Pengertian Microsoft Word: Sejarah, Fungsi, Manfaat, Kegunaan Dan Fitur-Fiturnya

Posted on

Pengertian Microsoft Word – Nah pada saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat sekali. Dengan hadirnya teknologi yang semakin canggih dan modern kita juga dituntut untuk dapat menguasai berbagai macam kemampuan agar tetap dapat bersaing dengan orang lain.

Adapun salah satu kemampuan yang perlu dikuasai ialah kefasihan dalam menggunakan program aplikasi bernama Microsoft Office terutama Microsoft Word. Lantas apa pengertian Microsoft Word ini?

Nama aplikasi Microsoft Word pasti sudah tidak asing lagi di telinga generasi millennial maupun generasi Z. Program aplikasi dari Microsoft Office ini sangat berguna untuk menunjang berbagai pekerjaan dan keperluan.

Microsoft Word sendiri merupakan suatu program aplikasi yang berfungsi untuk mengolah kata dengan meliputi membuat, menyunting, hingga membuat suatu format dokumen.

Dalam dunia pekerjaan, aplikasi yang satu ini kerap disebut juga dengan nama program pengolahan kata yang akan digunakan untuk membuat dokumen secara digital yang rapi dan praktis. Hal ini juga berlaku dalam dunia pendidikan, program aplikasi ini dapat digunakan untuk mempermudah penggunanya membuat dokumen keperluan berbasis kata atau tulisan.

Walaupun pengertian Microsoft Word identik dengan tugas aplikasi untuk mengetik atau membuat dokumen saja, tetapi Microsoft Word memiliki fungsi dan manfaat lain. Dengan fitur-fiturnya, Microsoft Word dapat membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, lebih cepat, dan lebih praktis.

Selain memahami tentang pengertian Microsoft Word, kamu juga perlu mengetahui sejarah Microsoft Word, fungsi, manfaat dan kegunaan, dan fitur-fiturnya. Untuk mengetahui semua informasi tersebut, simak rangkuman penjelasannya di bawah ini, yuk!

Pengertian Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word ialah sebuah perangkat lunak atau software pengolahan kata yang dibuat dan dikeluarkan oleh perusahaan teknologi bernama Microsoft. Aplikasi ini dibuat dengan fungsi untuk membantu penggunanya dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan yang berkaitan dengan pembuatan teks, tulisan, dokumen, dan sebagainya. Pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen tersebut dapat berupa membuat, menyunting, hingga memformat suatu dokumen secara khusus.

Program pengolahan kata atau dikenal juga dengan sebutan word processing adalah suatu program yang dipakai guna mengolah dokumen yang berupa teks, seperti surat, jurnal, makalah, lamaran pekerjaan, surat kerja, buku, brosur, kartu nama, dan lain sebagainya.

Hasil dari dokumen yang dibuat dalam Microsoft Word ini biasanya akan disimpan dalam bentuk file lunak atau softcopy terlebih dahulu, sebelum akhirnya dicetak dan berbentuk hardcopy atau hasil print.

Pada saat ini, Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi pengolah kata terbaik dan terpopuler di dunia. Hal ini terjadi karena program aplikasi ini memiliki fitur yang sangat banyak untuk membantu semua kebutuhan penggunanya.

Karena selain dapat memasukkan huruf dan angka, aplikasi ini juga mendukung dalam penggunaan gambar, tabel, word art, penomoran, hingga format keluaran file yang sangat beragam, mulai dari txt hingga pdf.

Adapun pengertian lain Microsoft Word adalah sebuah program yang menjadi salah satu bagian dari paket instalasi aplikasi bernama Microsoft Office . Dalam hal ini, Microsoft Office  adalah suatu aplikasi yang memiliki banyak pilihan bagian lain dengan fungsinya masing-masing. Mulai dari Microsoft Excel untuk mengolah angka, Microsoft Power Point untuk membuat salindia, dan Microsoft Word untuk mengolah kata.

Baca Juga :  Topologi Ring : Pengertian, Fungsi, Ciri, Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kekurangannya

Saat ini, program aplikasi Microsoft Word sudah bisa dijalankan di berbagai jenis sistem operasi. Mulai dari sistem operasi untuk komputer seperti Windows dan Mac Os, hingga sistem operasi berbasis ponsel seperti Android dan juga iOS.

Tak hanya itu, pihak dari perusahaan Microsoft juga terus melakukan pengembangan aplikasi untuk mencapai titik terbaiknya guna membantu pekerjaan masyarakat. Hal ini terbukti dari Microsoft Word yang telah menghadirkan versi terbarunya, yakni Microsoft Word 2019. Konsistensi inilah yang membuat aplikasi ini terus berkembang dan menjadi pilihan banyak orang meski banyak bermunculan aplikasi serupa.

Sejarah Hadirnya Microsoft Word

Microsoft Office  Word atau Microsoft Word untuk pertama kalinya dikenalkan ke publik dengan nama awal Multi-Tool Word pada tahun 1983 untuk sistem operasi Xenix. Setelah itu, versi lain dari Multi-Tool Word ini pun mulai dikembangkan untuk sistem operasi lain, seperti sistem operasi Apple Macintosh, DOS, OS/2, SCO UNIX, hingga Microsoft Windows.

Sebenarnya, ide dan konsep dari aplikasi Microsoft Word ini banyak didapatkan dari aplikasi bernama Bravos. Bravos sendiri adalah program pengolah kata dengan basis grafik pertama di dunia yang dibuat dan dikembangkan oleh Xerox Palo Alto Research Center (PARC).

Namun, setelah pencipta Bravo, Charles Simonyi, dan pegawai PARC, Richard Brodie, pindah ke Microsoft pada tahun 1981, maka program Multi-Tool Word pun kembali dikembangkan mulai pada 1 Februari 1983.

Setelah berganti nama dari Multi-Tool Word menjadi Microsoft Word, program aplikasi pengolahan kata ini pun mulai diterbitkan untuk IBM PC per tanggal 25 Oktober 1983. Sebagai tambahan informasi, saat itu dunia program pengolahan kata dikuasai oleh aplikasi bernama WordPerfect dan WordStar.

Pada 1985, Microsoft Word untuk Macintosh pun resmi dirilis. Dalam program aplikasi versi ini, dilengkapi suatu fitur bernama WYSIWYG. Ini merupakan fitur yang mampu menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada bagian teksnya. Tak disangka, fitur ini pun mendapatkan perhatian luas dari masyarakat dan para pengguna komputer.

Setelah itu, Microsoft Word untuk sistem operasi Windows akhirnya dirilis pada 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika. Setahun setelahnya, Microsoft Windows 3.0 pun dirilis sebagai versi yang baru. Tak lama setelah perilisan Windows 3.0 itu, penjualan program Microsoft pun mengalami kenaikan yang signifikan.

Kenaikan penjualan ini disebabkan karena memang Microsoft Word 1.0 didesain untuk digunakan dalam sistem operasi Windows 3.0. Sehingga, jika Microsoft Word 1.0 digunakan dalam versi yang lebih rendah, maka dia tidak akan memberikan performa yang maksimal.

Mengenal Fungsi Microsoft Word

Secara umum, aplikasi Microsoft Word ini memiliki fungsi sebagai salah satu program word processing atau program pengolahan kata. Hal ini membuat Microsoft Word dapat digunakan untuk segala aktivitas yang berhubungan dengan dokumen, seperti membuat, menyunting, dan memformat suatu dokumen sesuai dengan keinginan kita sendiri. Adapun fungsi utama dari Microsoft Word ini adalah sebagai berikut:

Microsoft Word

Membuat Dokumen Baru

Dengan aplikasi ini, kita dapat membuat sebuah dokumen baru dengan cepat dalam bentuk apapun, seperti teks, tabel, grafik, hingga gambar. Tak hanya itu, program ini pun dapat digunakan untuk membuat berbagai dokumen, seperti surat, jurnal, laporan, makalah, buku, hingga yang lainnya. Microsoft Word juga memungkinkan kita untuk membuat dokumen dengan berbagai ukuran kertas yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca Juga :  Domain Dan Hosting: Pengertian Menurut Para Ahli

Menyunting Dokumen yang Sebelumnya

Jika terjadi suatu kesalahan pada dokumen yang kamu buat dalam segi pengetikan atau penulisannya, maka kamu menyunting atau mengubah isi dokumen tersebut di Microsoft Word. Program aplikasi ini juga memungkinkan untuk kita menyunting suatu dokumen dari aplikasi pengolahan kata lain dengan format dokumen yang sama.

Membuat Format Baru untuk Dokumen

Aplikasi dari Microsoft ini memungkinkan untuk para penggunanya membuat atau mengubah format dokumen menjadi lebih profesional. Pasalnya, Microsoft Word ini memiliki fitur yang sangat banyak dalam hal pemformatan dokumen.

Mulai dari jenis huruf, besar huruf, catatan kaki, warna huruf, penomoran, rumus atau equation matematika, hingga ukuran kertas yang beragam. Selain itu, dalam aplikasi ini kita juga dapat mengubah bentuk dokumen dari word ke txt, pdf, dan lain sebagainya.

Manfaat dan Kegunaan dari Microsoft Word

Setelah mengetahui tentang pengertian Microsoft Word, sejarah serta fungsinya. Maka kita juga perlu untuk mengetahui apa manfaat dan kegunaan dari Microsoft Word ini sendiri. Adapun manfaat dan kegunaan yang diberikan oleh Microsoft Word tersebut, seperti kemudahan mengolah kata, meminimalisir kesalahan penulisan dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lengkap, berikut ulasannya.

Dapat Mengolah Kata dengan Mudah

Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi pengolahan kata yang paling banyak digunakan oleh semua orang. Bukan karena fiturnya saja, program aplikasi ini memang menawarkan kemudahan untuk para penggunanya dalam melakukan pengolahan kata, termasuk pembuatan dokumen berbasis teks, hingga mendukung penambahan fitur gambar dan tabel dalam aplikasinya.

Dengan kemudahan yang ditawarkan, aplikasi ini tentu bermanfaat dalam menunjang aktivitas pekerjaan pengolahan kata dalam segala bidang. Terlebih, saat ini aplikasi Microsoft Word sudah dapat digunakan dalam berbagai perangkat, mulai dari komputer hingga ponsel dengan berbagai sistem operasi yang menunjang. Dengan begitu, kita dapat membuat dokumen di mana saja dan kapan saja melalui perangkat yang kita miliki.

Mampu Meminimalisir Kesalahan dalam Penulisan

Sebelum Microsoft Word dan aplikasi pengolah kata lainnya diluncurkan, manusia menggunakan mesin ketik atau tulisan tangan langsung sebagai media penulisannya. Hal ini tentu sulit dilakukan terlebih jika menemukan adanya kesalahan penulisan dalam dokumen yang kita buat. Karena tak bisa mengoreksinya, maka mau tidak mau kita harus menulis ulang tulisan tersebut.

Namun, dengan adanya aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word ini, kita tidak perlu lagi khawatir ketika menemukan kesalahan penulisan dalam dokumen yang kita buat. Sebab, aplikasi ini memungkinkan kita untuk menyunting dokumen tersebut sebelum membuatnya dalam versi cetak. Apalagi, program ini dilengkapi fitur bernama AutoCorrect yang dapat memperbaiki kesalahan secara otomatis.

Meminimalisir Penggunaan Kertas

Penggunaan Microsoft Word dalam membuat dokumen digital membuat kita dapat meminimalisir penggunaan kertas yang terbuat dari serat pohon. Tentu saja ini menjadi manfaat lain yang penting mengingat kondisi bumi yang semakin menurun dari tahun ke tahunnya.

Penggunaan yang Lebih Fleksibel

Program Microsoft Word membuat kita bisa mengolah kata menjadi data dengan format yang berbagai macam di mana pun dan kapan pun. Hal ini memudahkan kita dalam pekerjaan karena dapat digunakan secara lebih fleksibel. Selain itu, aplikasi ini juga sangat praktis dan efisien dalam menjalankan tugasnya sebagai sebuah aplikasi pengolahan kata dan data.

Memiliki Panel Navigasi yang Mudah untuk Pemula

Dengan fitur yang beragam, aplikasi ini juga memiliki panel navigasi yang beragam. Meskipun demikian, panel navigasi ini masih mudah dipahami dan tidak membuat bingung penggunanya terlebih untuk para pemula yang baru mempelajari Microsoft Word.

Dapat Menghemat Waktu dan Tenaga

Aplikasi ini tentu berkaitan dengan kegiatan pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan dokumen. Tetapi, dibanding dengan menulis secara manual seperti menulis dalam buku atau sejenisnya, aplikasi ini dapat membuat pekerjaan kita lebih cepat dan efektif karena dapat menghemat waktu dan tenaga.

Baca Juga :  Pengertian Intranet : Sejarah, Fungsi Dan Manfaatnya

Kita cukup membuat dokumen dan mengetik apa yang ingin dicatat, lalu simpan dokumen tersebut. Ini tentu lebih mudah dan cepat jika dibanding dengan cara yang manual.

Fitur dari Microsoft Word

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang memilih untuk menggunakan Microsoft Word dibanding aplikasi pengolahan kata yang lain. Selain fungsinya yang memudahkan pengguna dalam membuat, menyunting, dan memformat dokumen, Microsoft Word juga menyediakan berbagai fitur tambahan yang semakin mempercepat pekerjaan. Berikut penjelasan tentang beberapa fitur dari Microsoft Word.

WYSIWYG

WYSIWYG merupakan sebuah singkatan dari kalimat “What You See Is What You Get”. Ini adalah suatu fitur yang memungkinkan kita untuk mengetahui dengan jelas jika yang ditampilkan di layar monitor adalah apa yang akan tertera pada dokumen cetak nantinya. Hal ini sebenarnya merupakan slogan Microsoft Word ketika pertama kali dirilis pada tahun 1981.

Spell Check

Spell Check adalah suatu fitur yang dapat membantu pengguna untuk mengecek ejaan pengetikan pada dokumen guna menghindari typographical error (typo) atau kesalahan penulisan dalam dokumen digital.

AutoCorrect

Fitur yang satu ini sedikit mirip dengan fitur Spell Check. Bedanya, AutoCorrect dapat memperbaiki kesalahan kata atau kesalahan penulisan secara langsung tanpa perlu kita perbaiki secara manual. Jadi, Microsoft Word akan secara otomatis mengoreksi kesalahan kata agar menjadi susunan kata yang sesuai.

MailMerge

MailMerge merupakan fitur untuk menghasilkan atau membuat beberapa dokumen sekaligus dengan memakai informasi yang tersimpan dalam database, daftar, atau spreadsheet. Dokumen tersebut dapat berupa label, surat, amplop, sertifikat, dan lain sebagainya yang sejenis.

Fitur Tingkat Teks

Ini adalah fitur yang memungkinkan kita untuk mengubah tingakatan teks sesuai dengan kebutuhan. Tingkatan teks ini terdiri dari huruf, ukuran huruf, warna huruf, format huruf, dan lainnya.

Fitur Tingkat Halaman

Merupakan fitur yang dapat membuat penomoran halaman secara otomatis melalui beberapa langkah saja. Fitur ini terdiri dari paragraf, indent, penomoran, dan lain sebagainya.

Macro

Macro adalah suatu fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat suatu rangkaian perintah atau instruksi yang dikelompokkan sebagai satu perintah khusus guna menyelesaikan suatu tugas dengan otomatis. Fitur ini berguna untuk menghemat waktu pengerjaan sehingga pekerjaan dapat lebih cepat selesai dengan efisien.

Booklet Layout

Jika kamu ingin membuat atau mencetak suatu buku dengan menarik, maka kamu bisa memanfaatkan fitur Booklet Layout ini. Fitur ini akan mempermudah kamu dalam mengatur isi buku tersebut berdasarkan layoutnya. Sehingga, kamu dapat mengetahui dengan pasti bagaimana tata letak lipatannya, pengaturan halamannya, dan lain-lain.

Dukungan Aplikasi Lain (Add-ins)

Untuk memaksimalkan penggunaan Microsoft Word, aplikasi ini juga dilengkapi dan memiliki fitur Add-ins untuk mendukung penambahan aplikasi lain. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuka file dokumen Microsoft Word di beberapa aplikasi lain. aplikasi tersebut seperti Grammarly dan PDF Reader.

Kesimpulan

Pengertian Microsoft Word adalah suatu aplikasi atau program perangkat lunak dari Microsoft Office  yang berfungsi sebagai pengolah kata dan berkaitan dengan pekerjaan membuat, menyunting, serta memformat dokumen.

Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk sistem operasi Xenix. Setelah itu, aplikasi ini pun mulai dikembangkan untuk digunakan pada sistem operasi lain, seperti Apple Macintosh, DOS, OS/2, SCO UNIX, dan Microsoft Windows.

Demikianlah pembahasan mengenai Microsoft Word semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.