Teks Eksposisi

Posted on

Teks Eksposisi – Dalam teks eksposisi umumnya berisi masalah serta rangkaian argumen dari penulis yang mendukung isu atau topik yang sedang dibahas.

Adapun tujuan dari teks eksposisi ialah untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca. Dengan membaca teks eksposisi, pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu masalah atau kejadian.

Dalam teks eksposisi bisa membahas isu tentang pendidikan, ekonomi dan masih banyak lagi. Mungkin itu penjelasan singkat mengenai pengertian teks eksposisi. Untuk mengetahui dan memahami lebih dalam dan jelas tentang teks eksposisi bisa membaca ciri-ciri, struktur sampai contohnya.

Nah berikut ini rangkuman mengenai ciri-ciri, struktur, kaidah sampai contoh teks eksposisi, sebagai berikut.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi ialah pandangan, gagasan atau opini yang dilengkapi oleh argumen serta fakta pendukung untuk menguatkannya. Pernyataan tersebut sejalan dengan pendapat Priyanti (2014, hlm. 91) yang mengemukakan bahwa teks eksposisi adalah teks untuk menyakinkan pembaca terhadap opini atau gasan penulisnya dengan sejumlah argumen pendukung.

Tampaknya semua jenis teks memiliki petunjuk makna yang jelas dari setiap namanya. Misalnya teks deskripsi ialah teks yang mendeskripsikan. Sementara itu teks negosiasi ialah bahasa yang umum didengar dalam keseharian, kemudian, teks eksplanasi jelas berasal dari bahasa Inggris explain/explanatory yang berarti menjelaskan.

Tetapi hal tersebut sepertinya tidak berlaku dengan teks eksposisi. Apa itu eksposisi? Bahkan exposition juga bukanlah diksi bahasa Inggris yang sering kita dengar atau baca dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri, Struktur, Tujuan, Jenis, Bagian, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya

Lalu apa itu makna kata eksposisi? Jauhari (2013:58) mengatakan bahwa, eksposisi secara leksikal berasal dari kata bahasa Inggris: exsposition yang artinya “membuka” atau “memulai” ya berarti membuka atau memulai suatu gagasan atau opini baru dari penulisnya.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Adapun ciri-ciri teks eksposisi diantaranya yaitu:

  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
  • Gaya informasi yang mengajak
  • Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana
  • Berusaha menjelaskan tentang sesuatu
  • Gaya bersifat informative
  • Terdapat fakta uraian singkat, padat, dan akurat
  • Berusaha menjelaskan sesuatu
  • Penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku
  • Tak memihak, yang berarti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca

Struktur Teks Eksposisi

Adapun struktur teks eksposisi diantaranya yaitu:

Pernyataan pendapat (tesis)

Pernyataan pendapat atau tesis merupakan bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) penulis atau disebut juga bagian pembuka.

Argumentasi

Pengertian argumentasi merupakan bagian yang memuat alasan yang bisa memperkuat argumen penulis dalam mendorong ataupun menolak suatu gagasan.

Penegasan ulang pendapat (reiteration)

Penegasan ulang pendapat atau disebut juga sebagai reiteration adalah bagian dari teks eksposisi yang berisi penegasan ulang pendapat penulis tentang topik yang dibahas.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Adapun jenis-jenis teks eksposisi diantaranya yaitu:

  • Teks Eksposisi Definisi
    Pengertian teks eksposisi definisi adalah paragraf eksposisi yang memaparkan mengenai definisi atau pengertian suatu topik tertentu.
  • Teks Eksposisi Proses
    Pengertian teks eksposisi proses adalah karangan yang berisi tahapan-tahapan atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.
  • Teks Eksposisi Ilustrasi
    Pengertian teks eksposisi ilustrasi ialah paragraf yang menyajikan informasi dan penjelasan berupa gambaran sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya, yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.
  • Teks Eksposisi Laporan
    Pengertian teks eksposisi laporan adalah paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan sebuah peristiwa atau penelitian tertentu.
  • Teks Eksposisi Perbandingan
    Pengertian teks eksposisi perbandingan adalah paragraf eksposisi yang berisi ide atau gagasan. Biasanya gagasan tersebut dipaparkan dengan cara membandingkan.
  • Teks Eksposisi Pertentangan
    Pengertian teks eksposisi pertentangan adalah paragraf eksposisi yang berisi mengenai hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.
  • Teks Eksposisi Berita
    Pengertian teks eksposisi berita adalah paragraf eksposisi yang memberikan informasi dari suatu kejadian, sering dijumpai dalam berita atau surat kabar.
  • Teks Eksposisi Analisis
    Pengertian teks eksposisi analisis adalah paragraf eksposisi yang memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, kemudian melakukan pengembangan secara berurutan.
Baca Juga :  Kalimat Langsung: Pengertian, Ciri Dan Contohnya

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

Adapun unsur kebahasaan yang ada pada teks eksposisi diantaranya yaitu:

Menggunakan pronomina

Pronomina ini dapat diklasifikasikan menjadi dua macam.

Pronomina Persona (kata ganti orang) yakni persona tunggal.

Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan orang) merupakan pronomina penunjuk.

Adanya nomina

Nomina adalah kata yang mengacu pada benda nyata maupun abstrak. Dalam hal ini nomina berdiri sebagai subjek.

Berdasarkan bentuk dan maknanya, nomina dibagi menjadi dua, yaitu nomina dasar dan turunan.

Verba (kata kerja)

Kata kerja merupakan kata yang memiliki makna perbuatan atau melakukan yang bukan sifat. Biasanya, kata kerja digunakan sebagai predikat dalam kalimat.

Memakai konjungsi

Konjungsi dapat digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi.

Contoh Teks Eksposisi

 

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Tesis:

Kebersihan lingkungan sekolah adalah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas.

Argumentasi:

Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan, petugas piket biasanya melakukan tugas untuk menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Di hari Jumat semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Satu di antara manfaatnya yaitu membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid makin akrab.

Penegasan Ulang:

Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya sehingga kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

Baca Juga :  Tari Tradisional : Pengertian Secara Umum Serta Ciri - Contoh - Jenis - Fungsi

Demikianlah pembahasan mengenai Teks Eksposisi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.