Erosi : Pengertian Erosi dan Jenis – Jenis Erosi

Posted on

Erosi : Pengertian Erosi dan Jenis – Jenis Erosi

Pengertian Erosi – Pada artikel kali ini kita akan membahas sebuah materi baru mengenai Erosi yang akan meliputi tentang pengertian erosi serta jenis-jenis dari erosi itu sendiri yang akan di bahas secara singkat , dan jelas. Langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah dipahami dan dimengerti.

Pengertian Erosi

Erosi merupakan suatu  peristiwa pengikisan tanah serta  pemindahan tanah  yang terjadi secara alami dari satu tempat ke tempat lain yang  di akibatkan oleh transportasi angin, air, es ataupun  hujan serta  pengaruh gravitasi bumi akibat terjadinya  aktivitas makhluk hidup.

Jenis – Jenis Erosi

Ablasi

Ablasi adalah peristiwa erosi yang di sebabkan oleh air yang mengalir, seperti tumbuhan air mineral, air hujan dan lain  sebagainya. Air yang mengalir akan mengakibatkan banyaknya gesekan yang terjadi terhadap tanah yang dilalui atau dilewatinya  secara bersamaan, akibat besar nya gesekan pada tanah tersebut, maka akan di pengaruhi oleh besarnya air yang mengalir.

Gesekan yang terjadi  antara air dengan tanah, maka akan menyebabkan terjadinya pengikisan tanah tersebut. Pengikisan air terhadap tanah yang terjadi secara terus-menerus, bisa  berakibat fatal dengan mudah terjadi terbentuknya jurang maupun  sebuah ngarai air terjun yang sangat besar secara alami yang di sebabkan oleh ablasi tersebut.

Erosi ablasi terbagi menjadi  beberapa tingkatan kerusakannya, yaitu sebagai berikut:

  • Erosi Percik
  • Erosi Lembar
  • Erosi Alur
  • Erosi Parit
Baca Juga :  √ Otot : Sifat Kerja Otot Pada Manusia

Abrasi

Abrasi adalah sebuah  proses erosi pantai oleh besarnya gelombang air laut serta arus laut yang bersifat merusak. Abrasi dapat  di artikan dengan kata erosi pantai. Kerusakan garis pantai yang di akibatkan oleh abrasi ini di picu oleh terganggunya keseimbangan alam yang berada disekitar pantai tersebut, sehingga abrasi dapat  diartikan  sebagai faktor gejala alami, akan tetapi  manusia lah yang sering merusak wilayah pantai tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi adalah dengan melakukan penanaman hutan mangrove atas dasar  kesadaran sendiri ataupun dari pemerintah.

Eksarasi

Eksarasi dapat  disebut juga dengan istilah erosi es atau gletser. Erosi eksarasi ini di sebabkan oleh es yang mencair serta  terkikis masuk ke bawah hingga  akhirnya mengendap. Bentang alam yang di hasilkan oleh eksarasi adalah wilayah pantai yang berada  ke arah barat serta  dikelilingi oleh tebing – tebing yang sangat curam yang terbentuk oleh eksarasi atau erosi gletser.

Deflasi

Deflasi dapat  di sebut juga sebagai  erosi angin. Erosi ini kebanyakan terjadi  pada wilayah gurun. Erosi angin terhadap pasir bisa  membuat  pasir tersebut mengendap dan menjadi bebatuan bukitr pasir. Angin yang bertiup sangat kencang dapat  mengikis batuan tersebut serta  membawanya  ke daerah yang mempunyai  daerah angin rendah.

Dampak Akibat Erosi

Ada  beberapa dampak yang di akibatkan oleh erosi, yaitu sebagai berikut :

  • Menipisnya lapisan permukaan tanah, yang akan menyebabkan permukaan tanah semakin menipis ( Degradasi lahan ).
  • Menurunnya tanah yang tidak dapat menyerap air dengan baik serta akan  mengakibatkan permukaan air akan meluap.
  • Bisa mengakibatkan banjir atau meluapnya air

Demikianlah ulasan yang sudah di jelaskan di atas tentang Erosi : Pengertian Erosi dan Jenis – Jenis Erosi semoga dapat bermanfaat , dan terimakasih atas kunjungannya .