Musik Barat : Pengertian Musik Barat, Unsur – Unsur Dan Jenis – Jenisnya

Posted on

Musik Barat : Pengertian Musik Barat, Unsur – Unsur Dan Jenis – Jenisnya

Pengertian Musik Barat – Musik merupakan salah satu hal yang paling sering di dengarkan oleh manusia dalam kehidupan sehari – hari , perkembangan music yang terus meningkat menjadikan banyak orang yang terpengaruh karena persebarannya yang sangat mendunia , sehingga music menjadi suatu bisnis yang sangat menjanjikan . Nah, pada kesempatan kali ini kita akn membahas sebuah materi yang berhubungan dengan music , yaitu mengenai pengertian music barat yang meliputi unsure serta jenis-jenisnya , berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Musik Barat

Musik barat adalah jenis musik yang berasal dari Negara Barat, musik ini sangat berkembang di negara timur termasuk Indonesia. Musik ini bisa  dimanfaatkan untuk kebutuhan pendidikan, politik, hiburan, agama, kesehatan dan yang lain – lain.

Unsur Umum Musik Barat

Pada umumnya musik barat memiliki  empat unsur, antara lain sebagai berikut :

Irama dan Matra

Irama yang terdapat dalam  musik populer atau kontemporer biasa disebut dengan style, tradisi, idiom, atau corak  atau genre. Pada musik populer modern irama meliputi country, folk, waltz, rock’n roll, samba, salsa, disko, dan yang lainnya. Termasuk juga di dalamnya mengalami peleburan dengan banyak corak contohnya country – rock, jazz – rock dan latin disco. Untuk yang biasa memainkan gitar irama maka akan mengetahui bahwa memainkan irama country, akan berbeda dengan memainkan irama salsa. Pola dalam memukul gitar dalam  jenis irama pertama akan berbeda dengan pola pukulan untuk irama yang kedua. Pada  notasi khusus pada irama gitar, dalam  masing – masing irama akan di berikan dengan pola kombinasi not dengan berbagai nilai tertentu.

Atmosfir

Atmosfir adalah  lingkungan pada sekeliling sebuah nyanyian. Atmosfir merupakan jawaban dari  “ Anda di mana? ” Di sebuah pantai tropis atau pegunungan salju, di gereja, di rumah atau di hotel dan yang lainnya .

Suasana Hati

Yaitu menggambarkan perasaan seseorang yang menyanyi mengenai  apa yang anda katakan kepada pendengar ? Bahagia , merenung, damai dan rindu, tenang, bercanda, sepi, sedih, dan yang lain sebagainya .

Pesan

Adalah apa yang penyanyi katakan kepada kami sebagai pendengar ? Apa kenyataan, sudut pandang, serta filsafat, atau tanggapan apa yang anda inginkan dari pendengar.

Secara Khusus, Unsur Musik Barat juga memiliki empat unsur, berikut ini adalah  penjelasannya :

Lirik

Lirik mampu  mengungkapkan emosi serta  nyanyian yang meliputi melodi dan lirik yang merupakan ungkapan emosional. Lirik bisa  tersusun atas bait dan koor. Bait menggambarkan, koor bercerita. Bait menunjukkan seseorang atau sesuatu dengan bahasa yang khusus dan juga  menarik, sedangkan koor bercerita dengan komentar maupun  ringkasan tentang  bait.

Baca Juga  √  Wayang Orang : Pengertian Wayang Orang, Tujuan, Fungsi dan Cirinya

Melodi

Melodi  adalah  sebuah gabungan dari rangkaian tinggi nada ( pitch ) serta  ritme. Rangkaian tinggi nada dan ritme diberi tanda dengan rangkaian not dan tanda diam dengan berbagai jenis nilai.

Harmoni

Harmoni pada musik barat yaitu merupakan sebuah teori musik yang membahas mengenai  bagaimana penyusunan sebuah rangkaian akord – akord agar  musik tersebut  bisa enak di dengar dan juga selaras. Disini akan di jelaskan tentang  pemakaian banyak nada secara bersama dan akord – akord musik, yang terjadi dengan secara nyata ataupun yang tersirat. Pelajaran ini sering mengarah pada studi tentang  progres harmonis, gerakan dari sebuah nada secara bersama – sama ke nada yang lain, dan juga  prinsip – prinsip struktural yang mengatur progres tersebut.

Ritme

Ritme adalah  sebuah bagian dari melodi atau lagu. Ia berkaitan dengan distribusi not – not pada saat  dan tekanan not – not tersebut. Not dalam waktu ini di beri berbagai nilai. Dalam suatu ketukan 4 / 4, contohnya satu not memiliki  nilai empat ketukan di bunyikan untuk jangka waktu yang agak lama ( misalnya  selama 4 detik ) sementara satu not bernilai satu ketukan membutuhkan waktu yang cepat untuk dibunyikan ( misalnya setengah detik ). Satu not lain yang memiliki  nilai setengah ketukan akan membutuhkan  waktu yang lebih pendek dari not yang sebelumnya yang dimainkan ataupun  dinyanyikan.

Jenis – Jenis Musik Barat

Musik barat mempunyai berbagai jenis atau macam, antara lain sebagai berikut :

Blues

Blues adalah  suatu aliran musik vokal dan instrumental yang lahir dari Amerika Serikat ( AS ). Musik blues bersumber dari musik spiritual serta  pujian yang timbul dari komunitas mantan budak Afrika di AS. Musik blues mempunyai  pengaruh yang sangat tinggi terhadap musik populer di Amerika serta  Barat. Contohnya adalah dalam aliran ragtime, jazz, rhythm and blues, rock and roll, hip – hop, serta  country dan lagu pop konvensional.

Ciri permainan dari musik blues sangat menyerupai dengan musik jazz, dan yang  dapat membedakan adalah pada tempo serta  penonjolan unsur melodinya. Musik blues memiliki  tempo  yang slow, pada lagu serta  permainan gitar lebih menonjol, sedangkan untuk instrumen lain terlihat hanya sebagai pelengkap saja.

Country

Musik country adalah percampuran dari unsur musik Amerika yang bersumber dari Amerika Serikat bagian Selatan dan juga  Pegunungan Applachia. Musik ini bersumber dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel dan perkembangannya sejak pada tahun 1920an. Ciri khas dari  musik country yaitu adalah pada pemakaian alternasi bas atau bass berganti di sela – sela strumming. Apabila  memainkan aktor C contohnya, maka bas C dan G di bunyikan dengan  secara bergantian dengan strumming tetap di akor C.

Baca Juga  √ Pengertian Budaya Hidup Sehat , Penjelasan Lengkap

Alat musik yang digunakan pada  musik country biasanya adalah gitar, biola, steel guitar, dobro, harmonika, gitar bass, serta fiddle ( biola ), drum, mandolin dan banjo.

Emo

Emo adalah jenis musik cork yang memiliki  ciri khas yang melodius, di iringi dengan  lirik yang ekspresif serta  berisikan pengakuan. Alat musik yang digunakan  adalah vokal, gitar listrik, gitar bass dan juga  drum.

Metal

Metal adalah  aliran musik rock yang telah  ada sejak 1970an. Aliran ini menonjolkan gitar yang sangat banyak. Metal memiliki  subgenre seperti:

  • Trash Metal dan Speed Metal
  • Grunge
  • Folk Metal
  • Melodic Death Metal
  • DeathCore
  • Death Metal
  • Black Metal
  • Alternative Metal

Hip Hop

Hip Hop merupakan  suatu gerakan kebudayaan yang tumbuh sejak  pada tahun 1970an yang dibudayakan oleh masyarakat Afro – Amerika dan Latin – Amerika. Hip Hop merupakan  percampuran yang dinamis antara elemen – elemen yang terdiri atas  MCing ( Rapping ), DJing, Breakdance dan Graffiti. Seiring  pada berkembanya Hip Hop juga diberi warna seperti beatboxing, fashion, bahasa slang setya  gaya hidup lainnya. Adapun subgenre dari Hip Hop antara lain sebagai berikut :

  • Miami Bass
  • Hardcore Hip Hop
  • Rapcore
  • Electro

 Jazz

Jazz adalah sebuah  aliran musik yang lahir dari Amerika Serikat  sekitar pada  awal abad ke – 20 dengan sumbernya  yaitu percampuran dari musik Afrika dan Eropa. Ciri khas  dari musik jazz adalah vokal serta  lirik ya g  lebih mengarah sebagai bagian dari bunyi instrumen, harmoni yang rumit serta  memiliki  tonalitas yang luas dan juga sering terjadi modulasi serta  ritme dan  melodi yang memiliki  kecenderungan improvisatif. Elemen penting pada  music jazz yaitu blue notes, improvisasi, polyrhyrthms, sinkopasi, dan  shuffle note. Alat musik yang dgunakan i pada music  jazz adalah Gitar, Gitar bass, serta saksofon, trombon, piano, dan juga  klarinet, terompet, double bass, drum, dan vokal.

 

Musik Klasik

Musik klasik adalah  jenis musik yang dibuat dalam seni, atau berakar dalam, tradisi musik liturgi Barat dan juga  Sekuler. Ciri – ciri music dari  klasik didominasi dengan musik gesek dan tiup, lalu tidak menggunakan  beat ( drum – set ) secara konstan serta  tidak mengedepankan ritme pada  melodi dan harmoni. Alat musik yang diguinakan pada music klasik  adalah Harpsichord, Piano, Biola ( violin ), Brass, dan Cello atau Bass Violin.

Pop

Musik populer atau musik pop yaitu merupakan nama untuk aliran musik yang dikenal luas oleh pendengarnya serta  bersifat komersial. Musik populer pada awalnya berkembang di Amerika Serikat  pada  tahun 1920 yangmana rekaman pertama kali di buat menurut penemuan dari  Thomas Edison, yang dikategorikan dengan musik klasik, musik jazzz, musik tradisional, musik blues, kemudian  berkembang juga di negara lain di dunia.

Baca Juga  √ Unsur - Unsur  Pendukung Tari

R & B

R&B  atau ( Rhythem and blues atau ritem dan blues ) adalah  genre musik populer yang menyatukan antara jazz, gospel, dan blues. Musik ini pada awalnya diperkenalkan oleh seorang  pemusik Afrika – Amerika. Pada tahun 1948, perusahaan rekaman RCA Victor menjual musik kaum kulit hitam yang dinamakan dengan Blues and Rhythm.

Reggae

Reggae merupakan  irama musik yang berkembang di Jamaika. Reggae berdiri pada saat  gaya irama yang memiliki  karakter mulut prajurit tunggakan pukulan, yang dikenal dengan “ skank ”, bermain oleh irama gitar, serta  pemukul drum bass diatas tiga pukulan setiap ukuran, dikenal dengan sebutan “ Sekali mengeluarkan ”. Karakteristiknya di pukul dengan  lambat dari reggae pendahuluan, ska dan  juga rocksteady. Alat yang gunajan  adalah drum, bass, guitar, dan juga  keyboard.

Rock

Musik rock yaitu merupakan  genre musik populer yang banyak di kenal di  sekitar pertengahan tahun 50 – an. Bunyi khas dari musik rock sekitar gitar listrik atau gitar akustik serta  menggunakan  back beat yang sangat ketara pada rhythm section dengan gitar bass serta  drum dan juga kiboar seperti organ, piano atau sejak tahun 70 – an, synthesizer. Selain itu  gitar atau kibor, saksofon dan juga  harmonika dengan gaya blues kadang digunakan  sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya, musik rock mempunyai  tiga chords, backbeat yang konsisten dan juga  menonjol serta  melody yang menarik. Alat yang digunakan  adalah Gitar elektrik, gitar bass, drum serta  kiboard.

 Swing

Swing merupakan jenis musik baru  yang merupakan turunan dari musik populer. Ciri khas dari musik swing adalah  swing  yang selalu di nyanyikan dengan nada – nada yang mendayu – dayu. Musik swing di nyanyikan dengan sangat santai dan juga  hampir tidak ada ekspresi.

Demikianlah penjelasan mengenai Musik Barat : Pengertian Musik Barat, Unsur – Unsur Dan Jenis – Jenisnya semoga dapat bermanfaat , dan terimakasih atas kunjungannya .