√ Kegunaan Akuntansi, Perlu Untuk Di Ketahui

Posted on
Kegunaan Akuntansi – Akuntansi yang menyajikan informasi keuangan dalam bentuk laporan keuangan berguna bagi pihak intern dan ekstern perusahaan, pihak-pihak tersebut adalah sebagai berikut :
Kegunaan Akuntansi, Perlu Untuk Di Ketahui

Kegunaan Akuntansi, Perlu Untuk Di Ketahui

Intern terdiri dari,

Manajemen

Akuntansi dapat dipakai sebagai alat untuk perencanaan dan pengawasan atas kegiatan perusahaan. Sebagian besar pekerjaan akuntansi ditujukan untuk membantu manajemen dalam kegiatan perusahaan sehari-hari yang meliputi :
  1. Penerimaan uang
  2. Pengeluaran uang
  3. Pembelian
  4. Penjualan
  5. Dan sebagainya
Juga untuk memcahkan persoalan bagaimana mengatur keseimbangan uang kas dan mendapatkan keuntungan yang memuaskan dari modal yang ditanamkan. Bagi manajemen data akuntansi dapat pula berguna untuk menyusun rencana keuangan serta memberikan informasi yang berhubungan dengan pengambilan keputusan yang tepat.

Karyawan

Mereka berkepentingan dengan stabilitas dan rentabilitas serta kelangsungan hidup perusahaan, agar perusahaan mempunyai kemampuan untuk membayar upah dan gaji karyawan.

Ekstern terdiri dari,

Pemilik perusahaan atau pemegang saham

Mereka perlu mengetahui perkembangan perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan dan megetahui jumlah kekayaan yang ditanam di dalam perusahaan tersebut.

Kreditur

Mereka perlu mengetahui kemampuan perusahaan untuk membayar utang-utangnya, agar dapat menjamin kredit yang dipinjamkan kepada perusahaan.

Pemerintah

Pemerintah memerlukan data akuntansi untuk terutama dipakai sebagai dasar dalam menentukan masalah perpajakan, agar laba yang dikenakan pajak adalah sesuai. Juga dapat digunakan sebagai pengawasan atas pemberian upah minimum dan data untuk menyusun statistik, guna membantu pemerintahan dalam menetapkan kebijaksanaan-kebijaksanaan tertentu.

Sumber : penerbit Tiga Serangkai
Karangan, Drs. Ashari

Baca Juga  √ Teori Akuntansi : Pengertian , Tujuan , Manfaat , Sifat dan Metode Perumusannya