√ Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi – Manfaat – Tujuan – Jenis – Contoh – Gambar

Posted on

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi – Manfaat – Tujuan – Jenis – Contoh – Gambar – Seni merupakan semua hal yang diciptakan manusia dan memiliki nilai keindahan dan membantu membangkitkan semangat serta perasaan bahagia seseorang. Ilmu seni sendiri mempunyai banyak cabang, diantara cabang yang dimiliki oleh seni ialah seni rupa. Istilah seni rupa memang bukan hal yang asing lagi ditelinga. Banyak orang yang sudah mengenai jenis seni ini. Sebenarnya seni rupa sangat berkaitan dan berdampingan dengan kehidupan sehari-hari manusia.

Seni rupa secara umum dibagi menjadi dua bagian, pertama ialah seni rupa murni dan kedua ialah seni rupa terapan. Adapun seni rupa terapan ialah suatu bentuk karya seni yang mengunggulkan sisi fungsi praktis tanpa menghilangkan sisi keindahannya. Sementara definisi dari seni rupa murni ialah kebalikan dari definisi seni rupa terapan tersebut.

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi – Manfaat – Tujuan – Jenis – Contoh – Gambar

Nah pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai seni rupa murni dan berbagai hal yang berkaitan dengannya untuk menambah wawasan kalian mengenai seni rupa murni.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni ialah sebuah cabang seni yang menghasilkan karya yang lebih menitik beratkan pada keindahan untuk dinikmati saja atau ekspresi jiwa seperti lukisan. Dalam pembuatannya seni rupa murni berfokus pada nilai keindahan atau estetisnya saja dan tidak memperdulikan nilai-nilai praktis dari karya yang dibuat.

Seni rupa murni memiliki nilai keindahan tinggi dalam membuatnya, meskipun fungsinya hanya sebagai hiasan atau pajangan saja. Banyak jenis dari seni rupa murni yang bisa menambah keindahan ketika dipajang atau dijadikan hiasan dinding rumah atau kantor.

Fungsi Seni Rupa Murni

Daro pengertian seni rupa murni diatas, maka fungsi dari seni rupa murni ialah hanya sebagai hiasan atau pajangan saja. Fungsi seni rupa murni hanya berpaku pada pengindah belaka dan tidak bisa digunakan dalam mempermudah kehidupan kita.

Baca Juga  √ Pengertian Klausa, Ciri - Ciri, Macam dan Contohnya

Manfaat Seni Rupa Murni

Adapun manfaat seni rupa murni yang diantaranya yaitu:

  • Secara filosofis, memiliki wawasan budaya, mampu menghayati, mengamalkan dan mengimplementasikan kemampuannya dalam wacana seni rupa pada umumnya, serta seni rupa murni pada khususnya.
  • Menguasai dasar-dasar yang menunjang pengembangan spesialisasinya dan mampu mrumuskan berbagai permasalahan seni rupa murni secara konseptual, sistematik dan metodik.
  • Memiliki kemampuan kreatif dan profesional dalam penciptaan maupun pengkajian karya seni rupa murni, serta mampu mengimplementasikan, mengelola dan menciptakan peluang bagi profesi/karya-karyanya, secara mandiri maupun bekerja sama dengan berbagai bidang/pihak lain di tengah masyarakat nasional maupun internasional dalam rangka mengantisipasi globalisasi.
  • Memiliki profesi sebagai praktisi bidang seni rupa lainnya yang masih satu alur dengan majornya sesuai dengan orientasi studinya sehingga menjadi sinergi dengan kemampuannya.

Tujuan Seni Rupa Murni

Adapun tujuan seni rupa murni sendiri ialah dapat menghayati dan mengenalkan nilai-nilai budaya nasional serta mampu menanggapi gejala kebudayaan pada umumnya yang berkaitan erat dengan bidang yang dipelajari, untuk pengembangan kepribadian dan wawasannya.

Dan menguasai dasar-dasar ilmiah dan mampu menelaah serta memcahkan permasalahan-permasalahan bidang seni rupa pada umumnya serta bidang keahlian pada khususnya. Mampu menciptakan dan mengembangkan karya seni rupa dalam berinteraksi dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Mampu mengembangkan serta menerapkan pengetahuan dan keterampilan bidang seni rupa murni untuk kepentingan masyarakat.

Jenis-Jenis Senir Rupa Murni Berdasarkan Wujud Dan Bentuknya

Secara umum di dalam semua seni rupa terkhusus untuk jenis seni rupa murni terdiri dari beberapa jenis. Yang diantara jenis seni rupanya ialah dilihat dari segi bentuk dan wujudnya. Adapim seni rupa murni ini terdiri dari dua bentuk dan juga wujud yakni seni rupa murni dua dimensi dan seni rupa murni tiga dimensi. Nah berikut ini ialah ulasan mengenai masing-masing bentuk dan wujud seni rupa tersebut.

Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa murni tiga dimensi ialah bentuk seni rupa yang unsur pembentuknya terdiri dari tiga jenis. Yakni bentuk panjang, lebar dan juga tinggi. Tiga unsur tersebut kemudian akan membentuk suatu volume dan juga isi yang bisa menjadikan seni rupa murni terbaik dan telihat indah dari segala arah.

Seni rupa murni tiga dimensi ini memang memiliki tingkat kesulitas yang lebih tinggi dibandingkan yang dua dimensi di dalam pembuatannya. Namun secara keindahan tentu akan memiliki kesan yang sangat indah. Ada banyak contoh dari karya seni murni tiga dimensi ini, mulai dari bentuk karya seni patung, seni ukir dan lain sebagainya.

Baca Juga  Karangan : Pengertian, Ciri, Unsur, Jenis, Langkah Penulisan Beserta Contohnya

Seni Rupa 2 Dimensi

Adapun jenis seni rupa murni selanjutnya ialah seni rupa murni dua dimensi. Seni rupa ini tentu berbeda dengan seni rupa tiga dimensi, perbedaannya ialah seni rupa ini tersusun dari dua unsur saja yakni panjang dan lebar. Di karenakan hanya tersusun dari dua unsur maka tentu saja jenis seni rupa ini hanya bisa dilihat dari arah tertentu.

Meski demikian, untuk para seniman yang sudah ahli, karya seni rupa dua dimensi ini bisa dijadikan sebuah media untuk menaruh harta karun didalamnya. Hal itu lantaran para seniman tersebut memberikan semua kreatifitas mereka untuk diletakkan dalam media karya seni ini yang nantinya akan mendapatkan sebuah apresiasi. Diantara contoh dari karya seni rupa murni dua dimensi ialah gambar grafis, poster, lukisan dan lain sebagainya.

Contoh Dan Gambar Seni Rupa Murni

Adapun seni rupa murni yang diantaranya yaitu:

Relief

Relief ialah gambar atau lukisan yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi atau trimata, yang berada di atas bidang dua dimensi atau dwi mata. Relief biasanya terdapat pada tugu-tugu peringatan serta terdapat pada candi. Pada umumnya berisi dengan diorama serta mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi.

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi - Manfaat - Tujuan - Jenis - Contoh - Gambar

Patung

Patung merupakan ekspresi dari jiwa manusia, orang yang membuat patung biasanya berbentuk visual yang membentuk tiga dimensi. Tujuan utama dari membuat patung ialah keindahan. Pada umumnya patung berbentuk manusia hewan dan lain sebagainya. Di Indonesia banyak sekali patung yang bisa dilihat dan dinikmati keindahannya. Seperti patung-patung di candi borobudur, dipure-pure atau ditempat-tempat sejarah lainnya.

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi - Manfaat - Tujuan - Jenis - Contoh - Gambar

Lukisan

Lukisan ialah sebuah seni yang sengaja dibuat dengan cara menggoreskan cat dengan kuas atau dengan peralatan lain. Kemudian kanvas ialah sebagai medianya. Lukisan banyak dibuat oleh para pelukis-pelukis terkenal dengan harga tiap lukisan bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta. Lukisan ialah contoh seni rupa murni karena hanya sekedar hiasan dinding atau pajangan.

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi - Manfaat - Tujuan - Jenis - Contoh - Gambar

Seni Grafis

Seni grafis ialah bagian dari seni rupa murni yang sekaligus seni rupa terapan. Kegunaannya diperuntukkan sebagai serana ilustari maka merupakan seni rupa terapan. Tetapi apabila digunakan sebagai hiasan maka termasuk seni rupa murni.

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi - Manfaat - Tujuan - Jenis - Contoh - Gambar

Seni Fotografi

Seni fotografi ialah jenis seni rupa murni yang berkembang karena kemajuan teknologi kamera. Fotografi banyak disukai oleh banyak kalangan sebagai media mengekspresikan diri. Objek yang difoto menggunakan karena akan semakin indah jika dipadukan dengan seni fotografi ini.

Baca Juga  Pengertian Poster : Tujuan, Jenis, Fungsi, Ciri, Syarat Dan Contohnya

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi - Manfaat - Tujuan - Jenis - Contoh - Gambar

Kaligrafi

Seni kaligrafi yang menjadi salah satu akulturasi penulisan yang bagus, biasanya dipajang dimasjid atau rumah-rumah orang islam, kaligrafi banyak ditemukan sebagai penghias dinding.

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi - Manfaat - Tujuan - Jenis - Contoh - Gambar

Topeng

Topeng ialah seni rupa murni apabila hanya dipajang di dinding. Selain itu topeng dipakai sebagai properti tari atau kebutuhan lainnya. Seni rupa jenis ini adalah mengekspresikan suasana hati manusia dan yang menambah nilai keindahan didalam rumah.

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi - Manfaat - Tujuan - Jenis - Contoh - Gambar

Mozaik

Mozaik ialah seni merangkai pecahan atau potongan kecil batu, keramik atau kaca untuk dijadikan sebuah karya baru yang indah dilihat. Mozaik bisa menjadi sebuah karya seni murni karena ketika dipajang di dinding akan lebih indah.

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi - Manfaat - Tujuan - Jenis - Contoh - Gambar

Ukiran

Ukiran adalah seni memahat batu atau kayu untuk dijadikan suatu karya seni yang diinginkan dengan memperlihatkan keindahan. Kebanyakan karya seni ukir berbentuk makhluk hidup atau bunga dan kehidupan, ukiran bisa menjadi hiasan di dalam rumah atau perkantoran.

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi - Manfaat - Tujuan - Jenis - Contoh - Gambar

Kerajinan Dari Keramik

Kerajinan keramik ialah kerajinan yang memperlihatkan keindahan dan bahannya dari keramik. Bisa berbentuk guci, vas bunga atau bentuk lain. Biasanya akan di ukir dengan warna-warna yang indah. Yang paling sering dijumpai di masyarakat ialah guci dan vas bunga.

Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi - Manfaat - Tujuan - Jenis - Contoh - Gambar

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi – Manfaat – Tujuan – Jenis – Contoh – Gambar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂