Bidang Miring : Pengertian Bidang Miring, Tujuan, Rumus Dan Contoh Soal

Posted on

Bidang Miring : Pengertian Bidang Miring, Tujuan, Rumus Dan Contoh Soal

Bidang Miring – Bidang miring merupakan  salah satu alat pesawat sederhana yang terdiri atas  permukaan miring. Dan pada kesempatan kali ini kita akan mebahasnya secara lengkap , yaitu mengenai pengertian bidang miring , tujuan , rumus dan juga contohnya, agar lebih mudah untuk di9 pahami langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Bidang Miring

Bidang  miring adalah merupakan  suatu permukaan datar yang mempunyai  suatu sudut, yang bukan sudut tegak lurus, terhadap permukaan horizontal. Bidang miring termasuk dalam  salah satu macam pesawat sederhana. Pesawat sederhana yaitu sebuah  alat mekanik yang bisa  mengubah arah atau besaran dari suatu .

Usaha yang terdapat  pada bidang miring menjadi lebih mudah karena permukaannya yang miring. Gaya gesek pada bidang miring juga akan  menjadi lebih minim dibandingkan  biasanya. Contoh dari bidang miring pada pesawat sederhana pun dapat  di lihat pada kehidupan sehari – hari.

Tujuan Bidang Miring

Adapun tujuan bidang miring diantaranya yaitu:

  • Memperkecil usaha
  • Meringankan pekerjaan
  • Mempercepat pekerjaan

Contoh Bidang Miring Dalam Kehidupan Sehari – hari

Bidang miring sebenarnya bisa  dilihat di sekitar dalam  kehidupan sehari – hari. Berbagai upaya dalam memindahkan barang biasa dari atas ke bawah ataupun  sebaliknya dan di lakukan pada permukaan miring supaya  menjadi lebih mudah. Dengan melalui  bantuan bidang miring maka gaya yang dikeluarkan untuk mendorong benda menjadi lebih kecil daripada untuk di angkat, meskipun  lintasan yang di tempuh menjadi lebih panjang. Prinsip bidang miring tersebut  juga di gunakan pada berbagai alat dan juga perkakas seperti paku, kapak atau  pisau . Berikut ini adalah  daftar contoh bidang miring dalam kehidupan sehari – hari.

  • Tangga di sebuah rumah atau pada bangunan dibuat bertingkat – tingkat atau berkelok – kelok. Hal tersebut  dilakukan dengan tujuan  untuk memperkecil gaya dan juga usaha.
  • Jalan yang ada di daerah pegunungan selalu berkelok – kelok. Hal tersebut  bertujuan supaya  jalan menjadi lebih mudah untuk dilewati  oleh kendaraan.
  • Digunakan untuk menaikkan drum ke atas truk dengan menggunakan papan kayu yang di miringkan. Hal itu juga menggunakan prinsip bidang miring.
  • Pisau termasuk alat yang menggunakan prinsip bidang miring.
  • Ulir sekrup mempunyai bentuk yang menyerupai tangga melingkar yang menjadi penerapan bidang miring. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan sekrup menancap.
  • Paku termasuk alat dengan prinsip bidang miring.
  • Kapak termasuk juga alat yang menerapkan bidang miring .
  • Alat pahat menjadi salah satu contoh bidang miring yang lain.
  • Dongkrak juga merupakan suatu contoh prinsip bidang miring karena menggunakan prinsip yang sama dengan sekrup.
  • Kater atau pemotong merupakan contoh pesawat sederhana yang menggunakan prinsip bidang miring.
Baca Juga  √ Hukum Boyle : Pengertian Hukum Boyle, Rumus, Penerapan Dan Contoh Soal

Rumus Bidang Miring

Rumus bidang miring di bentuk dari perpaduan antara gaya kuasa, berat benda, tinggi, dan juga  panjang bidang miring. Perhatikan skema berikut ini :

Secara matematis, rumus bidang miring yaitu :

Keterangan :

  • Fk :  Gaya kuasa ( N )
  • s  : Panjang bidang miring ( m )
  • W  : Berat benda ( N )
  • h : Tinggi bidang miring ( m )

Selain itu, keuntungan mekanik bidang miring dirumuskan, sebagai berikut :

Keuntungan Mekanik 

Contoh Soal Bidang

Contoh Soal 1

Sebuah bidang miring yang tingginya 2 m dan panjang nya 4 m. jika  berat benda yang  akan di pindahkan sebesar 1.660 N, maka hitunglah gaya yang di perlukan untuk memindahkan benda tersebut !

Bidang Miring : Pengertian Bidang Miring, Tujuan, Rumus Dan Contoh Soal

Diketahui :

w = 1.660 N

s = 4 m

h = 2 m

Jawab :

w/F = s/h

1.660 N/F = 4 m/2 m

  1. 660 N/F = 2

F = 1.660 N/ 2

F = 610 N

Contoh Soal 2

Sebuah papan yang panjangnya 2,4 m di sandarkan pada sebuah bak mobil yang berada 60 cm dari tanah. Papan tersebut kemudian akan digunakan untuk mendorong sebuah  peti yang massanya 80 kg dari tanah ke bak mobil. Hitunglah berapa keuntungan mekanis dan gaya dorongnya bila percepatan gravitasi ditempat tesebut 10 m/s2 ?

Diketahui :

s = 2,4 m

h = 60 cm = 0,6 m

m = 80 kg

g = 10 m/s2

Jawab :

KM = s/h

KM = 2, 4 m/0,6 m

KM = 4

W / F = s / h

m . g / F = s / h

80  kg . (10 m / s2 ) / F = 2,4 m/ 0,6 m

900 N / F = 4

F = 900 N / 4

F = 225 N

Demikianlah pembahasan mengenai Bidang Miring : Pengertian Bidang Miring, Tujuan, Rumus Dan Contoh Soal semoga mudah untuk di pahami dan juga berguna dalam menambah wawasan ilmu pengetahuan untuk kalian semua, terimakasih. 🙂 🙂 🙂

Bidang Miring : Pengertian Bidang Miring, Tujuan, Rumus Dan Contoh Soal
5 (100%) 1 vote