Alat Musik Ritmis : Pengertian, Fungsi Dan Contohnya

Posted on

Alat Musik Ritmis – Alat musik ritmis memiliki ciri tersendiri dan artian yang berbeda dari alat musik lainnya, sehingga mampu menciptakan karakter yang unik.

Dalam penggunaan dan manfaat serta fungsinya pun jelas akan berbeda, itulah mengapa sangat penting untuk mempelajari jenis alat musik ini agar menjadi lebih paham. Ada beragam jenis alat musik yang berjenis ritimis.

Nah agar lebih dapat memahami dan mengerti mengenai Alat Musik Ritmis, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis ialah alat musik yang bisa melengkapi keharmonisan sebuah musik. Seperti diketahui, berdasarkan fungsinya alat musik dikategorikan ke dalam tiga macam yakni alat musik melodis, alat musik harmonis dan alat musik ritmis.

Alat musik ritmis sering digunakan sebagai elemen penting dalam lagu. Setiap jenis alat musik ritmis, memiliki bentuk dan cara memainkan yang berbeda-beda.

Alat musik ritmis bisa dimainkan dengan cara dipukul, digoyang atau digesek. Adapun fungsi utama alat musik ritmis ialah untuk mengatur tempo lagu.

Alat musik ritmis tidak memiliki banyak nada untuk mengiringi alat musik lainnya, kendati demikian kehadiran alat musik ritmis cukup penting dalam musik.

Peran alat musik ritmis ialah menciptakan harmoni, baik saat dipadukan dengan alat musik lain maupun sendirian. Selain itu, fungsi alat musik ritmis ialah sebagai penyempurna dari instrument lainnya.

Baca Juga :  Risiko – Pengertian, Jenis, Sumber, Karakteristik, Dan Contohnya

Masih banyak fungsi dari alat musik ritmis yang bisa membuat lagu menjadi lebih hidup dan enak didengar. Apa saja fungsi dan contoh alat musik ritmis?

Fungsi Alat Musik Ritmis

Adapun fungsi alat musik ritmis diantaranya yaitu:

Mengatur Tempo

Fungsi alat musik ritmis adalah untuk mengatur sebuah tempo, baik tempo dalam lagu maupun tarian. Lagu yang harmonis harus dibawakan dengan tempo yang tepat. Alat musik ritmis menjadi pemandu pemain musik lainnya dalam pengaturan tempo.

Pengiring Lagu

Meski dengan alat musik melodik lagu sudah bisa dimainkan, alat musik ritmis akan membuat lagu lebih hidup.

Tanda untuk Pemain Musik

Alat musik ritmis juga berfungsi menjadi penanda yang biasanya digunakan oleh komposer musik. Alat musik ritmis biasanya dijadikan patokan intro, verse, dan reff.

Penyempurna Instrumen

Alat musik ritmis memiliki fungsi sebagai penyempurna dari instrumen lainnya, seperti di dalam pertunjukan orkestra.

Koreografi

Sebelum sebuah koreografi diiringi dengan musik bernada, tarian-tarian tersebut akan diiring oleh alat musik ritmis. Fungsi alat musik ritmis di sini adalah untuk mengatur tempo gerakan dan penanda perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lainnya.

Contoh Alat Musik Ritmis

Adapun contoh alat musik ritmis diantaranya yaitu:

Kendhang

Kendhang merupakan alat musik yang terbuat dari kayu dengan rongga yang ditutup kulit sapi. Kendang banyak digunakan dalam musik tradisional. Cara memainkan kendang adalah dipukul bagian kulit atau yang sering disebut sebutan kendang.

Kastanyet

Kastanyet mempunyai bentuk seperti kerang yang dimainkan dengan cara menyatukan dua sisinya seperti tepuk tangan. Kastanyet bisa dimainkan dengan dua atau tiga jari saja, yaitu dengan jempol, telunjuk dan jari tengah.

Tifa

Seperti halnya kendang, tifa juga terbuat dari kayu yang pada satu di antara bagian rongga ditutup kulit. Namun, bentuk tifa lebih panjang dan lebih ramping. Tifa biasanya banyak dimainkan pada saat upacara tradisional masyarakat Indonesia Timur, semisal Maluku dan Papua.

Baca Juga :  Gizi Seimbang : Pengertian Gizi Seimbang Serta Pentingnya Makanan Bergizi Untuk Kesehatan

Tamborin

Tamborin memiliki dua jenis bunyi yang berbeda saat dimainkan. Bunyi pertama merupakan bunyi pukulan, jika bagian kulit pada rebana dipukul. Dan bunyi yang kedua adalah bunyi gemerincing. Alat musik ini bisa dimainkan dengan cara dipukul dan dikocok.

Triangle

Triangle sudah ada sejak abad ke-16 dan telah banyak digunakan dalam musik klasik. Triangle terbuat dari logam berbentuk panjang yang dibengkokkan hingga menjadi segitiga. Namun, ujung satu dengan ujung lainnya tidak saling menyatu. Biasanya ada semacam tali di satu di antara sudutnya untuk memegang alat musik ini.

Rebana

Rebana merupakan instrumen turunan dari budaya melayu. Alat musik ini berbentuk seperti drum kecil yang pada bagian kulitnya berbentuk besar dan keras.

Conga

Conga merupakan alat musik yang berasal dari negara Afrika, atau disebut juga tumbora. Conga berbentuk seperti kendang. Conga juga digunakan untuk mengiringi musik pop modern. Alat musik ritmis ini terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass.

Simbal

Simbal merupakan alat musik ritmis yang lumayan terkenal. Simbal memiliki banyak ukuran, kecil hingga ukuran yang besar.

Simbal terbuat dari logam, yang memiliki bentuk bulat seperti cakram. Simbal biasanya ditaruh pada drum, dan ada juga simbal tangan, yang bisa dimainkan dengan memadukan dua simbal. Namun, simbal juga bisa dimainkan dengan stik.

Marakas

Marakas punya bunyi yang sangat meriah. Tak heran kalau marakas jadi alat musik pengiring untuk lagu-lagu yang bisa buat badan bergoyang. Bentuk marakas seperti permen lollipop besar. Alat musik ini punya pegangan serta bola besar di atasnya yang akan mengeluarkan bunyi saat digoyang-goyang.

Demikianlah pembahasan mengenai Alat Musik Ritmis semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.