Latar : Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, Macam Dan Fungsinya

Posted on

Latar : Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, Macam Dan Fungsinya

Latar – Saat ketika kita mempelajari sebuah prosa fiksi, hal ini tentunya kita mengenal yang namanya unsur intrinsik. Unsur intrinsik sendiri itu terdiri atas tema, alur, penokohan, latar, amanat, sudut pandang dan gaya bahasa. Namun untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Latar yang dimana pengertian latar secara umum, pengertian latar menurut para ahli, macam latar dan fungsi lar, nah untuk lebih memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Latar Secara Umum

Latar ialah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa didalam suatu karya sastra. Atau definisi layar yang lainnya ialah unsur intrinsik pada karya sastra yang meliputi ruang, waktu serta suasana yang terjadi pada suatu peristiwa didalam karya sastra.

Atau dapat juga latar ialah semua keterangan, petunjuak pengaluran yang berhubungan dengan ruang, waktu dan juga suasana. Latar diantaranya meliputi penggambaran mengenai letak geografis, kesibukan si pelaku/tokoh, waktu berlakunya peristiwa, lingkungan agama, musim, moral, intelektual sosial serta emosional si pelaku/tokoh.

Pengertian Latar Menurut Para Ahli

Adapun pengertian latar menurut para ahli  diantaranya yaitu:

  • Menurut Abrams “1981: 175”
    Latar ialah tempat, hubungan waktu dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar dalam cerita dapat diklasifikasikan menjadi latar tempat, latar waktu dan latar sosial.
  • Menurut KBBI “2001: 501”
    Latar ialah keterangan tentang waktu, ruang dan suasana terjadinya lakukan dalam sebuah karya sastra.
  • Menurut Suparmi “2009: 54”
    Latar cerita atau setting ialah suatu keadaan yang melingkupi pelaku pada sebuah cerita.
  • Menurut Kusnadi Dkk “2009: 60”
    Latar tempat ataupun latar waktu dalam sebuah karya sastra akan mempengaruhi inti cerita dan pengambilan nilai-nilai yang akan diungkapkan si pengarang.
  • Menurut Indrawati “2009: 64”
    Latar atau setting ialah tempat, waktu serta suasana yang digunakan dalam sebuah cerita.
Baca Juga :  Paragraf Klasifikasi : Pengertian, Ciri Dan Contoh

Macam-Macam Latar

Adapun macam-macam latar yang diantaranya yaitu:

Latar : Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, Macam Dan Fungsinya

Latar Waktu

Latar waktu ialah saat dimana tokoh ataupun si pelaku melakukan sesuatu pada saat kejadian peristiwa dalam cerita yang sedang telah terjadi. Seperti; pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, dizaman dulu, dimasa depan dan lain sebagainya.

Latar Tempat

Latar tempat ialah tempat tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita, seperti; didalam bangunan tua, di sebuah gedung , di lautan, didalam hutan, di sekolah, di sebuah pesawat, di ruang angkasa dan lain sebagainya.

Latar Suasana

Latar suasana ialah situasi apa saja yang terjadi ketika saat si tokoh atau si pelaku melakukan sesuatu, seperti; saat galau, gembira, lelah dan lain sebagainya.

Latar Alat

Latar alat ialah peralatan apa saja yang diperlukan atau dipakai si pelaku dalam suatu cerita, seperti; tombak, pistol, pedang, buku, pulpen dan lain sebagainya.

Fungsi Latar

Fungsi dari latar sendiri ialah untuk memberikan suatu gambaran yang jelas supaya peristiwa-peristiwa yang terjadi pada suatu karya sastra benar-benar terjadi atau memberikan informasi yang jelas mengenai situasi didalam sebuah cerita.

Demikianlah pembahasan mengenai Latar : Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, Macam Dan Fungsinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya.