Diafragma  : Pengertian, Fungsi Dan Gangguannya

Posted on

Diafragma  : Pengertian, Fungsi Dan Gangguannya

Diafragma Dan Fungsinya – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai diafragma yang mana dalam pembahasannya akan meliputi pengertian, fungsi dan juga gangguan yang terjadi pada diafragma.  untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Pengertian Diafragma

Diafragma merupakan sebuah otot yang memisahkan antara rongga dada dengan rongga perut yang berbentuk seperti kubah yang apabila sedang dalam keadaan rileks  maka akan memilih ketika berkontraksi dan akan memperbesar rongga toraks ke arah inferior.

Diafragma atau yang dikenal juga sebagai thoracic diaphragm adalah sebuah otot yang berada di bagian dasar internal skeletal di antara rongga dada dan rongga perut yang berperan sebagai di dalam proses pernapasan.  ketika diafragma berkontraksi dengan volume rongga dada akan membesar serta udara pun akan masuk ke dalam paru-paru.  sedangkan, apabila ketika diafragma sedang berelaksasi maka volume paru-paru akan mengecil dan akan menghembuskan udara.

Diafragma merupakan sebuah organ yang terdapat diantara bagian rongga dada serta rongga perut yang mempunyai fungsi yaitu sebagai organ dalam membantu sistem pernapasan pada manusia. diafragma adalah otot penting yang memisahkan antara rongga dada yang berisi organ-organ penting dan juga rongga perut.

Biasanya pada saat membahas mengenai diafragma, maka yang akan terpikir kan itu adalah diafragma thorax atau diafragma dada. Sebenarnya terdapat beberapa diafragma yang lainnya yang berada di dalam tubuh seperti diafragma urogenital diafragma mata dan juga diafragma panggul.

Struktur Diafragma

Diafragma merupakan otot yang berserat yang berbentuk seperti kubah. permukaan pada bagian atas diafragma memiliki bentuk yang cembung di dalam rongga dada dan berbentuk cekung di permukaan bawah rongga perut. Karena diafragma terdiri atas jaringan otot maka diafragma dapat melakukan kontraksi serta relaksasi. Difragma disusun oleh otot lurik atau otot rangka sehingga pergerakannya dapat kita sadari atau volunteer. Saraf yang mengatur pergerakan pada diafragma yaitu adalah saraffrenikus.

Diafragma mempunyai beberapa lubang yang mempunyai fungsi yaitu sebagai tempat lewatnya organ penting dari bagian dada ke bagian perut.  Tiga lubang utama yang terdapat pada diafragma yaitu diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lubang Aortic adalah lubang yang dilewati oleh Aorta.
  • Lubang Esophageal adalah lubang yang dilalui oleh esofagus.
  • Lubang Caval adalah lubang yang dilalui oleh vena kava inferior.
Baca Juga  √ Daur Air : Pengertian , Proses dan Tahapannya

Cara Kerja Diafragma

Ketika terjadi proses inspirasi atau ketika kita menarik nafas maka diafragma akan secara otomatis berkontraksi dan juga bergerak ke bawah.  kemudian baru akan mengembang sesuai dengan volume udara yang masuk ke dalam tubuh.  kontraksi dari diafragma tersebut membuat rongga dada akan menjadi lebih luas sehingga pada proses inhalasi dapat berjalan dengan lancar. perluasan rongga yang terjadi pada munculnya tekanan yang negatif yang akan memperkuat kekuatan dari hisapan udara yang masuk ke dalam paru-paru.

Fungsi Diafragma

  • Diafragma sangat berguna dalam proses pernapasan yaitu dengan mengatur masuknya serta keluarnya udara dari dalam dan keluar tubuh melalui kontraksi dan relaksasi nya.
  • Diafragma memiliki fungsi non pernapasan yaitu untuk membantu dalam mengeluarkan muntah, feses, urin dan juga kegiatan yang lain yang tentunya memerlukan peningkatan tekanan terhadap rongga perut.
  • Diafragma juga dapat mencegah mengalirnya cairan asam dari lambung ke esofagus dan juga kerongkongan.
  • Kontraksi diafragma yang terjadi secara tiba-tiba dapat menyebabkan kejadian yang disebut dengan cegukan. kejadian tersebut adalah merupakan hasil dari pita suara yang semakin menutup yang disebabkan oleh banyaknya udara yang masuk ke dalam paru-paru. bukan tidaklah berbahaya bagi tubuh serta hanya bersifat sementara saja.

Penyebab Diafragma Terganggu

Dunia kedokteran di zaman modern ini Tentunya sudah berkembang dengan sangat pesat bagi Anda yang mempunyai kelainan ini ataupun bayi Anda lahir dengan adanya kelainan pada diafragma, maka bisa dengan cepat terdeteksi oleh alat-alat kedokteran yang canggih tersebut. Segera lakukan konsultasi dengan dokter jika melihat bayi Anda atau merasakan gejala-gejala pernapasan yang tidak normal seperti biasanya.

Kamu seperti halnya dengan anggota tubuh lainnya, fungsi dari diafragma ini yaitu adalah bisa saja dapat terganggu.  pada saat fungsi dari diafragma tersebut mulai fungsi dari diafragma ini yaitu adalah bisa saja dapat terganggu titik pada saat fungsi dari diafragma tersebut mulai terganggu, maka yang akan terjadi yaitu adalah siklus pernapasan yang Anda lakukan aku menjadi tidak efektif, karena terhambat dan juga menjadi tidak optimal

Disamping itu gangguan pada diafragma juga dapat kita deteksi dengan adanya cegukan.  bukan merupakan salah satu hal yang menjadi indikator dalam tubuh bahwa kinerja ataupun fungsi diafragma menjadi terganggu sehingga kita tentunya harus mempunyai cara dalam memelihara kesehatan rangka tubuh kita.

Baca Juga  √ Selulosa : Pengertian, Struktur,dan  Kegunaannya

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan fungsi dari diafragma di dalam tubuh bisa terganggu, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Stres, depresi serta tekanan tekanan secara psikologis.
  • Minum minuman yang mengandung soda.
  • Makan serta minum terlalu cepat.
  • mengalami gangguan pencernaan, baik itu gangguan pencernaan yang disebabkan oleh faktor genetis ataupun yang disebabkan oleh faktor non genetik.

Keempat hal diatas merupakan sedikit dari beberapa banyaknya hal yang bisa saja terjadi dan menyebabkan kinerja dari diafragma yang ada di dalam tubuh anda menjadi terganggu titik Oleh sebab itu, gaya hidup sehat maka sangat dibutuhkan dalam upaya untuk menjaga agar kinerja dari diafragma di dalam tubuh akan menjadi lebih optimal dan juga tidak akan mengalami gangguan apapun.

Menjaga Kesehatan Diafragma

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan di dalam menjaga kesehatan diafragma Anda diantaranya:

  • Melakukan pemanasan sebelum anda melakukan aktivitas atau kegiatan di dalam berolahraga sehingga akan menjaga otot pada tubuh anda.
  • hindari mengkonsumsi makanan yang tajam dan juga mengandung zat asam yang tinggi lemak sehingga bisa menyebabkan mulas pada asam lambung.
  • ketika melakukan aktivitas atau kegiatan fisik yang berat Maka jangan terlalu memaksakan untuk melakukan aktivitas hingga melampaui batas.
  • Hindari makan dengan porsi yang besar.

Gangguan Yang Terjadi Pada Diafragma

Kamu seperti halnya dengan organ tubuh yang lainnya, maka diafragma juga bisa mengalami gangguan, Berikut ini adalah beberapa contoh dari gangguan yang terjadi pada diafragma:

Hernia hiatus

Hernia hiatus terjadi pada saat bagian dari organ dalam perut Anda menembus hingga ke bagian rongga dada dengan melalui lubang yang berada di diafragma. Penyakit ini juga lebih sering terjadi dan dialami oleh para wanita, penderita obesitas, atau pun mereka yang telah berusia diatas 50 tahun.

Penyebab dari terjadinya hernia hiatus ini belum diketahui, akan tetapi diduga bahwa penyebabnya yaitu adalah dikarenakan melemahnya diafragma yang seiring dengan bertambahnya usia perkembangan biak Mayang tidak cukup baik ketika berada di dalam kandungan, serta meningkatnya suatu tekanan di dalam perut selama kehamilan dan juga sering batuk atau mengejan ketika saat buang air besar.

 

Hernia diafragma bawaan

Hernia diafragma bawaan atau juga yang disebut dengan congenital diaphragmatic hernia atau CDH, akan terjadi pada saat diafragma tidak terbentuk dengan cukup sempurna sejak berada didalam kandungan dan juga dapat menyebabkan sebagian dari isi perut akan menonjol ke arah bagian rongga dada. salah satu dari organ yang berada di dalam perut akan bergerak ke arah dada serta akan menempati ruang yang yang mana paru-paru tersebut seharusnya berada.

Baca Juga  Protista : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Ciri - Struktur - Jenis

Hal ini akan menimbulkan akibat yaitu paru-paru jantung dan ginjal ataupun sistem pencernaan pada bayi tidak bisa berkembang atau tumbuh dengan baik dan juga sempurna. Sekitar 4 dari 10000 anak yang baru dilahirkan rata-rata menderita cdh. Efek yang ditimbulkan dari cdh ini yaitu adalah kemungkinan sama sekali tidak ada, akan tetapi anak yang terkena cedera dapat mempunyai masalah terhadap paru-paru kronis di usia dini.

Lumpuh diafragma

Lumpuh diafragma yaitu adalah pada saat terjadinya kerusakan saraf yang mengatur bagian-bagian otot pernapasan, termasuk juga pada diafragma, maka akan terjadinya lumpuh pada diafragma. Beberapa kondisi ini tentunya akan menyebabkan lumpuh pada diafragma yaitu yang disebut dengan sindrom guillain barre atau juga yang dikenal dengan cidera saraf pada tulang belakang.

gangguan ini sering menyebabkan terganggunya proses saat pernapasan dan juga bahkan bisa menyebabkan bagi para penderitanya mengalami gagal pernapasan. Kelainan pada diafragma ini juga sering termasuk ke dalam kondisi kegawatan medis atau pun juga harus memperoleh penanganan medis secepatnya.

Kelainan dari diafragma ini sering juga terdeteksi secara Dini, yaitu bisa ditangani sebelum kelainan ini akan menimbulkan komplikasi lebih parah lagi. Jika Anda terdapat tanda-tanda yang mengarah terhadap suatu mempunyai diafragma, seperti nafas yang terlalu rumah yang tidak nyaman atau pun juga sesak yang dapat diikuti oleh mual dan juga muntah serta mudah untuk merasa lelah pada saat melakukan aktivitas, maka anda harus dengan segera memeriksakan kondisi yang anda alami tersebut ke dokter dengan secepatnya, karena hal ini Apabila tidak ditangani dengan cepat nantinya akan membahayakan bagi nyawa anda.

Pembahasan kali ini mengena Diafragma Dan Fungsinya semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna di dalam menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua, Terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel yang lainnya.