarifikasi, karena teks tersebut mengklarifikasi suatu dasar kriteria. Teks tersebut juga hampir sama dengan teks deskripsi namun berbeda sifat. Teks deskripsi hanya membicarakan hal yang khusus, teks laporan hanya membicarakan suatu kejadian maupun hal yang umum dan lebih luas lagi.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan bertujuan menceritakan hasil percobaan serta proses yang telah di kerjakan oleh peneliti. Teks laporan percobaan digunakan juga untuk memberikan informasi ke pembaca, tentang hasil percobaan yang telah dibuat dan bersifat universal atau umum.

Bagi sebagian anak yang melakukan suatu praktek atau melaksanakan suatu kegiatan didalam berbagai hal, pasti mengenal istilah teks laporan percobaan. Adapun suatu proses dalam suatu penelitian atau tahap skripsi laporan dan dapat dijelaskan juga hasil uji penelitian. Laporan ialah menyampaikan hasil yang dilakukan kelompok maupun individu.

Struktur Dan Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

Laporan percobaan ialah teks majemuk yang melibatkan beberapa jenis teks didalamnya. Setidaknya teks ini akan menggunakan teks deskripsi dan teks eksplanasi. Berikut adalah penjabaran yang dihasilkan dari penelaahan struktur, model dan ciri kebahasaan teks laporan hasil percobaan.

Struktur Teks Laporan Percobaan

Sederhananya, struktur Teks Laporan Percobaan terdiri dari dua bagian dibawah ini (Kemdikbud, 2017, hlm. 24).

  • Pernyataan Umum
    Terdiri dari klasifikasi, dan pernyataan. Bagian ini menentukan klasifikasi aspek dari sesuatu yang diujicobakan seperti alam, tumbuhan, alat, dan lain lain yang dibahas secara umum.
  • Uraian
    Menggambarkan sesuatu yang dibahas secara rinci, bagian per bagian, kebiasaan, hingga sesuatu yang dibutuhkan untuk hidup dan perilaku alamiah bagi makhluk hidup. Bisa juga memuat penggunaan bahan dan alat untuk percobaan membuat benda dan hal khusus lainnya.

Namun sebetulnya struktur laporan hasil percobaan akan menyesuaikan mengikuti jenis model teks laporan hasil percobaan yang dibuat. Dalam model percobaan membuat sesuatu, maka strukturnya menjadi:

  • Tujuan
    Menjelaskan tujuan dari percobaan seperti apa yang akan dibuat, mengapa harus dibuat, apa yang akan dibuktikan, dsb.
  • Alat dan bahan
    Memaparkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam melakukan percobaan membuat suatu hal.
  • Langkah-langkah
    Menjelaskan bagaimana langkah demi langkah yang ditempuh dalam melaksanakan kegiatan percobaan.
  • Hasil
    Menjelaskan hasil percobaan dan akan memiliki dua struktur utama dari laporan percobaan, yakni: pernyataan umum, dan uraian masing-masing hasil percobaan.
  • Simpulan
    Berarti menyimpulkan seluruh kegiatan dan hasil percobaan yang telah dilaksanakan.
Baca Juga :  √ Pengertian Pendidikan Secara Umum, Etimologi, Undang-Undang & Menurut Para Ahli Serta Tujuan - Fungsi - Manfaat - Ciri - Ruang Lingkup

Model Teks Laporan Percobaan (Jenis)

Setidaknya terdapat tiga model laporan percobaan yang dapat disusun, berikut adalah penjelasannya.

  • Model laporan percobaan makalah
    Model ini disusun dengan menggunakan sistematika makalah, artinya dua struktur utama dari laporan percobaan akan disampaikan melalui: a) Tujuan, b) Kajian Teori, c) Alat dan Bahan, d) Prosedur/Cara Kerja, e) Hasil Pengamatan, f) Pembahasan, g) Simpulan, h) Daftar Pustaka.
  • Model laporan percobaan sederhana
    Model ini hanya akan menggunakan dua struktur utama dari laporan observasi, yakni pernyataan umum, dan uraian. Uraian sendiri akan terbari menjadi masing-masing bagian yang diuraikan, misalnya untuk percobaan binatang: a) Penampilan, b) Kebiasaan Makan, c) Kapasitas, d) Perkembangbiakan.
  • Model laporan percobaan pengembangan (pembuatan)
    Seperti contoh yang telah diuraikan di atas, laporan percobaan juga dapat disusun melalui model pembuatan suatu benda sebagai kegiatan percobaan. Model ini akan melibatkan struktur: a) tujuan, b) alat dan bahan, c) langkah-langkah, d) hasil, e) simpulan.

Ciri Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

Seperti teks lainnya, teks laporan percobaan memiliki ciri atau kaidah kebahasaan yang khas dan membedakan teks ini dari jenis teks lainnya. Berikut ialah ciri kebahasaan yang umum digunakan dalam laporan (Kemdikbud, 2017, hlm. 24).

  • Memperkenalkan kata aspek umum atau kelompok, seperti: kendaraan roda dua, transportasi umum, keluarga kucing, ikan tawar, mamalia, unggas, reptilia, dsb.
  • Banyak memakai kata tugas hubungan logis, seperti: maka, ketika, dan seterusnya.
  • Menggunakan kata tugas untuk menjaga tulisan koheren (maknanya terpadu dengan baik).
  • Banyak menggunakan kalimat aktif.
  • Menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi kegiatan percobaan.
  • Terdapat kalimat yang menjabarkan urutan kegiatan.
  • Lebih banyak menggunakan kata benda dan frasa benda dibandingkan dengan kata ganti orang.
  • Beberapa model laporan menggunakan istilah teknis atau istilah bidang ilmu.
  • Beberapa model laporan disertai diagram, peta, foto, dsb.

Ciri Ciri Teks Laporan Percobaan

Sementara itu, secara umum teks laporan percobaan memiliki ciri sebagai berikut:

  • Objektif
    Artinya informasi disampaikan berdasarkan hal yang diperoleh melalui percobaan. Jika suatu percobaan menduga A akan memberikan dampak yang baik, namun hasil percobaan ternyata menghasilkan dampak yang buruk, maka laporan percobaan akan tetap menyampaikan bahwa percobaan tersebut gagal (tidak ditutup-tutupi).
  • Fakta
    Berarti tidak berdasarkan dugaan yang belum terbukti. Misalnya, laporan percobaan tidak akan mengatakan bahwa “kandungan vitamin C dalam buah jeruk sangat tinggi” tapi akan menyebutkan “kandungan vitamin C dalam buah jeruk berukuran 60 gram adalah sebanyak 100 mg”. Karena percobaan telah dilakukan dan membuktikan serta mengukur kandungan vitamin C dalam buah jeruk.
  • Komprehensif (Lengkap)
    Laporan percobaan akan menguraikan bagian perbagian secara lengkap dan masing-masing bagian dijelaskan secara detail, tidak hanya gambaran umumnya saja.
Baca Juga :  38 Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Tujuan Teks Laporan Percobaan (Fungsi)

Teks laporan percobaan memiliki tujuan utama untuk menyampaikan hasil percobaan dengan apa adanya. Mengapa? Berikut adalah beberapa tujuan dan fungsi dari teks laporan percobaan secara umumnya.

  • Mencari dan menemukan teknik atau cara baru yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu yang inovatif.
  • Memberikan pertimbangan terhadap langkah yang akan diambil untuk mengambil keputusan terhadap suatu permasalahan. Melalui percobaan, permasalahan tersebut akan lebih “terlihat” sehingga lebih mudah untuk membuat keputusan berdasarkan fakta objektif yang telah terbukti melalui percobaan.
  • Laporan percobaan dapat menambah pengetahuan mengenai suatu hal, sehingga bisa memberikan pilihan atau alternatif solusi lain yang bisa digunakan.
  • Mencari tahu mengenai perkembangan masalah tertentu yang perlu diujicobakan kembali. Misalnya apakah baterai zaman sekarang sama dengan beberapa dekade silam? Bisa jadi telah berubah dan terdapat hal yang harus disesuaikan dalam menyikapi baterai oleh masyarakat.
  • Mengawasi dan memperbaiki suatu hal dengan lebih efisien dan baik berkat hasil percobaan yang lagi-lagi memberikan uraian detail mengenai apa yang terjadi jika suatu kegiatan dicoba terhadap suatu hal.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Teks Laporan Untuk Hasil Karya Dan Makanan

Saat ini disemua pendidikan banyak sekali mengadakan orientasi dalam simulasi ilmiah, berikut ini contoh yang sangat penting dan jangan sampai terlewati.

Teks Laporan Untuk Membuat Slime

Contoh teks laporan suatu uji coba dalam membuat slime tanpa mengunakan boraks agar aman dan berkwalitas. Laporan ini juga dapat dijadikan sebagai pemenuhan tugas dan juga bisa memberikan informasi perihal yang di tentukan.

Tujuan: Cara membuat slime sangat bermanfaat dalam kehidupan, dengan cara mengurangi gaya hidup komsumtif di masyarakat. Dengan cara manfaatkan barang yang sederhana dalam memenuhi kebutuhan kebutuhan lainnya.

Alat dan Bahan yang akan digunakan:

  • Deterjen cair dan bubuk secukupnya
  • Pembersih lantai
  • Lem povinal
  • Air secukupnya
  • Siapkan wadah atau baskom untuk tempat slime
  • Dan alat untuk mengaduk atau sendok

Langkah-langkah Membuat Slime:

  • Campurkan bahan deterjen cair dan bubuk, lem povinal, pembersih lantai serta air secukupnya di dalam wadah atau baskom yang sudah disiapkan.
  • Setelah itu aduk sampai rata bahan yang telah dicampurkan didalam wadah atau baskom tersebut.
  • Tambahkan kembali lem povinal kedalam wadah atau baskom setelah bahan yang diaduk tersebut merata.
  • Aduk terus sampai bahan tidak mengumpal dan aduk samapi benar benar merata.
  • Setelah itu bahan yang telah diaduk hingga merata dimasukan kedalam frezer tunggu sampai 5menit atau lebih.
  • Apabila sudah 5 sampai 10 menit bahan tersebut dikeluarkan dari frezer, dan lakukan pengadukkan kembali hingga bahan tersebut lunak dan bisa dimainkan.
  • Slime siap dipergunakan.
Baca Juga :  PAIKEM : Pengertian, Ciri Dan Kriterianya

Hasil Percobaan: Dapat digunakan oleh anak anak karena slime ini tidak mengandung boraks maupun zat lain yang membahayakan bagi kesehatan.

Kesimpulan: Selain menghemat keuangan karena memakai bahan biasa yang digunakan sehari hari dirumah. Slime juga mudah dikerjakan dan menunjang kreatifitas bahkan pembuatannya pun sangat produktif.

Teks Laporan Untuk Membuat Makanan

Berikut ini teks laporan percobaan dalam bidang kewirausahaan. Teks ini hanya saja tidak bisa hal yang berbentuk eksperimen atau kreatifitas. Percobaan dalam pembuat ice cream memakai bahan bahan yang sangat mudah di dapat dirumah sebagai berikut

judul: Pembuat Ice Cream Yang Sehat

Tujuan: Makanan yang sangat digemari anak anak yaitu ice cream. Ice cream dibuat dengan mengunakan bahan yang tidak terlalu mengandung gula maupun pewarna yang akan membahayakan anak anak yang bisa mengakibatkan batuk dan demam. Akan tetapi tetap nikmat, lezat dan paling utama sehat.

Bahan yang akan digunakan:

  • 200gr gula pasir
  • 4butir kuning telur
  • 1sendok makan vanili
  • 1liter susu segar
  • Air secukupnya
  • Tepung maizena

Langkah langkah Pembuatannya:

  • Masukan air secukupnya dalam panci masak sampai mendidih setelah mendidih baru masukan gula pasir dan susu segar sambil diaduk hingga rata
  • Setelah itu masukan tepung maizena beserta 1sendok susu kedalam panci yang sedang merebus gula dan susu segar lalu aduk hingga rata.
  • Selanjutnya masukan vanila ke dalam panci tersebut lalu diaduk kembali
  • Lalu saring susu kewadah yang lainnya.
  • Masukan kuning telur aduk hingga rata sampai sempurna.
  • Apabila sudah rata biarkan dahulu hingga kurang lebih 10menit.
  • Setelah kurang lebih 10menit baru masukan ke frezer sampai 15menit
  • Setelah 15menit aduk kembali adonan ice cream sebanyak 3kali sampai benar benar lembut.
  • Setelah lembut adonan tersebut masukan kembali ke dalam frezer kurang lebih hingga 8jam sampai benar benar membeku dengan sempurna bentuknya.

Hasil Percobaan: Rasanya lezat dan nikmat seperti umumnya, selain itu ice cream tersebut tetap sehat tidak memakai pewarna. Baiklah percobaan tugas kewirausahaan ini dapat dilakukan dengan kelompok dikelas.

Kesimpulan: Tugas kewirausahaan ini dapat memberikan suatu pengalaman begitu menyenangkan karena dapat dikerjakan sendiri dan bisa dikonsumsi sendiri. Pelajaran ini juga bisa dijadikan suatu bisnis dirumahan yang bisa mengguntungkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Teks Laporan Percobaan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.