Abstrak Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis, Struktur, Sifat, Unsur Dan Contohnya

Posted on

Abstrak Adalah – Apakah kalian sudah mengenal apa itu Abstrak? Nah untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai apa itu Abstrak Adalah, Yang dimana dalam hal ini meliputi Pengertian Abstrak, Fungsi Abstrak, Jenis Abstrak, Struktur Abstrak, Sifat Abstrak, Unsur Abstrak dan Contoh Abstrak. Nah agar lebih dapat memahami simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Abstrak

Abstrak merupakan suatu ringkasan isi dari suatu karya tulis ilmiah yang berfungsi sebagai alat bantu seorang pembaca agar bisa mengerti inti dari tujuan seorang penulis. Di dunia pendidikan tulisan singkat ini dipergunakan oleh sebuah lembaga atau institusi sebagai informasi pertama pada suatu penelitian ketika akan di publikasi di jurnal, seminar, lokakarya dan yang lainnya.

Di dalam dunia internet abstrak digunakan untuk gambaran pendek karya ilmiah untuk dibaca, seperti sebuah diplay barang di etalase depan untuk di panjang dan di pakai sebelum di beli. Lalu bagian yang penuhnya diberikan untuk yang berminat membelinya.

Fungsi Abstrak

Fungsi dari abstrak yakni memberikan potret informasi bagi pembaca mengenai isi dari suatu karya ilmiah yang sudah dibuat. Penjabaran sederhana digunakan untuk mempermudah proses unggah ke dunia maya dan mempermudah pembaca memahami inti dan isi dari sebuah karya ilmiah.

Jenis Jenis Abstrak

Abstrak memiliki beberapa jenis yang dikategorikan pada fungsi dan orientasi seorang pembaca. Hanya saja pada umumnya hanya dikenal 2 jenis abstrak yakni :

Abstrak Informatif

Ialah abstrak sebuah dokumen yang begitu penting,umum, informasinya kualitatif dan kuantitatif.

Baca Juga :  Merchandise Adalah : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Jenis Dan Contohnya

Abstrak ini lebih panjang dari abstrak lain nya karena dibuat sebaik mungkin tetapi tidak mengubah isi atau makna dari penulisan aslinya.

Abstrak Indikasi

Abstrak ini menjelaskan isi sebuah penulisan atau dokumen dengan menggunakan penyataan yang umum dan tidak disertakan data kuantitatif atau informasi yang detail hasilnya berupa dokumen prosiding, dokumen diskusi, dan esei.

Struktur Penulisan Abstrak

Abstrak memiliki struktur penulisan menggunakan font time new roman dengan spasi berjarak 1 dengan menggunakan bahasa indonesia ataupun dengan bahasa inggris dan ketentuan urutannya adalah sebagai berikut.

  • Judul penelitian diketik dengan menggunakan capital font dan size 14, positin center text dan di buat dengan Bold
  • Jika ada sub judul maka sama dengan judul hanya saja size di ubah menjadi 12
  • Nama Peneliti ditulis tanpa menggunakan gelar hanya saja di beri nomor urut dengan superscript posisi center dengan font size 12 dan cetak Bold
  • Nama jurusan/ program studi peneliti dan alamat institusi posisi center dengan font size 12 dan cetak Bold
  • Email ketua peneliti saja yang di cantumkan posisi center dengan font size 12
  • Judul bagian “ABSTRAK” ditulis dengan huruf besar posisi center dengan cetak tebal atau bold
  • Isi abstrak ditulis dengan posisi rata kanan kiri dengan jumlah kata maksimal 250 kata dengan menggunakan font size 12
  • Kata kunci dibuat dengan rata kanan-kiri.

Sifat Abstrak

Abstrak bersifat informatif dan deskriptif, maksudnya adalah data atau informasi yang ada di dalam abstrak berdasarkan data dan fakta yang ada.

Dan tidak di sarankan untuk mencantumkan informasi yang tidak ada data dan faktanya yang benar kedalam abstrak secara singkat jika diambil kesimpulan maka abstrak memiliki sifat :

Baca Juga :  Suku Ternate : Sejarah, Mata Pencaharian, Bahasa Serta Agama
  • Jelas
  • Tepat
  • Ringkas
  • Objektif
  • Berdiri Sendiri

Unsur Abstrak

Untuk menjadikan abstrak tersebut tergolong kedalam abstrak yang baik harus memiliki 4 unsur ini :

  • Argumentasi yang logis harus dibarengi dengan observasi untuk memecahkan sebuah problem
  • Metode atau pendekatan harus dipakai untuk memecahkan sebuah problem
  • Ada hasil yang dicapai dan ada kesimpulan yang dapat diambil.
  • Setiap unsur harus dibuat dengan sederhana/singkat dan jelas.

Contoh Abstrak

ABSTRAK

Motivasi adalah suatu cara yang dilakukan dengan memberikan dorongan kepada karyawan untuk lebih semangat dan bergairah dalam bekerja dengan memberikan potensi yang ada dalam dirinya untuk mencapai tujuan organisasi. Pemberian motivasi merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena motivasi dapat meningkatkan moral, loyalitas, tanggung jawab, disiplin, kreativitas dan kesejahteraan karyawan. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui pemberian motivasi karyawan pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Medan Gaharu.

Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif.

Setelah dilakukan analisis, dapat disimpulkan bahwa PT Pegadaian (Persero) Cabang Medan Gaharu telah memberikan motivasi kepada karyawan dengan menerapkan teori motivasi Maslow. Alat motivasi yang diterapkan adalah material insentif berupa gaji, bonus, tunjangan hari raya dan insentif sedangkan nonmaterial insentif berupa peningkatan karir dan asuransi kerja. Jenis motivasi yang diterapkan adalah motivasi positif berupa penghargaan, sedangkan motivasi negatif berupa peringatan lisan, peringatan tertulis, dan pemutusan hubungan kerja.

Kata Kunci:  Motivasi, Pemberian Motivasi

ABSTRACT

Motivation is a way that is done by giving encouragement to employees to more passion and enthusiastic about working with provides the potential that exists within him to achieve organizational goals. Motivation is an important thing to note because motivation can boost morale, loyalty, responsibility, discipline, creativity and well-being of employees. The purpose of this thesis is to find out the motivation of employees at PT Pegadaian (Persero) Cabang Medan Gaharu.

Baca Juga :  Mahasiswa : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Peran Dan Fungsinya

The data used are primary and secondary data obtained through interviews, observation, and literature. Data were analyzed using descriptive analysis method.

After the analysis, it can be concluded that PT Pegadaian (Persero) Cabang Medan Gaharu has provided the motivation to employees by applying Maslow’s theory of motivation. Motivational tools applied is material incentives in the form of salary, bonuses, holiday allowances and incentives, while non-material incentives such as career development and employment insurance. The kind of motivation that is applied is positive motivation in the form of awards, while the negative motivation in the form of a verbal warning, written warning, and termination of employment.

Keywords:  Motivation, Given Motivation

Demikianlah pembahasan mengenai Abstrak Adalah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.