√ Pengertian Skala Prioritas, Faktor, Dan Cara Penyusunannya

Posted on

√ Pengertian Skala Prioritas, Faktor, Dan Cara Penyusunannya

Pengertian Skala Prioritas – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Skala Prioritas yang meliputi pengertian skala prioritas , faktor serta cara penyusunannya , yang akan di jelaskan secara lengkap dan jelas, yuk langsung saja simak penjelasan berikut ini secara seksama .

Pengertian Skala Prioritas

Kebutuhan atau keperluan manusia tidak terbatas, yang terbatas hanyalah  berupa alat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh  karena  itu, bersikaplah secara rasional pada saat  akan memenuhi kebutuhan harian dan juga  sesuaikan dengan kondisi ataupun kemampuan individu. Buatlah prioritas sebelum membelanjakan uang anda. Arti kata  “ Rasional ” di sini bermakna untuk memenuhi kebutuhan hanya sebatas yang dibutuhkan saja. Kedua, belilah  produk kebutuhan yang  sesuai dengan situasi budget atau keuangan yang ada. Dari narasi inilah maka muncul istilah skala prioritas. Yang merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk  mencegah masyarakat mempunyai  budaya konsumtif yang cukup besar.

Skala prioritas merupakan sebuah  ukuran kebutuhan yang tercatat secara baik. Patokannya yaitu adalah untuk memetakan kebutuhan terpenting, sesudah  itu baru di list atau daftar kebutuhan pendukung. Kebutuhan pendukung yang di maksud adalah yaitu kebutuhan yang pemenuhan nya dapat  ditunda. Terserah pada  keberadaan uang yang ada di dompet.

Sedangkan menurut Merriam Webster, skala prioritas adalah suatu  rangkaian aktivitas atau kegiatan  penting yang pengerjaannya di lakukan pertama kali. Sesudah  selesai kemudian baru mengerjakan aktivitas atau kegiatan  selanjutnya.

Baca Juga  √ Resesi : Pengertian Resesi, Akibat, Penyebab, Dampak Dan Cara Mengatasinya

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Skala Prioritas

Tingkat Pendapatan

Pendapatan adalah penghasilan dari seseorang dalam periode tertentu. Tentunya sesudah  di potong biaya hidup dan juga  perawatan rumah dan  perabotnya. Biasanya kategori pendapatan merupakan  taksasinya yang  berjumlah sama. Baik itu periode sekarang, ataupun untuk  periode yang akan datang.

Tingkat pendapatan ini tentunya mempunyai  berhubungan dengan kemampuan manusia pada saat  memenuhi kebutuhannya. Artinya, semakin tinggi pendapatan  dari seseorang, maka peluang membeli barang keinginan juga akan  semakin besar. Namun sebaliknya, apabila  pendapatan nya sedikit, maka tentu skala prioritas harus di utamakan. Seperti contohnya , membeli baju kantor daripada membeli baju rekreasi dan lain sebagainya.

Status Sosial

Status sosial juga  dapat mempengaruhi dibuatnya skala prioritas. Semakin tinggi status sosial nya, maka kebutuhan juga akan semakin  meningkat. Contohnya adalah seorang kepala desa, dia tidak hanya wajib untuk  memenuhi kebutuhan dirinya dan keluarga, namun dia juga harus mencanangkan pemenuhan kebutuhan bagi  desa dan warga.

Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial adalah merupakan alasan masyarakat yang  harus pintar dalam  mengatur prioritas. Karena lingkungan yang membentuk individu menjadi konsumtif. Apabila  hidup di lingkungan keluarga yang kaya, maka tentu kebutuhan yang di kejarpun akan  berbeda dengan orang yang tinggal di lingkungan miskin, seperti kebutuhan akan mobil mewah, perhiasan mahal ,  tas mahal, sepatu luar negeri dan lain sebagainya .

Menyusun Skala Prioritas

Berikut ini adalah cara yang digunakan untuk menyusun skala prioritas :

Tingkat Urgensi

Urgensi artinya adalah sebuah kepentingan atau kebutuhan yang paling vital. Pada  perspektif prioritas, urgensi merupakan sebuah  kebutuhan yang harus di penuhi terlebih dahulu. Maka dari itu, cara menyusun skala prioritas adalah dapat  tentukan terlebih dahulu kebutuhan yang urgen. Yang di letakkan di posisi pertama.

Baca Juga  √ Macam-macam Kebutuhan dan Alat Pemuas Kebutuhan

Menilai Jumlah Produk

Tinjauan terhadap suatu produk perlu di lakukan. Contohnya adalah dengan melihat apakah produk tersebut sulit untuk di dapat ataupun  sebaliknya. Apabila  sulit untuk  di dapatkan , maka perlu di masukkan ke dalam prioritas teratas. Sedangkan apabila  produk banyak di jual, maka  anda dapat menundanya.

Pertimbangan Masa Depan

Untuk menyusun skala prioritas, pastikan  bahwa wawasan yang  di arahkan pada kebutuhan jangka panjang. Jika  perlu, penuhi kebutuhan atau keperluan  yang berguna untuk masa depan. Yang menjadi ironis, ternyata masih banyak masyarakat yang  membeli produk jangka pendek hanya karena merek. Padahal, kebutuhan akan masa depan banyak masih yang terbengkalai. Seperti biaya kuliah, asuransi pendidikan anak, serta  dana kesehatan dan yang  lain – lain.

Demikianlah penjelasan tentang √ Pengertian Skala Prioritas, Faktor, Dan Cara Penyusunannya semoga mudah untuk di pahami dan juga dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan untuk kalian semua , terimakasih.