Pengertian Kebugaran Jasmani : Konsep, Unsur, Manfaat, Fungsi Dan Tujuannya

Posted on

Kebugaran Jasmani – Dalam hal ini sebagai manusia tentunya kita sangat perlu memperhatikan kesehatan tubuh, terutama apabila kita melakukan banyak sekali aktivitas setiap harinya, karena jasmani yang bugar akan menjadikan hidup lebih semangat.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Lantas apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani ? Kebugaran jasmani merupakan kesanggupan tubuh untuk dapat melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.

Klasifikasi kebugaran jasmani menurut organisasi kesehatan di seluruh dunia diartikan sebagai berikut:

  • Sehat ialah terbebasnya tubuh baik fisik maupun mental dari segala penyakit.
  • Bugar ialah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimal dan masih memiliki cadangan tenaga tanpa mengalami kelelahan yang berlebih.

Dalam hal ini hakikat kebugaran jasmani ialah hal yang berhak diperlukan oleh tubuh untuk mendapatkan kebugaran jasmani, seperti ketika kita mengantuk maka mata berhak untuk mendapatkan istirahat sejenak.

Konsep Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani tidak hanya menggambarkan kesehatan tetapi lebih merupakan cara mengukur individu melakukan kegiatannya sehari-hari.

Ada tiga hal yang sangat penting dalam kebugaran jasmani diantaranya yaitu:

  • Fisik, berhubungan dengan otot, tulang dan bagian lemak.
  • Fungsi Organ, berhubungan dengan efisiensi sistem jantung, pembuluh darah dan paru-paru “pernafasan”.
  • Respon Otot, berhubungan dengan kecepatan, kelenturan, kelemahan dan kekuatan.
Baca Juga :  Atletik : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Sejarah - Nomor

Kebugaran jasmani yang dibutuhkan oleh setiap orang berbeda-beda, tergantung sifat tantangan fisik yang dihadapi.

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani

Adapun terdapat 10 unsur komponen penyusun kebugaran jasmani diantaranya yaitu:

  • Kekuatan (Streght).
  • Daya tahan (Endurance).
  • Daya Otot (Muscular Power).
  • Kecepatan (Speed).
  • Daya lentur (Flexibility).
  • Kelincahan (Agility).
  • Koordinasi (Coordination).
  • Keseimbangan (Balance).
  • Ketepatan (Accuracy).
  • Reaksi (Reaction).

Nah berikut ini pengertian dari setiap unsure kebugaran jasmani dan bentuk latihannya diantaranya yaitu:

Kekuatan (Strength)

Kekuatan adalah kebolehan dalam mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu  bekerja. Kekuatan otot bisa diraih berasal dari latihan dengan beban berat dan frekuensi sedikit. Bentuk latihan kekuatan:

  • Squat jump, melatih kebolehan otot tungkai dan perut.
  • Push up, melatih kebolehan otot lengan.
  • Sit up, melatih kebolehan otot perut.
  • Angkat beban, melatih kebolehan otot lengan.
  • Baak up, melatih kebolehan otot perut.

Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan adalah kebolehan seseorang dalam kenakan organ tubuhnya seperti jantung dan paru-paru secara efektif dan efektif dalam laksanakan aktivitasnya. Contoh latihan yang manfaatnya bisa meningkatkan kekuatan tahan:

  • Lari 2,4 km.
  • Lari 12 menit.
  • Lari multistage.
  • Lari naik turun bukit.

Daya Otot (Muscular Power)

Daya otot disebut juga kekuatan ledak otot (explosive power) adalah kebolehan seseorang dalam manfaatkan kebolehan maksimum yang dikerahkan dalam selagi se singkat-singkatnya.

Macam-macam latihan yang digunakan:

  • Vertical jump, untuk melatih kekuatan ledak otot tungkai.
  • Front jump, untuk melatih kebolehan otot betis dan tungkai.
  • Side jump, melatih kekuatan ledak otot tungkai dan paha.

Kecepatan (Speed)

Kecepatan merupakan kebolehan seseorang dalam laksanakan gerakan berkelanjutan dalam selagi se singkat-singkatnya. Bentuk latihan yang dikerjakan untuk meningkatkan kecepatan adalah berlari 50-200 meter.

Baca Juga :  √ Kebugaran Jasmani : Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani, Cara Melatih,  dan Juga  Manfaatnya

Daya Lentur (Flexibility)

Daya lentur menyaksikan pada efektivitas tubuh manusia dalam menyesuaikan diri dengan gerakan atau kegiatan yang mengandalkan kelenturan tubuh. Contoh latihan yang bisa melatih kekuatan lentur adalah senam, yoga, dan renang.

Kelincahan (Agility)

Kelincahan merupakan kebolehan seseorang dalam menyesuaikan diri dengan posisi-posisi tubuh seperti berasal dari depan ke belakang, atau berasal dari kiri ke kanan.

Olahraga yang butuh kelincahan diantaranya yakni sepak bola dan bulu tangkis. Bentuk latihan kesegaran jasmani nya dengan  lari zig-zag dan naik-turun anak tangga.

Koordinasi (Coordination)

Koordinasi merupakan kebolehan seseorang dalam mengumpulkan gerakan tubuh tidak sama ke dalam satu gerakan yang efektif.

Bentuk latihan nya yakni dengan cara memantulkan bola pada tembok dengan tangan kanan dan menangkapnya kembali manfaatkan tangan kiri. Membutuhkan kebolehan gerak insting yang kuat dan juga konsentrasi yang tinggi.

Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan merupakan kebolehan untuk mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga bisa mengendalikan gerakan tubuh dengan baik.

Senam dan loncat indah merupakan olahraga yang mengandalkan keseimbangan. Keseimbangan bisa dilatih dengan beberapa macam latihan sikap lilin, berjalan di atas balok kayu, dan berdiri dengan tangan sebagai tumpuannya.

Ketepatan (Accuracy)

Ketepatan adalah kebolehan dalam mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran. Seperti permainan olahraga bowling, memanah. Salah satu latihan untuk melatih ketepatan yakni melempar bola pada keranjang atau sasaran tertentu.

Reaksi (Reaction)

Reaksi merupakan kebolehan seseorang dalam menanggapi rangsangan atau impuls yang diberikan orang lain. Bentuk latihan kesegaran jasmani untuk melatih ketepatan reaksi adalah lempar tangkap bola.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Adapun manfaat kebugaran jasmani diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung.
  • Meningkatkan stamina dan kakuatan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih energik.
  • Memiliki kemampuan pemulihan organ-organ tubuh secara tepat setelah latihan.
  • Memiliki respon tubuh yang tepat.
  • Mengurangi risiko obesitas.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mengatasi depresi.
  • Meningkatkan energi.
  • Terhindar dari osteoporosis (tulang keropos).
Baca Juga :  Lempar Lembing : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peralatan, Gaya, Dan Aturan

Fungsi Dan Tujuan Kebugaran Jasmani

Adapun fungsi dan tujuan utama latihan kebugaran jasmani diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Meningkatkan kelentukan persendian.
  • Meningkatkan kekuatan otot dan kecepatan.
  • Meningkatkan sistem sirkulasi darah, sistem saraf, dan fungsi jantung.
  • Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) yang digunakan untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani seseorang, yaitu:

  • Tes Denyut Nadi Maksimal (DNM).
  • Tes Harvard Step Test.
  • Tes lari cepat 60 meter.
  • Tes gantung siku tekuk (pull up).
  • Tes baring duduk (sit up).

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Kebugaran Jasmani semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.