Katabolisme : Pengertian Katabolisme Dan Tahapan Terjadinya

Posted on

Katabolisme : Pengertian Katabolisme Dan Tahapan Terjadinya

Katabolisme dan Tahapan Terjadinya – Pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai katabolisme dan tahapan terjadinya . Langsung saja simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk di pahami.

 

Pengertian Katabolisme

Katabolisme merupakan proses penguraian senyawa kompleks menjadi senyawa-senyawa yang sederhana , proses tersebut menghasilkan energi yang dapat di gunakan oleh makhluk hidup sehingga dapat disebut dengan reaksi eksergonik. Contoh Dario proses katabolisme pada mahluk hidup adaah respirasi sel.

Respirasi sel merupakan salah satu bentuk dari katabolisme yang menguraikan senyawa organik kompleks menjadi senyawa yang ebih sederhana. Proses respirasi terjadi di dalam mitokondria. Perhatikan gambar berikut ini !

Berdasarkan pada kebutuhan oksigen , respirasi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu respirasi aerob dan respirasi anaerob .

Tahapan Katabolisme

Secara umum tahapan yang terjadi pada proses katabolisme terdiri atas 5 tahap yaiatu :

  1. Glikolisis
  2. Dekarboksilasi Oksidatif
  3. Siklus Asam Nitrat
  4. Transpor Elektron
  5. Siklus Krebs

Perhatikan table 5 tahap katabolisme , tempat terjadi , substrat serta hasilnya berikut ini :

 

Glikolisis

Glikolisis merupakan perubahan glikogen menjadi glukosa . Glikogenelosis adalah lintasan metabolism yang di gunakan oleh tubuh serlain dari glukogenosis , guna menjaga keseimbangan kadar gukosa di daam plasma darah untuk menghindari simtoma hipogisemia. Pda glikogenolisis , glikogen digradasi berturut-turut dengan 3 enzim yaitu Glikogen, glukosidase dan fosfoglukomutase menjadi glukosa . hormone yang banyak berperan pada lintasan ini adalah hormone glucagon dan adrenalin.

Glikolisis merupakan proses pengubahan moleku gukosa ,menjadi asam piruvat dan ATP tanpa membutuhkan oksigen. Proses Glikolisis sendiri menghasilkan lebih sedikit energy per molekul glukosa dibandingkan dengan oksidasi aerobic yang sempurna energy yang disimpan dalam senyawa organic berupa adenosine triphosphate atau yang lebioh umum dikenal dengan ATP dan NADH.

Baca Juga  Pengertian Jaringan Otot : Fungsi, Ciri, Macam Dan Perbedaannya

Jalur pentose fosfat , pembentukan NADPH dari glukosa , jalur pentose fosfat adalah jalur alternative metabolism glukosa . jalur ini berangsung pada sitosol . Enzim yang terlibat antara lain G6P , transketolase dan Transaldolase.

 

Siklus Krebs

Siklus krebs berfungsi dalam menghasilkan energy dan berbagai senyawa antara yang akan di gunakan untuk sintesis senyawa lain.tahap ini berlangsung dalam matriks mitokondria . dari 2 Asetil Co – A yang masuk siklus akan menghasilkan 4CO2 , 2 ATP , 6 NADH dan 2 FADH2 . Perhatikan skema siklus krebs berikut ini :

 

Dekarboksilasi Oksidatif atau Pembentukan Asam Asetil Co-A

Pada tahap ini asam piruvat di ubah menjadi asetil Co-A  dengan menghasikan NADH dan Meepaskan CO2.. Pada organism eukariotik , dekarboksilasi oksidatif berlangsung daam matriks mitokondria. Peran organism prokariotik , thap tersebut berlangsung dalam sitosol ( Cairan sitoplasm sel ) . Reaksi dekarboksilasi oksidatif sebagai berikut :

Transpor Elektron

Transport electron adalah satu-satunya reaksi katabolisme yang menghasilkan karbon dioksida ( CO2 ). Transpor electron terjadi dalam mitokondria , dan berakhir setelah electron dan H+ bereaksi dengan oksigen yang berfungsi sebagai akseptor terakhir, membentuk H2O . ATP yang di hasikan pada tahap ini adalah 32 ATP. Reaksinya kompleks , akan tetapi yang memiliki peran penting adalah NADH , FAD dan juga molekul-moleku khusus , seperti Flavo Protein , koenzim Q , serta beberapa sitokrom. Electron yang berenergi pertama-tama berasal dari NADH , kemudian di transfer ke FMN ( Flavine Mono Nukleotida ), yang selanjutnya ke Q, sitokrom C1, C, A, B dan A3, kemudian berikatan dengan H yang di ambil dari lingkungan sekitarnya , sampai terjadi reaksi terakhir yang membentuk H2O.

Jadi hasi akhir dari proses ini terbentuknya 32 ATP dan juga H2O Sebagai hasil sampingan dari respirasi . produk sampingan respirasi tersebut adalah pada akhirnya akan di buang ke luar tubuh, pada tumbuhan melalui stomata dan melalui paru-paru pada pernapasan hewan tingkat tinggi.

Baca Juga  √ Pengertian Otak Kanan , Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya

Demikianlah ulasan mengenai Katabolisme : Pengertian Katabolisme Dan Tahapan Terjadinya semoga bermanfaat , sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya.