√ Kerusakan Lingkungan Hidup :  Pengertian, Faktor, dan  Jenis – Jenisnya

Posted on

√ Kerusakan Lingkungan Hidup :  Pengertian, Faktor, dan  Jenis – Jenisnya

Kerusakan Lingkungan Hidup  –  Lingkungan bisa  di artikan sebagai tempat tersedianya sumber daya alam. Hal tersebut  di karenakan lingkungan hidup menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh  manusia untuk kelangsungan hidupnya. Penggunaan sumber daya alam yang dilakukan secara berlebihan tanpa memperhatikan kelestarian dari  lingkungan maka akan dapat  menyebabkan berbagai kerusakan terhadap lingkungan hidup.  Nah , pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai lingkungan hidup yaitu lebih tepatnya tentang Kerusakan lingkungan hidup yang akan meliputi pengertian , faktor dan juga jenis-jenisnya.

Pengertian Kerusakan Lingkungan Hidup

Kerusakan lingkungan adalah  suatu tindakan yang dapat  menimbulkan perubahan langsung atau tidak langsung terhadap sifat – sifat fisik ataupun  hayati yang  dapat mengakibatkan lingkungan menjadi kurang atau tidak berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan yang berkesinambungan. Kerusakan lingkungan hidup dapat  mengakibatkan suatu perubahan sifat – sifat serta  unsur – unsur lingkungan yang berakibat peran serta  arti penting lingkungan hidup bagi kehidupan menjadi terganggu, bahkan tidak berfungsi lagi.

Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

Kerusakan lingkungan dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut :

Perilaku Manusia

Perilaku manusia di sini merupakan  sifat atau  ego dari manusia yang berlebihan, sehingga memandang lingkungan sebagai sumber daya alam yang harus di eksploitasi dengan  sebanyak mungkin untuk kepentingan dirinya sendiri. Kegiatan eksploitasi yang terus menerus tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan maka  akan dapat  menyebabkan rusak atau hilangnya sumber daya alam yang ada.

Baca Juga  √ Hak Cipta : Pengertian  Fungsi, Ciri, Sifat Dan Dasar Hukum

Kesulitan Teknologi

Kesulitan dalam mencari teknologi yang ramah lingkungan, sehingga banyak memutuskan penggunaan teknologi yang tidak ramah terhadap  lingkungan. Misalnya penggunaan CFC untuk pendingin lemari es dan AC.

Sikap Individu

Sikap individu seperti tidak peduli terhadap lingkungan, pandangan yang berpusat pada diri sendiri, perasaan yang  tidak berarti, merupakan sifat yang bisa  menyebabkan timbulnya kerusakan lingkungan. Kerusakan yang terjadi meskipun  di lakukan  dengan sedikit demi sedikit, akan tetapi tetapi apabila  dilakukan dengan terus menerus maka kerusakan lingkungan akan menjadi semakin parah.

Masyarakat Bersinergi Rendah

Masyarakat seperti ini merupakan masyarakat yang tidak memiliki satu tujuan sehingga yang terjadi adalah hilangnya kekuatan guna  memperbaiki lingkungan yang telah rusak. Hal ini harus di hindari untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

Macam – macam Kerusakan Lingkungan Hidup

Kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia  tentunya juga terjadi di Negara – negara lain di dunia. Kerusakan lingkungan tersebut antara lain sebagai berikut :

Kerusakan Hutan

Hutan mempunyai  peranan  yang penting dalam lingkungan hidup. Keberadaan hutan sebagai sumber berbagai kebutuhan manusia sangatlah penting. Kerusakan lingkungan hutan yang berupa penggundulan maka akan menyebabkan bencana seperti kekeringan, banjir, longsor, dan juga  pemanasan global.

Kerusakan Tanah

Kerusakan tanah bisa  terjadi karena banyak faktor. Kerusakan tanah yang paling sering terjadi adalah karena erosi. Erosi adalah  hilangnya lapisan atas dari tanah yang di sebabkan oleh air, angin ataupun  es. Erosi akan menyebabkan lapisan atas tanah ( top soil ) yang mengandung banyak unsur hara menjadi hilang.

Pencemaran ( Polusi )

Pencemaran atau polusi adalah suatu peristiwa berubahnya keadaan alam ( udara, air, dan tanah) karena adanya unsur – unsur baru atau meningkatnya jumlah unsur – unsur tertentu. Pencemaran tersebut  dapat menimbulkan gangguan yang ringan dan juga berat terhadap mutu lingkungan hidup manusia. Pencemaran lingkungan adalah  petunjuk bahwa lingkungan dimana kehidupan tersebut  berlangsung sudah  mengalami kerusakan. Kerusakan ini  dapat di sebabkan karena manusia melakukan pengolahan lingkungan  yang melebihi batas keseimbangan ekosistem, sehingga terjadi ketidak seimbangan dan juga  ketidak serasian ekosistem.

Baca Juga  √  Bea Cukai  : Pengertian dan Ciri - cirinya

Demikianlah penjelasan tentang √ Kerusakan Lingkungan Hidup : Pengertian, Faktor, dan Jenis – Jenisnya semoga bermanfaat dan berguna dalam menambah pengetahuan untuk kalian semua.