Iklan – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi mengenai Iklan yangmana akan meliputi pengertian , ciri , tujuan , unsur , jenis dan juga contohnya . Untuk informasi yang lebih jelasnya langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.
Contents
Pengertian Iklan
Pengertian Iklan merupakan suatu berita atau pesan untuk membujuk serta mendorong seseorang supaya tertarik pada barang ataupun jasa yang ditawarkan, iklan biasanya dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah, internet dan yang lainnya .
Iklan mengandung pemberitahuan kepada masyarakat yang bersifat mempengaruhi para pembaca supaya melakukan apa yang dikehendaki. Iklan tidak terbatas pada produk, namun juga pada informasi, ajakan ataupun seruan untuk melakukan suatu hal. Seperti contohnya ajakan untuk menanam pohon atau juga menjauhi narkoba.
Pembuatan iklan di media cetak di batasi oleh ruang atau tempat, sedangkan iklan di media digital dibatasi oleh durasi. Sehingga , pembuatan iklan biasanya dibuat secara singkat, padat serta berisi untuk mengurangi beban biaya penayangan
Fungsi Dan Tujuan Iklan
Seorang praktisi komunikasi pemasaran asal Amerika serikat, yaitu Terence A. Shimp menjelaskan bahwa iklan atau periklanan memiliki beberapa fungsi, di antaranya sebagai berikut :
Fungsi Iklan
- Membujuk ( Persuading )
- Memberikan Informasi ( Informing )
- Mengingatkan ( Reminding )
- Memberikan nilai tambah (Adding Value)
Tujuan Iklan
Sedangkan Roberti V Zacher, yang merupakan salah seorang ahli dan juga praktisi dalam bidang periklanan, mengungkapkan bahwa iklan mempunyai beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut :
- Memberikan informasi terhadap suatu produk seperti jasa, barang, ide dan yang lain – lain
- Upaya untuk menimbulkan citra yang baik ataupun rasa suka komunikan yaitu penerima pesan iklan terhadap produk yang di iklankan.
- Meyakinkan masyarakat atau penerima iklan mengenai kebenaran suatu produk.
- Membuat atau mempermudah konsumen untuk mengetahui spesifikasi dari suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dan yang lain lain .
Unsur Unsur Iklan
Iklan memiliki 2 unsur, diantaranya sebagai berikut :
Kalimat Deskriptif
Deskripsi iklan adalah kalimat yang berguna untuk menguraikan atau menjelaskan produk atau layanan yang di iklankan
Kalimat Persuasif
Persuasi dalam sebuah iklan mempunyai tujuan untuk membujuk atau juga mempengaruhi orang supaya menggunakan produk ataupun layanan yang di iklankan.
Ciri Ciri Iklan
Agar mendapat perhatian dari khalayak ramai. Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri sebagai berikut :
- Memakai pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan juga sopan
- Memakai pilihan kata yang memiliki sugesti bagi khalayak.
- Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang dipentingkan
- Menggunakan pilihan kata yang dipakai untuk menunjukan sasaran.
Syarat Syarat Iklan
Agar suatu informasi bisa dikatakan sebagai iklan, maka harus memenuhi beberapa syarat-syarat iklan, diantaranya sebagai berikut :
- Iklan harus bersifat objektif dan juga jujur
- Jelas dan mudah untuk dipahami
- Menarik perhatian banyak orang
- Tidak mengandung sara serta menyinggung pihak lain.
Jenis Jenis Iklan
Iklan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan media yang dipakai iklan bisa di golongkan menjadi beberapa bagian yaitu sebagai berikut :
Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya
Iklan Niaga
Iklan niaga merupakan iklan yang di buat dengan tujuan supaya orang tertarik untuk memakai atau membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. contohnya adalah iklan masako , sprite, sajiku, iklan kendaraan dan yang lain – lain .
Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang tujuannya untuk mempengaruhi orang supaya dapat memberikan dukungan atau mengikuti kampanye yang dilakukan oleh sang pembuat iklan. Contohnya adalah iklan anti narkoba, iklan lingkungan hidup dan yang lain – lain .
Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan
Iklan Cetak
Iklan cetak merupakan sebuah iklan yang dipublikasikan dengan melalui media cetak seperti koran, majalah, surat kabar, tabloid dan yang lain sebagainya. berdasarkan ruang yang dipakai iklan jenis ini dapat di bedakan menjadi 2 bentuk, yaitu Iklan baris dan Iklan Kolom.
Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita dengan menggunakan bahasa penulisan jurnalistik.
Iklan Display
Hampir sama seperti iklan kolom, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih besar gambar dan juga tulisannya dari iklan kolom
Iklan Elektronik
Iklan elektronik adalah iklan yang di publikasikan melalui media elektronik seperti, radio, televisi dan juga internet
Iklan Perusahaan
Iklan perusahaan atau corporate advertising merupakan sebuah iklan yang tujuannya untuk membangun citra perusahaan yang selanjutnya akan membangun citra produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut agar bisa diminati oleh masyarakat. contohnya seperti iklan aqua yang membantu pembuatan sumber – sumber air yang berada di daerah terpencil.
Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat merupakan sebuah iklan yang berisi mengenai himbauan ataupun ajakan untuk melakukan atau juga tidak melakukan sesuatu yang di iklankan. contohnya seperti iklan KB, iklan pencegahan demam berdarah serta iklan pencegahan narkoba.
Jenis Iklan Berdasarkan Isinya
Iklan Pengumuman
Iklan Pengumuman adalah iklan yang isinya menyampaikan pengumuman tentang suatu peristiwa kegiatan ataupun yang lainnya.
Iklan Penerangan
Memberikan penerangan mengenai suatu hal, dalam istilah lain iklan jenis ini dapat juga disebut sebagai iklan layanan masyarakat.
Iklan Reklame
Iklan Reklame adalah iklan yang isinya mempromosikan suatu barang atau jasa yang akan dijual untuk mencari keuntungan serta di sampaikan secara berulang – ulang dengan melalui media massa. Iklan reklame biasanya memuji ataupun menyanjung suatu yang di tawarkan, seperti, tiada banding, kualitas no 1 dan yang lain – lain.
Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Iklan semoga dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan untuk kalian semua , terimakasih.