Propaganda : Pengertian, Jenis, Sifat, Sistem, Metode Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Proganda – Propaganda berasal dari bahasa latin, propagare yang memiliki arti mengembangkan atau memekarkan. Yang merupakan serangkaian pesan dengan tujuan untuk memengaruhi pendapat dan juga tingkah laku masyarakat, ataupun sekelompok orang.

Pengertian lainnya yaitu adalah suatu usaha yang disengaja dengan sistematis, untuk membuat atau membentuk persepsi, memanipulasi alam pikiran atau kognisis dan juga mempengaruhi secara langsung perilaku agar memberi respon yang sesuai dengan yang diinginkan oleh pelaku propaganda.

Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

Menurut Leonard W. Dobb

Propaganda adalah beberapa usaha yang dilakukan individu yang mempunyai kepentingan dalam mengontrol sikap kelompok, termasuk cara menggunakan sugesti, hingga akibatnya menjadi kontrol pada kegiatan kelompok tersebut.

Menurut Jasques Ellul

Propaganda adalah komunikasi yang digunakan oleh suatu kelompok yang terorganisasi, yang ingin menciptakan partisipasi aktif atau pasif dalam tindakan suatu massa yang terdiri dari individu, yang dipersatukan dengan psikologis dan tergabung di dalam kumpulan atau organisasi.

Menurut Garts Jowet and Victoria O’Donnell

Propaganda adalah usaha dengan sengaja dan sistematis, untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, serta mengarahkan kelakuaan untuk memperoleh reaksi yang di inginkan penyebar propaganda.

Menurut Wikipedia

Propaganda adalah serangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat dan juga kelakuan masyarakat atau sekelompok orang.

Menurut KBBI

Propaganda adalah penerangan (paham, pendapat, dan sebagainya) yang benar atau salah yang dikembangkan. Yang dimana tujuannya yaitu adalah untuk meyakinkan orang lain agar menganut aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu.

Baca Juga :  Bimbingan Dan Konseling : Pengertian, Tujuan, Fungsi Dan Asasnya

Jenis-Jenis Propaganda

Jenis Propaganda berdasarkan Jenisnya

  • Propaganda Vertikal. Adalah propaganda yang dilaksanakan dengan melalui media massa.
  • Propaganda Horizontal. Adalah propaganda yang dilaksanakan melalui komunikasi interpersonal serta komunikasi organisasi dibanding komunikasi massa.
  • Propaganda Integrasi. Adalah propaganda yang dilakukan dengan menanamkan doktrin.
  • Propaganda Agitasi. Yaitu adalah propaganda yang bertujuan supaya komunikasi bersedia memberikan pengorbanan yang besar bagi tujuan yang berlangsung dan mengorbankan jiwa mereka dalam usaha mewujudkan cita-cita.

Jenis Propaganda berdasarkan Sumbernya

  • Propaganda Putih/White Propaganda. Adalah propaganda yang dilaksanakan dengan jujur, benar dan juga sportif. Isi pesan dan sumbernya pun jelas. Propaganda ini sering digunakan untuk menyebarkan informasi atau ideologi dengan menyebut sumber, serta dilakukan dengan terang-terangan sehingga dapat diketahui sumbernya dengan mudah.
  • Propaganda Hitam/Black Propaganda. Adalah propaganda yang dianggap ramah namun sebenarnya bermusuhan. Propaganda ini dilaksanakan dengan tidak baik, dan juga menjadi senjata taktis untuk menipu, penuh kepalsuan, tidak jujur, tidak mengenal etika serta cenderung pikirannya sepihak. Sumber yang disebutkan bukanlah sumber sebenarnya, kadang sering menuduh sumber lain yang melakukan hal tersebut.
  • Propaganda Abu-Abu/Grey Propaganda. Adalah propaganda yang dianggap netral meskipun sebenarnya bermusuhan. Yang dilakukan oleh kelompok yang tidak jelas, isinya meragukan, mengacaukan pikiran orang, adu domba, intrik dan juga gosip. Sengaja dirancang supaya massa ragu atas persoalan yang tengah berkembang..
  • Rasional Propaganda atau Rational Propaganda. adalah propaganda yang mengungkap dengan jelas sumbernya dan tujuannya dijelaskan secara rasional.

Sifat Propaganda

  • Tertutup atau terselubung
  • Terbuka
  • Pada awal tertutup akan tetapi lambat laun mulai terbuka
  • Sistem Propaganda
  • Penggunaan simbol-simbol supaya komunikan tidak sadar dengan arah serta tujuan dari keinginan komunikator.
  • Penggunaan fakta sebagai alat pemaksa supaya komunikan menerima pesan dan melakukan tindakan seperti apa yang diharapkan oleh komunikator.
Baca Juga :  Perkembangan Penulisan Sejarah di Indonesia

Metode Propaganda

Metode koersif

Metode  koersif adalah komunikasi dengan menimbulkan ketakutan untuk komunikan, agar tidak sadar bertindak sesuai dengan keinginan komunikator.

Metode persuasif

Metode persuasif adalah komunikasi dengan menimbulkan kemauan yang dengan sukarela untuk komunikan, agar dengan tidak sadar bisa bertindak sesuai dengan keinginan komunikator.

Metode pervasif

Metode pervasif adalah komunikasi dengan menyebarluaskan pesan dan dilakukan terus menerus atau berulang pada komunikan, sehingga melakukan imitasi atau menjadi bagian dari yang diinginkan oleh komunikator.

Contoh Propaganda

  • Propaganda Putih : RRI dan TVRI adalah media massa yang dari dulu hingga sekarang dijadikan pemerintah sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah kepada rakyat Indonesia secara luas.
  • Propaganda Hitam : Beberapa waktu lalu pernah kita dengar ada seorang moderator acara silaturahmi suatu organisasi yang mengatakan bahwa pembicara yang mereka undang tidak dapat datang karena telah diculik oleh BIN (Badan Intelejen Negara), namun tuduhan tersebut tidak terbukti.

Demikianlah ulasan mengenai Propaganda semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.